Sabuk WBO Dicopot, Mayweather Punya Waktu 2 Pekan untuk Banding

Sabuk juara WBO dilucuti karena Mayweather tidak mau melepas salah satu gelar yang dimilikinya yakni, WBA dan WBC.

oleh Arry Anggadha diperbarui 07 Jul 2015, 20:59 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2015, 20:59 WIB
Floyd Mayweather Jr.
Floyd Mayweather Jr. merayakan kemenangan atas Victor Ortiz dengan KO ronde 4 untuk merebut gelar juara dunia Kelas Welter WBC. 17 September 2011. (AFP).

Liputan6.com, Las Vegas - Sabuk juara WBO yang diraih Floyd Mayweather Jr resmi dicopot. Gelar juara itu dicopot lantaran Mayweather tidak mematuhi peraturan yang diterapkan.

Sabuk juara tersebut dilucuti karena Mayweather tidak mau melepas salah satu gelar yang dimilikinya yakni, WBA dan WBC. Federasi Tinju Dunia itu memiliki aturan, petinju yang memiliki dua gelar harus rela kehilangan salah satu sabuknya.

Sabuk WBC yang akan diperebutkan Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao

Meski demikian, Mayweather memiliki kesempatan mempertahankan sabuk juara yang direbut dari Manny Pacquiao itu. The Money diberikan waktu selama 14 hari untuk mengajukan banding atas putusan WBO tersebut.

"Kami punya pengacara terbaik, John Hornwer. Kami juga sangat memahami apa saja hak kami di sini. Floyd akan memutuskan apa yang ingin dia lakukan," kata promotor Mayweather, Leonard Ellerbe, seperti dikutip dari ESPN.

Mayweather Menang Angka atas Pacquiao (AFP)

Sabuk juara WBO itu diraih Mayweather saat mengalahkan Pacquiao pada 2 Mei silam. Saat itu, Mayweather menang angka atas Pacman dalam pertandingan yang mencetak rekor dengan pendapatan finansial paling besar.

Pencopotan itu dilakukan untuk memberikan petinju lain untuk meraih gelar. "WBO sebagai Federasi Tinju Dunia memutuskan untuk mencabut gelar Floyd Mayweather karena gagal memenuhi peraturan yang sudah kami tetapkan dalam kejuaraan dunia," bunyi pernyataan resmi WBO.

Sabuk WBC bertabur emas yang akan diperebutkan Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao

Mayweather sebenarnya sudah berniat untuk melepas salah satu gelar yang dimilikinya. Namun, hingga tenggat yang sudah ditentukan, yakni 4 Juli 2015, Mayweather belum melakukan hal tersebut.

Mengenai pencopotan gelar ini, Mayweather mengaku sudah siap merelakan sabuknya. "Saya selalu memberikan petinju lainnya kesempatan. Saya tidak serakah. Saya juara dunia di dua kelas berat yang berbeda. Saatnya untuk memberikan petinju lain untuk berjuang meraih gelar," dia menegaskan.

Floyd Mayweather vs Manny Pacquiao (REUTERS/Steve Marcus)

Selain kehilangan gelar, pria yang kini sudah berusia 37 tahun tersebut belum menyerahkan uang sebesar US$ 200 ribu, atau senilai dengan Rp 2,6 miliar kepada organisasi yang menyelenggarakan pertandingan Mayweather melawan Pacquiao. (Ary/Vid)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya