Leg 2 Semifinal Piala AFF 2022: Bui Tien Dung Yakin 40 Ribu Fans Vietnam Teror Indonesia

Bek Vietnam Bui Tien Dung yakin fans akan membantu timnya lolos ke final Piala AFF 2022 saat melawan Indonesia.

oleh Defri Saefullah diperbarui 08 Jan 2023, 19:14 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2023, 17:30 WIB
Piala AFF 2022, Semifinal Leg 1: Indonesia vs Vietnam
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) dan pemain Vietnam, Bui Tien Dung mengejar bola saat menghadapi Vietnam dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Bek Vietnam, Bui Tien Dung cukup puas dengan hasil imbang 0-0 lawan Indonesia di leg 1 semifinal Piala AFF 2022 di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (6/1/2023). Tak ada gol tercipta, meski Indonesia punya banyak peluang.

Tien Dung senang karena bisa melewati duel sulit di Jakarta. Kini, bek 27 tahun itu berharap dukungan penuh fans Vietnam yang berjumlah 40 ribu orang pada leg 2 semifinal Piala AFF 2022.

Seperti diketahui, leg 2 semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam melawan Indonesia akan dimainkan di stadion My Dinh, Hanoi pada Senin (9/1/2023). Pertandingan akan digelar pada 19.30 WIB.

"Peluang untuk menembus final Piala AFF 2022 masih dibagi rata dengan dua tim. Vietnam lebih beruntung karena main leg 2 di kandang," kata Tien Dung seperti dikutip Thanh Nien.

"Karena itu, kami akan mencoba yang terbaik untuk membuat gembira fans Vietnam, Fans akan membantu kami tembus ke final."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengalaman

Piala AFF 2022, Semifinal Leg 1: Indonesia vs Vietnam
Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) berebut bola dengan pemain Vietnam, Bui Tien Dung dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Vietnam menurunkan formasi yang hampir mirip dengan Indonesia. Pelatih Vietnam Park Hang Seo juga memakai 3 bek tengah berpengalaman.

Selain Tien Dung, Park Hang Seo menurunkan dua bek berkualitas lainnya yaitu Nguyen Ngoc Hai dan Duy Manh. Trio bek ini juga yang membawa Vietnam lolos ke perempat final Piala Asia 2019.

Vietnam tak membuat banyak peluang. Berdasarkan statistik, Vietnam hanya satu kali melepas tendangan ke arah gawang.

 


Penuhi Target

Piala AFF 2022, Semifinal Leg 1: Indonesia vs Vietnam
Pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani (tengah) berusaha mengejar bola dibayangi pemain Vietnam, Hoang Duc Nguyen dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Meski begitu, Vietnam sudah memenuhi target yang ditetapkan Park Hang Seo. Dia memang menargetkan Vietnam imbang di laga ini.

"Ini duel sangat sulit buat kami. Namun Vietnam sudah main bagus karena tampil di kandang lawan itu tidak mudah," katanya.

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo nampaknya tak terlalu kecewa dengan pencapaian ini. Malahan, juru taktik asal Korea Selatan mengeklaim hasil pertandingan kontra Indonesia sudah sesuai target.

“Seperti yang Anda tahu, pertandingan tandang selalu menjadi hal yang sangat sulit. Akan tetapi, saya pikir para pemain sudah menunjukkan semangat juang yang bagus,” ujarnya saat menghadiri konferensi pers selepas duel melawan Indonesia di SUGBK, Jumat (6/1/2023).

“Memang kami tidak menang, tetapi kami rasa kami sudah mencapai target. Jadi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain (Timnas Vietnam),” sambung Park Hang-seo di hadapan awak media.

 


Komentar STY

Piala AFF 2022, Semifinal Leg 1: Indonesia vs Vietnam
Para pemain Timnas Indonesia berbaris sebelum dimulainya laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Kendati demikian, juru taktik Skuad Garuda Shin Tae-yong tak terlalu khawatir dengan fakta itu. Pelatih berusia 52 tahun optimistis anak-anak asuhnya mampu menetralisir tekanan di kandang lawan, lantaran sudah lebih kuat secara fisik dan mental.

“Seperti yang saya bicarakan saat press conference (pra pertandingan) kemarin, saya sendiri yang memilih para pemain saat ini dan (mereka) sudah berlatih selama satu tahun lebih,” tutur Shin Tae-yong selepas duel melawan Vietnam.

“Wartawan dan masyarakat harus tahu bahwa (timnas) Indonesia saat ini bukanlah Indonesia yang dulu. Secara mental dan fisik, semua berbeda dari sebelumnya. Jadi tidak perlu dikhawatirkan,” sambungnya pada Jumat (6/1/2023).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya