Arahan Erick Thohir, PTPN Bikin Ekosistem Industri Kopi Hulu hingga Hilir

PTPN mendedikasikan satu pabrik berkapasitas 150 ton per hari di Jawa Timur bila petani kopi di lahan Perhutani sekitar Kawah Ijen ingin mengolahkan hasil panennya.

oleh Septian Deny diperbarui 27 Agu 2024, 15:14 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 15:14 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Tokopedia secara resmi mengumumkan kolaborasi strategis dengan Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara Kementerian BUMN untuk mendorong budidaya kopi berkelanjutan dan meningkatkan pemasaran produk kopi spesial di Indonesia.

Kolaborasi ini diumumkan oleh President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, bersama Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari, dalam Festival Beli Lokal yang diselenggarakan oleh Tokopedia di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Jakarta.

Menteri BUMN Erick Thohir sejak lama memang memiliki perhatian yang sangat tinggi pada sektor pertanian, salah satunya pada komoditas kopi.

Pada awal tahun 2022, Erick Thohir meluncurkan PMO Kopi Nusantara sebagai platform kolaborasi bagi para BUMN dan stakeholders lainnya untuk mendukung pengembangan ekosistem bisnis kopi di Indonesia yang berkelanjutan dari hulu ke hilir.

Melalui sinergi BUMN dalam skema Makmur, petani binaan PMO Kopi Nusantara bisa meningkatkan produktivitas tahunannya hingga 48% dengan perawatan dan pemupukan sesuai dengan rekomendasi Pusat Penlitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) dan Pupuk Indonesia. Selain itu, para petani juga mendapatkan kemudahan dalam mengakses pembiayaan dari BRI dan BNI.

Di sisi pengolahan, PTPN mendedikasikan satu pabrik berkapasitas 150 ton per hari di Jawa Timur bila petani kopi di lahan Perhutani sekitar Kawah Ijen ingin mengolahkan hasil panennya.

Berbagai pelatihan pasca panen juga dilakukan oleh berbagai pihak termasuk Puslitkoka dan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI). Petani juga bisa menjual biji kopinya ke ID FOOD yang sudah memiliki konsumen loyal di luar negeri. Harga kopi yang meningkat pada dua tahun terakhir ini menjadi berkah bagi para petani.

Di sisi hilir, stakeholders dalam PMO Kopi Nusantara bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) terus mendukung pengembangan talenta terbaik Indonesia. Terbukti sejak tahun 2022 hingga saat ini telah lahir 8 juara kopi dunia dari Indonesia, salah satunya adalah Mikael Jasin yang menyabet juara satu World Barista Championship 2024 yang diselenggarakan di World of Coffee (WoC) Busan, Korea Selatan. Bahkan Indonesia berhasil terpilih menjadi tuan rumah gelaran internasional World of Coffee (WoC) pada tahun 2025.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Budidaya Kopi Berkelanjutan

Melihat Proses Roasting Kopi Tradisional Aceh
Pekerja mengecek biji kopi usai dipanggang melalui metode tradisional di sebuah pabrik di Banda Aceh, Aceh, Rabu (3/3). (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Kolaborasi Tokopedia dan PMO Kopi Nusantara ini difokuskan pada pemilihan lokasi di mana Tokopedia bisa menemukan "hidden gems" baru dari produsen kopi berkualitas di Indonesia. Saat ini, Tokopedia telah bekerja sama dengan SCOPI dalam ekosistem PMO Kopi Nusantara untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan tentang pengolahan pasca panen dan peningkatan mutu biji kopi di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan yang telah dilakukan pada Juni lalu, dan akan direplikasi ke beberapa daerah.

PMO Kopi Nusantara akan mengoordinasikan dukungan holistik bagi petani dalam ekosistem yang didukung oleh Tokopedia, termasuk rekomendasi dan akses terhadap agro-input, pembiayaan, teknik budidaya, dan saluran pemasaran. Pemangku kepentingan utama seperti PTPN, BRI, BNI, Pupuk Indonesia, Perhutani, Puslitkoka, SCOPI, SCAI, Surveyor Indonesia, ID FOOD dan pihak lainnya akan menjadi mitra penting dalam upaya ini.

"Kolaborasi ini dilakukan agar kopi Indonesia selalu memiliki cita rasa tinggi dengan kualitas level premium," ujar Melissa Siska Juminta, President Director Tokopedia and TikTok E-commerce, dalam sambutannya di acara Festival Beli Lokal.

 


Training Petani

Kembalikan Nama Kopi Lahat, Pemkab Gandeng Ribuan Petani dan e-Commerce
Biji kopi Lahat milik petani kopi Masyito yang sudah dijemur dan siap untuk dipasarkan di seluruh Indonesia (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Fokus kami juga banyak kepada training petani-petani dan membantu memasarkan produk mereka melalui Tokopedia dan Shop Tokopedia agar produk mereka semakin lama semakin terkenal dan inovasinya semakin banyak," lanjut dia.

Di sisi pemasaran, Tokopedia akan melakukan kurasi dan memberikan pendampingan kepada petani, kelompok tani, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), dan UMKM dalam ekosistem PMO Kopi Nusantara untuk memasarkan produk mereka secara online. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan kopi spesial Indonesia di tingkat nasional dan internasional.

"Kekuatan Tokopedia adalah dari segi pemasaran. Hal ini yang akan menguatkan ekosistem bisnis yang sudah kita bangun bersama-sama selama ini," ungkap Dwi Sutoro, Ketua PMO Kopi Nusantara.

Ia berharap kolaborasi ini bisa memberikan manfaat lebih banyak kepada petani yang menjadi ujung tombak produksi kopi di Indonesia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya