Bocoran Jokowi: Kereta Cepat Jakarta Surabaya Bakal Pakai Jalur Selatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya masih dalam studi dan dikalkulasi secara lebih rinci, termasuk penentuan rute.

oleh Arthur Gideon diperbarui 13 Sep 2023, 18:15 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2023, 18:15 WIB
Presiden Jokowi Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Presiden Indonesia Joko Widodo (ketiga kanan) tiba di sebuah stasiun saat melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Padalarang, Jawa Barat, 13 September 2023. (Timur Matahari/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), dari Stasiun Halim Jakarta menuju Statiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023). Dalam uji coba ini, Jokowi sempat memberikan sedikit bocoran mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya

Jokowi menjelaskan, rencana pembangunan proyek infrastrktur transportasi kereta cepat Jakarta-Surabaya masih dalam studi dan dikalkulasi secara lebih rinci, termasuk penentuan rute.

"Kalau yang ke Surabaya masih dalam studi, masih dalam kalkulasi, juga penentuan trasenya di sebelah mana baru dalam studi semuanya," kata Jokowi dikutip dari Antara.

Presiden mengaku belum bisa menjawab secara rinci karena perencanaan termasuk studi dan perhitungan terkait pembangunan belum selesai dilakukan.

Namun demikian, Presiden menjelaskan bahwa trayek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan melintasi rute kereta cepat Jakarta-Bandung untuk menumbuhkan titik ekonomi baru di sepanjang lintasan.

"Ini untuk Jawa bagian selatan. Kalau Jawa utara kan sudah jalan tol. Buat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru," kata Presiden.

Dalam kesempatan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek perpanjangan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sampai Surabaya, Jawa Timur, tetap dilanjutkan.

Menurut Budi Karya, berdasarkan pembahasan di Kemenhub, proyek kereta cepat sampai Surabaya dilakukan setelah proyek kereta cepat dari Jakarta sampai Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, rampung sepenuhnya.

"Mau dibahas, sekarang sampai Tegalluar, Kabupaten Bandung," kata dia.

Meski demikian, lanjut Budi Karya, proyek kereta cepat sampai Surabaya dimungkinkan baru terealisasi pada periode pemerintahan berikutnya.

"Nanti akan sampai Surabaya untuk kabinet selanjutnya," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi: Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan Awal Oktober

Presiden Jokowi Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Presiden Indonesia Joko Widodo saat berada di dalam kereta cepat Jakarta-Bandung di Jakarta pada 13 September 2023. (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto/AFP)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bersama para menteri, artis ibu kota dan influencer, Rabu (13/9/2023). Jokowi mengatakan KCJB akan diresmikan pada awal Oktober 2023.

"Ya, awal Oktober (diresmikan)," kata Jokowi di Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

Kendati begitu, dia mengatakan hal tersebut akan ditentukan oleh manajemen kereta cepat. Jokowi tak ingin dianggap memburu-burui peresmian KCJB.

"Tapi yang menentukan, jangan dipikir saya mengejar-ngejar, yang menetukan tetap dari manajemen kereta cepat," jelas Jokowi.

Jokowi menuturka nantinya dilakukan uji coba KCJB terlebih dahulu untuk masyarakat. Dia ingin masyarakat juga ikut mencoba KCJB secara gratis.

"Tetep, tetep (akan uji coba). Biar orang mencoba, masyarakat mencoba," ujar Jokowi.

Jokowi menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung dari Statiun Halim, Jakarta menuju Statiun Padalarang, Bandung Barat. Dia menilai KCJB sudah bagus, namun masih ada beberapa yang harus dikerjakan dari sisi sarana prasarana.

"Ya memang belum baru sisa tadi disampaikan ke saya 92 persen. Nanti kan keretanya sudah siap tinggal dimanfaatkan," tutur Jokowi.  


Ajak Artis

Raffi Ahmad bersama Presiden Jokowi
Raffi Ahmad bersama Presiden Jokowi saat melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Rabu (13/9/2023). (Instagram @raffinagita1717)

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Stasiun Halim KJCB pada pukul 08.53 WIB. Dia datang bersama sejumlah menteri seperti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Jokowi berangkat dari Stasiun Halim menggunakan KCJB pukul 8.58 WIB. Dia akan menjajal KCJB sampai ke Stasiun Padaralang. Dia nantinya akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung, dengan menggunakan kereta feeder dari Stasiun Padalarang.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Sementara itu, influencer dan artis yang hadir dalam uji coba ini yakni, Raffi Ahmad, Gading Martin, Cak Lontong, Yuni Shara, Vino G.Bastian, Armand Maulana hingga Marsha Timothy.

 

Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya