Prediksi Ajax Vs Liverpool di Liga Champions: Tuan Rumah di Atas Angin

Liverpool akan bertandang ke markas Ajax Amsterdam pada lanjutan babak penyisihan Liga Champions 2020.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 21 Okt 2020, 12:27 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2020, 11:35 WIB
PREDIKSI Ajax vs Liverpool
Ajax vs Liverpool (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Dua raksasa sepak bola Eropa, Liverpool dan Ajax Amsterdam akan bertemu penyisihan Grup D Liga Champions, Kamis dini hari WIB (21/10/2020). Ini duel pertama mereka dalam 54 tahun terakhir.

Duel Ajax vs Liverpool akan berlangsung di Johan Cruyff Arena, pukul 02.00 dini hari WIB. Pertandingan seru ini juga bisa disaksikan lewat siaran langsung di stasiun televisi SCTV. 

Liverpool dan Ajax sama-sama punya reputasi yang mentereng di kancah sepak bola Eropa. Liverpool yang sukses mengakhiri puasa gelar 30 tahun di Liga Inggris pada musim lalu juga bukan pendatang baru di kompetisi Eropa. Hingga saat ini, The Reds setidaknya suda 6 kali menjuarai Liga Champions.

Ajax Amsterdam tak jauh berbeda. Langganan juara Liga Belanda itu juga pernah empat kali membawa pulang trofi si Kuping Besar. Namun pertemuan kedua tim besar ini sangat jarang terjadi. 

Liverpool terakhir kali bertemu Ajax di Liga Champions 1966-67--saat itu masih mengusung nama Piala Champions. Dalam duel itu, Ajax berhasil melaju ke babak perempat final setelah unggul agregat 7-3. Pertandingan pertama berakhir imbang 2-2 dan pada leg kedua, Ajax menang telak 5-1 atas The Reds.

Tiga gol Ajax pada pertemuan itu dicetak oleh Johan Cruyff--yang kini menjadi nama stadion. 

Liverpool sebenarnya nyaris bertemu Ajax Amsterdam pada Liga Champions 2018/19 lalu. Namun Tottenham Hotspur menghalanginya setelah comeback dan berhasil menyingkirkan Ajax di semifinal.

Liverpool sendiri akhirnya berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Spurs di babak final.

Klopp gagal mengulangi kisah sukses ini musim lalu. The Reds tersingkir di babak 16 besar setelah kalah pada laga home dan away dari Atletico Madrid. Kini Klopp terancam mengalami tiga kekalahan beruntun di ajang Liga Champions bila kembali pulang dengan kepala tertunduk dari markas Ajax.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik di bawah ini


Belum Stabil

PREDIKSI Ajax vs Liverpool
Ajax vs Liverpool (Liputan6.com/Abdillah)

Liverpool tentu tidak ingin kejadian serupa terulang lagi. Namun sang pelatih, Jurgen Klopp perlu memutar otak dalam mencari formula yang tepat untuk meredam Ajax Amsterdam.

Tugas rumah Klopp bertambah berat manakala dia harus kehilangan bek andalannya, Virgil van Dijk. Bek asal Belanda itu absen karena cedera ACL yang memungkinkannya absen hingga akhir musim.

Dua nama lainnya yang juga dibekap cedera adalah Thiago Alcantara dan Joel Matip.

Selain itu, Klopp juga masih berkutat dengan ketidakstabilan permainan The Reds. Setelah dipermalukan Aston Villa 2-7, Liverpool kembali gagal meraih poin penuh saat bertandang ke markas Everton. Sempat unggul, Liverpool harus merelakan derby Merseyside itu berakhir imbang 2-2.

 


Beban Masa Lalu

Semangat Pemain Ajax Jelang Hadapi Chelsea
Pelatih Ajax, Erik ten Hag (tengah) menginstruksikan pemainnya selama sesi latihan di Amsterdam (22/10/2019). Ajax akan bertanding melawan wakil Inggris, Chelsea pada Grup H Liga Champions di Johan Cruijff Arena. (AFP Photo/John Thys)

Kondisi ini boleh jadi menguntungkan Ajax. Namun juara Eredivise 2018-2019 itu juga dibayangi beban masa lalu yang membelenggu saat bertemu tim-tim dari Inggris. Seperti dilansir dari Sportmole, Ajax tercatat baru merebut satu kemenangan dari enam pertandingan melawan tim-tim Liga Inggris.

Ajax juga hanya memenangkan satu laga kandang dari tujuh kesempatan menjamu klub Inggris.

Ajax juga sebenarnya kehilangan sejumlah pilar andalannya. Namun Erik ten Hag sebagai pelatih sepertinya sudah menemukan solusinya. Ini terlihat dari perjalanan mereka di liga di mana Ajax sukses memenangkan empat dari lima pertandingan yang dijalani. Bahkan Ajax sempat menang besar 5-1 saat bertemu Heerenveen pada Minggu lalu.

Seperti apa prediksi susunan pemain kedua tim? Ikuti pada halaman selanjutnya.

 


Prediksi Susunan Pemain

Sadio Mane, Liverpool
Pemain Liverpool, Sadio Mane (kanan), merayakan gol bersama rekan-rekannya pada laga melawan Everton di Liga Inggris, Sabtu (17/10/2020). (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)

Ajax Amsterdam:

Onana; Mazraoui, Schuurs, Blind, Tagliafico; Klaassen, Kudus, Promes; Neres, Tadic, Antony

Liverpool:

Adrian; Alexander-Arnold, Fabinho, Gomez, Robertson; Keita, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

 


Head to head

Pertemuan: 2

Ajax menang: 1

Gol Ajax: 7

Imbang: 1

Liverpool menang: 0

Gol Liverpool: 3.

 

2 Pertemuan Sebelumnya

14-12-1966 Liverpool 2-2 Ajax (European Cup)

07-12-1966 Ajax 5-1 Liverpool (European Cup).

 

5 Laga Terakhir Ajax

13-09-20 Rotterdam 0-1 Ajax (Eredivisie)

20-09-20 Ajax 3-0 Waalwijk (Eredivisie)

27-09-20 Ajax 2-1 Vitesse (Eredivisie)

04-10-20 Groningen 1-0 Ajax (Eredivisie)

18-10-20 Ajax 5-1 Heerenveen (Eredivisie).

 

5 Laga Terakhir Liverpool

25-09-20 Lincoln City 2-7 Liverpool (Carabao Cup)

29-09-20 Liverpool 3-1 Arsenal (EPL)

02-10-20 Liverpool 0-0 Arsenal (Carabao Cup)

05-10-20 Aston Villa 7-2 Liverpool (EPL)

17-10-20 Everton 2-2 Liverpool (EPL).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya