PLN Mobile Proliga 2022: Jakarta Pertamina Fastron, Bandung bjb Tandamata, Jakarta BNI 46, dan Bogor LavAni Tokcer

Jakarta Pertamina Fastron, Bandung bjb Tandamata, Jakarta BNI 46, dan Bogor LavAni mengawali putaran kedua PLN Mobile Proliga 2022 dengan kemenangan meyakinkan.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 14 Feb 2022, 15:06 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2022, 14:30 WIB
Jakarta Pertamina Fastron - PLN Mobile Proliga 2022
Putri Jakarta Pertamina Fastron menjadi tim pertama yang lolos ke final four PLN Mobile Proliga 2022. (foto: PBVSI)

Liputan6.com, Jakarta - PLN Mobile Proliga 2022 putaran kedua sudah dimulai akhir pekan kemarin. Tetapi, hanya empat dari tujuh pertandingan yang bisa dimainkan pada pekan kelima di GOR Kawah Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, 11-13 Februari.

Tiga dari dua laga Proliga 2022 yang ditunda ialah Jakarta Pertamina Pertamax melawan Kudus Sukun Badak dan Jakarta Pertamina Pertamax versus Palembang Bank SumselBabel di bagian putra. Satu laga lainnya adalah putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia menghadapi Jakarta Elektrik PLN.

Ditundanya ketiga laga tersebut karena lebih dari 50 persen pemain Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Elektrik PLN terpapar Covid-19. Ini seusai dengan kesepakatan semua klub dan Proliga.

"Kapan ditundanya kita akan bicarakan nanti dengan stasiun tivi dan para sponsor," tutur Wakil Direktur Proliga Reginald Nelwan, baru-baru ini.

Sementara tiga laga yang dimainkan adalah Gresik Petrokimia vs Jakarta Pertamina Fastron dan Bandung BJB Tandamata melawan Jakarta Popsivo Polwan di bagian putra. Sementara di bagian putra, Jakarta BNI 46 menghadapi Surabaya Bhayangkara Samator dan Kudus Sukun Badak meladeni Bogor LavAni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Putri

Nikoleta Perovic - Bandung bjb Tandamata - Proliga 2022
Pemain asing Bandung bjb Tandamata asal Montenegro Nikoleta Perovic (smes) sudah bermain di putaran kedua PLN Mobile Proliga 2022. (foto: PBVSI)

Tim putri Jakarta Pertamina Fastron kembali mengalahkan Gresik Petrokimia dalam laga lanjutan Proliga 2022. Meski menang 3-0, skor akhir sangat ketat yakni 27-25, 25-20, 29-27. Sebelumnya, di putaran pertama Jakarta Pertamina juga menaklukkan Gresik Petrokimia dengan skor 3-0 (26-24, 25-23, 25-16).

Hasil tersebut membuat tim asuhan Octavian semakin kukuh di puncak klasemen dengan 15 poin dari lima laga. Selain itu, Jakarta Pertamina menjadi tim pertama putri yang lolos ke final four.

Kemenangan meyakinkan juga diraih putri Bandung bjb Tandamata atas Jakarta Mandiri Popsivo Polwan. Wilda Siti Nurfadilah Sugandi cs menang mudah 3-0 (25-21, 25-13, 25-15).

Hasil ini cukup mengejutkan lantaran pada pertemuan pertama Bandung bjb Tandamata menang dengan skor ketat 3-2. Tetapi jika disaksikan, penampilan Bandung bjb Tandamata pada putaran kedua sangat berbeda dengan putaran pertama.

Tim yang sekarang dilatih Alim Suseno itu tampil sangat lepas. "Anak-anak tidak beban. Bermain rileks saja," kata juru taktik yang menggantikan Agus Irawan sebagai pelatih kepala.

Bergabungnya Nikoleta Perovic yang menggantikan Yeliz Basa pada putaran kedua juga membuat permainan tim semakin Solid. Pevoli Montenegro itu mampu mengatasi masalah di posisi opposite yang terjadi pada putaran pertama.

Padahal informasi yang didapat Liputan6.com, Perovic sempat tidak main pada lima laga terakhir di klub sebelumya, Iba Kimya TED Ankara Kolejliler, karena cedera. Namun, pevoli dengan tinggi 184 cm menjadi pembeda untuk Bandung bjb Tandamata di laga ini.

"Kalau Basa kurang kill. Sedangkan Perovic sangat mematikan serangan Bank bjb," papar Alim, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Perovic saat menjadi asisten pelatih Bandung bjb Tandamata di Proliga 2020.


Putra

PLN Mobile Proliga 2022
Pertandingan BNI melawan Surabaya Bhayangkara Samator di putaran kedua PLN Mobile Proliga 2022 (dok: Proliga)

Tim putra Surabaya Bhayangkara Samator tidak berdaya menghadapi Jakarta BNI 46 pada laga perdana putaran kedua Proliga 2022. Tim asuhan Sigit Ari Widodo kalah telak 0-3 (20-25, 22-25, 18-25).

Pada laga ini, Samator tidak diperkuat Rendy Tamamilang dan Tim Taylor yang positif Covid-19. Sebagai gantinya, Galih Bayu Saputra dan Agil Anggara. Namun, pergantian tersebut tidak bisa mengimbangi permainan Jakarta BNI 46 yang begitu tampil dominan selama tiga set.

Samator juga belum bisa memainkan pemain asing barunya Aimal Khan. Kabarnya, pevoli asal Pakistan tersebut juga positif Covid-19 usai menjalani karantina.

Selain kurangnya kekuatan, kekalahan Samator juga dikarenakan waktu persiapan putaran kedua yang sangat terbatas. Nizal Zulfikar cs baru kembali berlatih Minggu, 6 Februari, setelah menjalani vaksin booster tiga hari sebelumnya.

"Sehingga setelah vaksin itu para pemain mengalami sakit. Kami baru latihan hari Minggunya," ucap Sigit.

Berbeda dengan Samator, Jakarta BNI 46 tampil begitu solid meski kehilangan Takahiro Tozaki yang positif Covid-19. Skuat asuhan Samsul Jais ini memang terus berlatih selama liburan usai putaran pertama selesai.

"Ini hasil evaluasi di putaran pertama. Kita sudah saling tahu kelemahan maupun kelebihannya," papar Samsul.

LavAni sukses menundukkan tim pendatang baru lainnya, Kudus Sukun Badak dengan skor 3-0 (25-17, 25-19, 25-20) di GOR Kawah Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

Kemenangan telak juga didapat Bogor LavAni atas Kudus Sukun Badak. Dony Haryono cs menang 3-0 (25-17, 25-19, 25-20). Ini adalah kemenangan kedua Bogor LavAni atas tim yang sama.

"Penampilan kami sudah membaik dibanding putaran pertama," ucap asisten pelatih Bogor LavAni Erwin Rusni. Anak-anak diinstruksikan untuk tidak melakukan kesalahan sendiri."

Di kubu Sukun Kudus Badak, absennya setter senior Aji Maulana sangat berpengaruh terhadap permainan tim. "Saat tertekan tidak ada kepercayaan diri dari anak-anak. Sehingga tidak ada pemicu untuk bangkit. Banyak kesalahan sendiri," kata pelatih Sukun Kudus Badak Rohadi Mulyo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya