Pemain Berbasis Luar Negeri Timnas Indonesia Bidik Tiket Piala Asia U-23 2024

Pemain yang mengadu nasb di luar negeri bergabung dengan pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-23, Kamis (7/9/2023). Mereka ikut memulai persiapan untuk mengikuti kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 07 Sep 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 22:00 WIB
Timnas Indonesia vs Burundi
Elkan Baggott sudah berlatih dengan rekan-rekannya di timnas U-23 Indonesia. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain yang mengadu nasb di luar negeri bergabung dengan pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-23, Kamis (7/9/2023). Mereka ikut memulai persiapan untuk mengikuti kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

Elkan Baggott (Ipswich Town), Rafael Struick (Ado Den Haag), Ivar Jenner (FC Utrecht), dan Marselino Ferdinan (K.M.Z.K Deinze) memulai latihan di Stadion Sriwedari setelah meninggalkan negara tempat menimba karier. Mereka menyusul Pratama Arhan (Tokyo Verdy) yang sudah tiba sejak hari pertama TC.

"Kabar saya baik sekali, latihan juga baik, tadi latihan set piece, pemulihan dan fisik," ungkap Elkan dilansir situs resmi PSSI.

Timnas U-23 Indonesia bakal menghadapi Chinese Taipei (9 September) dan Turkmenistan (12) September pada persaingan Grup K. Turkmenistan mengalahkan Chinese Taipei 4-0 pada laga pertama, Rabu (6/9/2023). 

"Melihat lawan, Turkmenistan kemarin menang dengan jumlah gol yang banyak, dan mereka punya pemain berbahaya, nomor 11 (Shamammet Hydyrow). Jadi kita harus waspada dan hati-hati dalam bermain melawan mereka," tutur Elkan.

"Kedua tim lawan kami itu menunjukkan kualitas yang baik, jadi kami harus siap melawan mereka," sambungnya. "Kami berharap bisa lolos dari kualifikasi ini dan melaju ke turnamen utama tahun depan.".


Timnas Indonesia U-23 Fokus ke Chinese Taipei

Timnas Indonesia Vs Timnas Palestina
Rafael Struick. (Dok. PSSI)

Rafael mengusung misi serupa. Meski sedikit kelelahan karena menempuh perjalanan panjang menuju Indonesia, dia ingin membawa Garuda Muda lolos ke Qatar tahun depan.

"Melihat dua lawan kami, saya melihat laga mereka berdua kemarin, hasilnya 4-0 untuk kemenangan Turkmenistan, mungkin kami akan fokus lebih dahulu ke lawan pertama (Chinese Taipei). Saya berharap kami bisa memenangkan laganya. Lalu baru fokus ke lawan berikutnya, Turkmenistan."

"Sama dengan teman-teman yang lain saya juga berharap bisa lolos dari babak kualifikasi ini dan bermain di Piala Asia U-23 tahun depan," tutup Rafael.

Timnas Indonesia mengusung misi penting di kualifikasi Piala Asia U-23. Skuad racikaan Shin Tae-yong diharapkan mampu tembus ke putaran final yang diagendakan berlangsung di Qatar pada 2024.

Pasalnya, penampilan di Piala Asia U-23 Qatar menjadi langkah penting bagi Timnas Indonesia jika ingin memperbesar peluang berpartisipasi dalam ajang multi event terbesar Olimpiade Paris 2024.

Demi mewujudkan hal tersebut, skuad Garuda Muda pun wajib finis sebagai juara grup di kualifikasi Piala Asia U-23. Kalau pun gagal, anak-anak asuh Shin Tae-yong setidaknya harus bisa mengamankan tempat sebagai empat runner-up terbaik.


Daftar Pemain Timnas U-23 Indonesia

Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta
Striker Timnas Indonesia U-23 Ramadhan Sananta menjadi pemain yang paling cepat hadir karena tak perlu berangkat ke Solo. Dia memang main di Persis Solo sehingga bisa langsung gabung dengan skuad (dok: PSSI)

1. Rafael William Struick - Ado Den Haag

2. Arkhan Fikri - Arema FC

3. Muhammad Dzaky Asraf - PSM Makassar

4. Nuri Agus Wibowo - Bekasi FC

5. Titan Agung Bagus Fawwazi - Bhayangkara Presisi FC

6. Komang Teguh Trisnanda - Borneo FC

7. Muhammad Fajar Fathur Rachman - Borneo FC

8. Daffa Fasya Sumawijaya - Borneo FC

9. Muhammad Taufany Muslihuddin - Borneo FC

10. Ivar Jenner - FC Utrecht

11. Elkan William Tio Baggott - Ipswich Town

12. Marselino Ferdinan - K.M.Z.K Deinze

13. Ernando Ari Sutaryadi - Persebaya Surabaya

14. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung

15. Rizky Ridho Ramadhani – Persija Jakarta

16. Muhammad Ferarri – Persija Jakarta

17. Doni Tri Pamungkas – Persija Jakarta

18. Muhammad Rayhan Hannan – Persija Jakarta

19. Ilham Rio Fahmi – Persija Jakarta

20. Muhammad Akbar Arjunsyah – Persija Jakarta

21. Witan Sulaeman – Persija Jakarta

22. Jeam Kelly Sroyer – Persik Kediri

23. Muhammad Ramadhan Sananta – Persis Solo

24. Alfeandra Dewangga Santosa – PSIS Semarang

25. Victor Benjamin Dethan – PSM Makassar

26. Hokky Caraka Bintang Bryliant – PSS Sleman

27. Pratama Arhan Alif Rifai - Tokyo Verdy

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya