Di Pidato Pelantikan Presiden, Prabowo Janji Bawa Indonesia Swasembada Energi

Presiden Prabowo meyakini Indonesia bisa mencapai swasembada energi dengan melihat banyak potensi komoditas yang menjadi sumber baru pasokan energi.

oleh Tira Santia diperbarui 20 Okt 2024, 11:43 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 11:43 WIB
Prabowo Subianto
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato pertamanya usai pelantikan presiden di Gedung DPR MPR, Minggu (20/10/2024). Presiden Prabowo meyakini Indonesia bisa mencapai swasembada energi dengan melihat banyak potensi komoditas yang menjadi sumber baru pasokan energi. (Tim News).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdana sebagai kepala negara di Gedung DPR/MPR pada Minggu, 20 Oktober 2024. Dalam pidatonya, Prabowo menegaskan Indonesia harus bisa mencapai swasembada energi dan tidak bergantung pada pasokan negara lain.

"Kita harus swasembada energi dan kita mampu untuk swasembada energi," ujar Prabowo saat Pelantikan Presiden 2024 di Jakarta.

Indonesia ditegaskan harus bisa memenuhi pasokan energi sebagai bentuk kesiapan menghadapi kondisi yang tidak diduga. Seperti ketegangaan dan kemungkinan terjadinya perang yang bisa menghambat pasokan energi dari negara lain.

Bila kondisi ini terjadi, Prabowo meyakini negara lain akan lebih mementingkan kepentingan atau kebutuhan sendiri, seperti terkait pemenuhan kebutuhan energi.

"Dalam keadaan ketegangan dalam keadaan kemungkinan terjadi perang di mana mana kita harus siap dengan keadaan yang paling jelek," tegas Prabowo.

Dia meyakini Indonesia bisa mencapai swasembada energi dengan melihat banyak potensi komoditas yang menjadi sumber baru pasokan energi. Mulai dari tanaman sawit yang bisa diubah menjadi solar. Kemudian tanaman singkong, tebu hingga jagung.

"Kita juga punya energi bawah tanah geothermal yang cukup, punya batu bara yang sangat banyak. Punya energi dari air yang sangat besar. Pemerintah yang saya pimpin nanti akan fokus untuk bisa mencapai swasembada energi," Prabowo menegaskan.

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya