Barcelona Digilas Girona 2-4, Xavi dan Ilkay Gundogan Kompak Ungkap Penyebab Kekalahan Telak di Liga Spanyol

Xavi Hernandez menilai kesalahan fatal ini membuat Barcelona harus menelan kekalahan telak lawan rival sekota Girona pada pekan ke-16 Liga Spanyol. Apa kata Gundogan?

oleh Defri Saefullah diperbarui 11 Des 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 08:00 WIB
Liga Spanyol Barcelona vs Girona
Empat gol Girona masing-masing dicetak oleh Artem Dovbyk, Miguel Gutierrez, Valery Fernandez, dan Cristhian Stuani. (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona harus menanggung malu karena kalah 2-4 dari Girona pada derby Katalunya Liga Spanyol di stadion Olimpic Lluis Companys, Senin (11/12/2023) dini hari WIB. 4 gol Girona dicetak Artem Dovbyk ( menit ke-12), Miguel Gutierrez (40), Valery Fernandez (80) dan Cristian Stuani (90+5).

Sedangkan Barcelona hanya mampu memperkecil kekalahan lawan Robert Lewandowski (19) dan Ilkay Gundogan (90+2). Kekalahan ini membuat Barca terjun ke posisi empat klasemen Liga Spanyol.

Usai pertandingan, pelatih Barcelona Xavi Hernandez tampak sangat kecewa. Dia kompak untuk mengungkapkan penyebab kekalahan Barca di pekan ke-16 Liga Spanyol itu.

"Kesalahan di pertahanan sudah memakan korban. Hal seperti itu merupakan detail yang penting," kata Xavi seperti dikutip marca.

"Hari ini kami kalah karena kesalahan-kesalahan di pertahanan. Secara kolektif, kami tidak bertahan sesuai yang diharapkan," Ilkay Gundogan menambahkan usai kekalahan lawan Girona.

Ini menjadi kekalahan kedua Barcelona di kandang sendiri pada La Liga Spanyol musim ini. Sebelumnya, Barca kalah 1-2 lawwan Real Madrid di El Clasico.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Barcelona Pantas Kalah di Derby Katalunya

Liga Spanyol Barcelona vs Girona
Barca sendiri sempat mencetak gol lewat aksi Robert Lewandowski dan Ilkay Gundogan. (AP Photo/Joan Monfort)

Sedangkan gelandang Barcelona Frenkie de Jong mengakui timnya pantas kalah dari Girona. Kekalahan ini membuat harapan Barcelona untuk mendekat puncak klasemen menjadi semakin jauh.

Padahal sebelum laga digelar, ini diharapkan menjadi kans bagi Barcelona untuk mendekati Real Madrid dan Girona. Tapi yang terjadi malah sebaliknya.

"Ini kekalahan menyakitkan yang harus diterima, tapi kami memang gak bagus. Girona main sangat baik dan ini kesalahan kami," ujarnya.

 


Frenkie de Jong Juga Salahkan Diri Sendiri

Liga Spanyol Barcelona vs Girona
Reaksi penyerang Barcelona Lamine Yamal (kanan) setelah pertandingan jornada ke-16 La Liga Spanyol menjamu Girona di Olimpic Lluis Companys, Senin (11/12/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Tak seperti Gundogan, Frenkie de Jong lebih memilih untuk salahkan diri sendiri. Dia menyoroti bukan pertahanan saja yang salah.

"Kami tak berada di level yang kami inginkan. Kami tak bagus menguasai bola, termasuk diri saya snediri. Itu sudah merugikan kami," ujarnya.

"Kami tertinggal 7 poin, tapi masih ada lebih dari setengah musim. Kami harus berbenah."

 


Susunan Pemain Barcelona vs Girona di Liga Spanyol

Liga Spanyol Barcelona vs Girona
Barcelona secara mengejutkan ditaklukkan tamunya Girona 2-4. (AP Photo/Joan Monfort)

 

BARCELONA (4-3-3): Inaki Pena; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Joao Cancelo; Frenkie de Jong, Ilkay Gundogan, Pedri; Raphinha, Robert Lewandowski, Joao Felix.

GIRONA (3-4-2-1): Paulo Gazzaniga; Eric Garcia, David Lopez, Daley Blind; Yan Couto, Ivan Martin, Aleix Garcia, Miguel Gutierrez; Viktor Tsygankov, Savio; Artem Dovbyk.


Peringkat Barcelona dan Girona

Barcelona vs Girona
Pemain Girona merayakan gol ketiga ke gawang Barcelona dalam laga jornada 16 La Liga Spanyol di Estadi Olimpic Lluis Companys, Senin (11/12/2023) dini hari WIB. Girona menang 4-2 atas Barcelona. (Pau BARRENA / AFP)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya