Menpora Ingin Gowes Nusantara Pecahkan Rekor Dunia

Menpora buka Gowes Nusantara yang start di titik nol Sabang.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 14 Mei 2017, 02:00 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2017, 02:00 WIB
Gowes Nusantara
Menpora Imam Nahrawi (tengah) saat ikut parade start Gowes Nusantara (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi melepas acara Gowes Nusantara dari titik nol di Indonesia, Sabang, Sabtu (13/5/2017). Dia berharap acara ini bisa memecahkan rekor dunia.

Sebanyak 15 pesepeda utama akan menyusuri rute sepanjang 5 ribu kilometer, menyusuri kota-kota di Pulau Jawa dan Sumatera. Sementara secara keseluruhan Gowes Pesona Nusantara akan bergulir di 90 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Seluruh kegiatan gowes ini akan berakhir di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah saat peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), 9 September 2017 mendatang.

"Apalagi jarak dari Sabang hingga Merauke ke Magelang mencapai 5.000 km (untuk kategori sprint) sekaligus memecahkan rekor MURI kalau bisa rekor dunia," kata Imam Nahrawi.

Ketika membuka Gowes Nusantara di Sabang, Menpora didampingi Walikota Sabang Zulkifli H Adam, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Asisten Deputi Kemitraan, Penghargaan Olahraga Dwijayanto Sarosa Putera, mantan juara dunia bulutangkis Icuk Sugiarto.

Menpora juga menyampaikan, dia bangga bisa terlibat dalam olahraga besar yang dimulai dari Sabang hingga Marauke. "Kita berharap nanti untuk terus menggali potensi wisata, potensi olahraga dan tentu akan merekatkan rasa solidaritas sebagai bangsa lewat Gowes Nusantara," ucapnya.

"Karena peserta Gowes Nusantara akan estafet melalui Banda Aceh, Sumatera Utara sampai  ke Magelang. Mereka akan menghubungkan kita sebagai bangsa untuk lebih kuat lagi dan lebih solid lagi sebagai anak bangsa," ucap Menpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya