MotoGP Jerman: Start Keenam Bikin Lorenzo Tambah Pede

Lorenzo mengaku mendapat banyak informasi dari Q2 MotoGP Jerman.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 02 Jul 2017, 09:00 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2017, 09:00 WIB
Jorge Lorenzo, MotoGP
Perjuangan pembalap Ducati, Jorge Lorenzo pada latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring. (Hendrik Schmidt/dpa via AP)

Liputan6.com, Hohenstein-Ernstthal - Jorge Lorenzo bangga karena memiliki rapor yang lebih baik dari sebagian pembalap Yamaha pada kualifikasi MotoGP Jerman 2017. Ia akan memulai balapan di Sirkuit Sachsenring, Minggu (2/7/2017), dari posisi keenam.

Sejatinya, start urutan keenam MotoGP Jerman adalah sesuatu yang tak terduga dari seorang Lorenzo. Maklum, sepanjang latihan bebas (FP), kecepatan X-Fuera terbilang tak begitu baik. Rapor terbaiknya hanya menempati posisi ketujuh pada FP3.

Kebetulan, itu adalah momen yang tepat bagi Lorenzo untuk bersaing di kualifikasi kedua (Q2). Terbukti pembalap asal Spanyol itu memanfaatkan kesempatan dengan mengamankan urutan keenam.

Catatan waktu 1 menit 28,383 detik milik Lorenzo terpaut 1,081 detik dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang merebut pole position. Bahkan, Lorenzo sukses menggungguli dua pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

"Tempat keenam bukan hasil yang buruk, tidak begitu jauh dari baris depan. Secara keseluruhan kami bisa mengatakan bahwa ini adalah hasil yang positif. Saya mampu mengumpulkan beberapa data dalam lintasan basah yang saya butuhkan di masa depan," kata Lorenzo, dilansir Speedweek.

Ya, Lorenzo sedikit diuntungkan dari cuaca buruk yang menaungi sesi kualifikasi MotoGP Jerman. Hujan deras yang turun sejak FP4 membuat para pembalap harus melahap sesi kualifikasi dengan lintasan yang basah.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lintasan Basah

Akibatnya, para pembalap pun tak bisa mengeluarkan kecepatan terbaiknya. Sebagian besar memilih untuk berhati-hati pada awal sesi Q2 dan menunggu hingga lintasan sedikit mengering. Hal itu yang dilakukan Marquez hingga sukses merebut pole position.

"Pada lintasan basah, saya tak memiliki masalah besar. Saya cukup kompetitif. Ducati punya kinerja baik dengan ban dan memungkinkan saya sedikit lebih mendorong. Dibandingkan tahun lalu, Ducati jauh lebih cepat," jelas Lorenzo.

Start dari urutan keenam juga menjadi modal bagus Lorenzo untuk meraih podium. Sejauh ini, pembalap berusia 30 tahun itu baru mempersembahkan satu podium buat Ducati. Itu saat ia finis di tempat ketiga MotoGP Spanyol.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya