Kecelakaan di Kecepatan 180 Km per Jam, Marc Marquez: Terima Kasih Air Fence!

Marquez tergelincir di Tikungan 7 Sirkuit Jerez Angel Nieto pada MotoGP Spanyol 2021.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 02 Mei 2021, 12:00 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2021, 12:00 WIB
FOTO: Melihat Aksi Comeback Marc Marquez ke Arena Balap MotoGP, Si Bayi Alien Sempat Menitikan Air Mata
Marc Marquez terlibat kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol 2021. (AP Photo/Jose Breton)

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengaku beruntung sudah diselamatkan air fence saat mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP Spanyol 2021, Sabtu (1/5/2021).

Marquez tergelincir di Tikungan 7 Sirkuit Jerez Angel Nieto setelah kehilangan daya cengkeram ban depan ketika melaju dalam kecepatan 180 kilometer per jam.

Juara dunia delapan kali tersebut terguling ke gravel trap dan melayang ke pagar pembatas dengan peredam udara. Peristiwa ini memicu kekhawatiran besar mengingat Marquez terhempas di sikuit sama pada seri pembuka musim lalu.

Ketika itu Marquez menderita cedera humerus dan memaksanya absen sepanjang kampanye dan kehilangan kans mempertahankan mahkota juara dunia MotoGP.

"Kecelakaan yang sangat cepat dan keras di Tikungan 7. Saya sudah menduga bakal segera merasakan kecelakaan pertama musim ini. Tetapi saya mungkin memilih salah satu tikungan terburuk untuk merasakannya," kata Marquez seperti dikutip laman resmi tim.

"Ketika berusaha mendapatkan lap yang cepat, Anda tidak memikirkan risiko dan setelah tampil konservatif sehari sebelumnya, saya coba agresif. Benturan terjadi dalam kecepatan yang sangat tinggi dan berkat air fence saya masih di sini," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini


Pengaruhi Kualifikasi

Marc Marquez
Marc Marquez. (AFP)

Pembalap bernomor 93 itu bisa berdiri dan kembali ke garasi. Dia kemudian melapor ke tim medis dan dinyatakan fit melanjutkan kompetisi.

"Kecelakaan ini mempengaruhi kualifikasi. Saya jadi memilih ban depan soft untuk lebih aman. Namun itu adalah pilihan yang salah karena limit selama kualifikasi ada di depan. Sangat disayangkan karena saya merasa kuat dan makin menyattu dengan motor," kata Marquez.


Posisi 14

Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (LLUIS GENE / AFP)

Marquez memulai kualifikasi dari sesi pertama dan gagal melanjut ke fase berikutnya untuk memperebutkan posisi terdepan. Dia akan memulai balapan dari peringkat 14.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya