Aktris Jane Birkin Meninggal, Tengok Harga Tas Hermes Termahal di Dunia yang Terinspirasi Darinya

Intip sederet tas Hermes Birkin terlangka dan termahal di dunia.Tas Birkin Diamond Himalaya terkenal sebagai tas tangan termahal yang pernah dijual di lelang.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 17 Jul 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023, 12:10 WIB
Jane Birkin, Aktris yang Menginspirasi Tas Hermes Ikonis Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun
Jane Birkin dikenang sebagai ikon mode yang populer di era 1960 dan 1970-an, menginspirasi Hermes membuat tas tangan yang ikonis Birkin. Jane Birkin. (dok. Valery HACHE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Aktris dan penyanyi berdarah Inggris, Jane Birkin, meninggal dunia pada Minggu, 16 Juli 2023, di usia 76 tahun.

Jane Birkin dikenang sebagai ikon mode yang populer di era 1960 dan 1970-an, menginspirasi Hermes membuat tas tangan yang ikonis Birkin.

Di industri mode, tas Hermès Birkin pertama kali diperkenalkan ke publik pada 1980-an.

Elemen klasik tas tangan Hermès termasuk dua pegangan yang digulung, bagian atas penutup, touret, clochette, dan empat kaki clou.

Berikut adalah sederet tas Hermes Birkin terlangka dan termahal di dunia, dilansir dari laman Sothebys, Senin (17/7/2023) : 

Tas Sac Bijou Birkin

Pada tahun 2012, Hermès meluncurkan koleksi perhiasan yang terinspirasi dari tas tangan dari Haute Bijouterie Collection. Koleksi ini dirancang oleh Pierre Hardy, direktur kreatif perhiasan di Hermès.

Salah satu karya paling menakjubkan dari koleksi tersebut adalah Sac Bijou Birkin, dengan harga sekitar USD 2 juta atau setara Rp. 30 miliar.

Tas Hermès ini dibuat dari emas mawar bertatahkan 2.712 berlian. Pada hiasan bagian atas tas ini, terdapat tekstur meniru kulit buaya dengan sejumlah berlian menutupi bagianbawah Sac bijou.

Pada tahun 2019, tas Sac Bijou Birkin dirilis ulang dengan garnet hitam dan spinel.

Tas Himalayan Birkin

Himalaya Birkin hadir dengan dan tanpa berlian.

Tas Birkin Diamond Himalaya terkenal sebagai tas tangan termahal yang pernah dijual di lelang. Pada tahun 2022, Sotheby's menjual Diamond Himalaya Birkin 30 dengan harga lebih dari USD 450.000 atau Rp. 6,7 miliar.

Perkiraan harga eceran Birkin adalah USD 300.000 tetapi kelangkaan tas Hermès mendorong harganya. 

Tas birkin ini dirancang dengankulit buaya Niloticus yang diwarnai dengan gradien putih dan abu-abu. Pewarnaan unik tas Hermès tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan puncak putih Pegunungan Himalaya. Pewarnaan ini berpasangan sempurna dengan emas putih 18 karat.

Kunci cadena pas tas Birkin Hermes terdiri dari 68,4 gram emas putih 18 karat, dan 40 berlian putih bulat cemerlang, dengan total 1,64 karat.


Tas Diamond Birkin

20170602-Tas Hermes Termahal, Terjual dengan Harga 5 Miliar-AFP
Model memperlihatkan tas Hermes Birkin Himalayan Crocodile di Christies Hong Kong, 4 Mei 2017. Tas Hermes Himalaya ini memecahkan rekor sebagai tas tangan termahal setelah terjual seharga US$380 ribu (sekitar Rp5 miliar) dalam lelang. (ISAAC LAWRENCE/AFP)

Tas Diamond Birkin menjadi salah satu koleksi favorit penggemar Hermès. Tas ini dijuluki sebagai saudara perempuan dari Diamond Birkin Himalayan, hanya berbeda dalam perawatan kulit eksotis.

Tas Hermès Diamond Birkin menampilkan kulit buaya yang dipasangkan dengan perangkat keras emas putih bertatahkan berlian, dengan perkiraan harga berkisar dari USD 190.000 USD hingga USD 260.000 tergantung pada warna dan ukurannya.

Sac Birkin Faubourg

Tas Birkin Hermès Faubourg adalah salah satu tas Birkin edisi terbatas yang paling dicari. Birkin ini dirilis pada tahun 2019 sebagai penghormatan kepada etalase Hermès di Rue du Faubourg Saint-Honoré di Paris.

CEO Hermès Charles-Émile Hermès memindahkan toko andalan merek tersebut ke jalan ikonis pada tahun 1880, di mana toko itu tetap ada sejak saat itu.

Tas tangan Hermès memiliki tiga jendela dengan awning oranye, kloset tas belanja, penutup atas kulit buaya matte, dan pegangan kulit buaya. Birkin mungil berukuran 20 sentimeter ini hadir dalam berbagai warna dan harganya sekitar USD 200.000-300.000.


Ombré Birkin

Tas Hermes Birkin
Pecinta Tas? Ini Hal Wajib Anda Ketahui Mengenai Hermes Birkin. Sumber : ft.com.

Ombré Birkin adalah penemuan yang sangat langka berkat komposisi kulit kadalnya. Tas Hermès ini dijual seharga usd 137.500 di Sotheby's.

Kulitpada tas ini sendiri menampilkan pola simetris yang memesona yang memikat para kolektor tas langka dan barang mewah lainnya.

Ombré Birkins biasanya dibuat dengan perangkat keras paladium dan memiliki kunci dan jubah yang juga dilapisi kulit kadal. Pengrajin Hermès menghasilkan karya seni yang dapat dikenakan dengan menonjolkan warna dan tekstur alami kadal. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya