Barcelona ke Perempat Final Copa del Rey, Xavi: Kami Harus Ambil Untung

Xavi menegaskan Barcelona harus jaga konsistensi dan ambil untung dari tren bagus yang diraih di Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

oleh Defri Saefullah diperbarui 21 Jan 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2023, 12:00 WIB
Foto: Barcelona Pesta Gol atas Ceuta, Real Madrid Susah Payang Taklukkan Villarreal di Copa del Rey
Pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Robert Lewandowski ke gawang Ceuta pada laga Copa del Rey di Stadion Alfonso Murube (19/1/2023). Barcelona berhasil berpesta gol saat melakoni pertandingan melawan Ceuta dalam 16 besar Copa del Rey. (AP Photo/Antonio Sempere)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona berhasil lolos ke perempat final Copa del Rey usai mencukur Ceuta 5-0 di babak 16 besar. Lima gol Barca dicetak Raphinha, Robert Lewandowski (2 gol), Ansu Fati dan Franck Kessie.

Ini menjadi dua kemenangan beruntun yang didapatkan Barcelona dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, Barca juga menang 3-1 atas Real Madrid di Piala Super Spanyol.

Tren bagus ini diharapkan pelatih Barcelona, Xavi Hernandez bisa dimanfaatkan dengan baik. Dia ingin pasukannya meneruskan tren bagus ini di pertandingan lainnya.

"Kami dalam performa bagus dan kami harus ambil untung dari ini. Saya akan ingat penampilan bagus ini, kami punya pengalaman saat lawan Intercity saat kami tak bisa jaga intensitas," kata Xavi seperti dikutip sport.

"Kami kesulitan ciptakan peluang di babak pertama, tapi babak kedua sangat bagus. Tim tunjukkan rasa lapar. Ceuta siap lawan kami, tapi kami tampil serius."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bukan Tim Cadangan

Foto: Barcelona Pesta Gol atas Ceuta, Real Madrid Susah Payang Taklukkan Villarreal di Copa del Rey
Pemain Ceuta, Juan Gutierrez, berebut bola dengan pemain Barcelona, Ferran Torres, pada laga Copa del Rey di Stadion Alfonso Murube (19/1/2023). Bertanding di Stadion Alfonso Murube pada Jumat (20/1/2023), Barcelona sukses menumbangkan Ceuta dengan skor 5-0. (AP Photo/Antonio Sempere)

 

Xavi menurunkan skuad pelapis di laga ini. Dia hanya menurunkan Robert Lewandowski yang juga dilarang main di dua laga La Liga.

"Ini bukan tim kedua. Mereka pemain penting dan mereka terus menunggu sampai akhir musim," katanya.

Xavi juga menegaskan Ansu Fati bakal menjadi pengganti Lewandowski saat melawan Getafe. Fati juga tampil bagus lawan Ceuta.

"Kami siap mainkan dia di laga hari Minggu. Dia main di level yang sangat bagus. Ansu yang kami inginkan sudah kembali," dia menambahkan.

 


Transfer Memphis Depay

Memphis Depay
Penyerang Barcelona Memphis Depay (kiri) mencoba lepas dari kawalan gelandang Intercity asal Spanyol Miguel Mari dalam laga babak 32 besar Copa del Rey Spanyol di Stadion Jose Rico Perez di Alicante, pada 4 Januari 2023 (AFP/Jose Jordan)

 

Xavi juga bicara soal transfer Memphis Depay ke Atletico Madrid. Xavi mengaku ingin cari pengganti, namun kalaupun tidak ada tak masalah.

"Ini tak akan jadi tragedi kalau tak ada yang mengganti dia, tapi kalau kami bisa memperkuat tim, itu lebih baik," kata Xavi.

Barcelona sudah resmi melepas Depay ke Atletico Madrid. Striker asal Belanda ini gabung untuk dua musim hingga 2025 dengan nilai transfer 4 juta euro.

Dalam transfer ini, Barcelona juga mencantumkan klausul bisa memboyong Yannick Noah dari Atletico Madrid untuk gabung Barcelona di akhir musim nanti.


Pemain Gratisan

Latihan Barcelona Jelang Liga Champions vs Viktoria Plzen
Barcelona (Photo by Michal Cizek / AFP)

Barcelona sudah tak mungkin membeli pemain kecuali menjual pemain yang ada sekarang. Maka itu, Barca mungkin tak aktif di bursa transfer Januari ini.

Barcelona pun sudah puas dengan skuad juga pembelian yang dilakukan di awal musim. Pelatih Barca, Xavi Hernandez pun sudah puas dengan kualitas skuad yang dimilikinya.

Maka itu, Barca hanya akan mengincar pemain gratisan. Itupun akan dilakukan pada akhir musim nanti.

Seperti dilansir sportskeeda, Barcelona dikabarkan tertarik untuk datangkan gelandang Manchester City Ilkay Gundogan. Gelandang asal Jerman itu tak terikat kontrak di akhir musim nanti.

Sebelumnya, Barca juga selalu incar pemain gratisan. Di awal musim, Barcelona memboyong empat pemain yaitu Andreas Christensen, Franck Kessie, Marcos Alonso dan Hector Bellerin dengan gratis.


Target Lain

Foto: Siap-siap, 7 Gelandang Top Liga Inggris Ini Bakal Jadi Rebutan Musim Depan Karena Berstatus Bebas Transfer
Ilkay Gundogan. Gelandang Jerman berusia 31 tahun ini akan mengakhiri kontrak keduanya yang berdurasi 3 tahun bersama Manchester City pada akhir musim 2022/2023. Ia didatangkan pada awal musim 2016/2017 dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer 27 juta euro dengan durasi kontrak 4 tahun. Hingga kini ia telah tampil dalam 266 laga bareng The Citizens di semua ajang dengan torehan 51 gol dan 34 assist. Kabarnya Barcelona siap menampungnya musim depan. (AFP/Lindsey Parnaby)

Selain Gundogan, yang dinilai masih berkualitas, Barca juga mengincar pemain gratisan lainnya yaitu gelandang Chelsea, Ngolo Kante. Chelsea saat ini sayangnya sudah siap memperpanjang kontraknya.

Inilah mengapa fokus saat ini dialihkan ke Gundogan. Man City pun sepertinya tak berniat untuk memperpanjang kontrak gelandang asal Jerman itu.

Gundogan musim lalu jadi pahlawan bagi Man City. Dia menjadi penentu lewat golnya di laga terakhir City saat bersaing dengan Liverpool.

"Sebuah trofi untuk City, musim yang tak akan saya lupakan. Saya diberkati di perjalanan ini. Terimakasih Manchester," kata Gundogan musim lalu.

Infografis  Barcelona
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya