Lama Nganggur Usai Pisah dengan Manchester United, David de Gea Siap Pensiun?

David de Gea belum kunjung menemukan klub baru usai hengkang dari Manchester United musim panas lalu. Rumor menyebut kiper asal Spanyol mempertimbangkan potensi pensiun menyusul perpisahannya dengan Setan Merah.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 02 Jan 2024, 17:36 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2024, 17:00 WIB
David de Gea - Manchester United - Liga Inggris
Eks kiper Manchester United David de Gea belum kunjung menemukan klub baru usai berpisah dari Setan Merah pada musim panas 2023. (Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Mantan kiper legendaris Manchester United David de Gea tak kunjung mendapatkan klub baru. Walhasil, ia dirumorkan berpotensi mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola usai berpisah dari Setan Merah.

Seperti diketahui, David de Gea sejatinya dikenal sebagai salah satu pemain paling loyal di Old Trafford. Ia tercatat menghabiskan waktu 12 tahun membela Manchester United, sebelum hengkang dengan status bebas transfer pada musim panas 2023.

Laporan sebelumnya mengungkap Setan Merah sempat berencana mempertahankan De Gea. Kedua pihak bahkan sudah menyetujui persyaratan kontrak baru, yang membuat pemain Spanyol bakal menerima pemotongan gaji dari bayaran 375.000 poundsterling per pekan selama di Old Trafford.

Akan tetapi, klub raksasa Liga Inggris secara mengejutkan malah mengambil manuver berbeda terhadap David de Gea. Mereka menarik diri dari kesepakatan dan berburu sosok penganti lewat eks kiper Inter Milan Andre Onana.

Sejumlah klub sebenarnya sudah mencoba menggaet De Gea usai tak menjadi bagian dari MU. Metro menyebut mantan penjaga gawang Atletico Madrid hendak didapuk sebagai pengganti Onana di Nerazzurri, tetapi kesempatan itu ditolak oleh sang pemain.

Ketertarikan tim-tim Arab Saudi terhadap kiper legendaris Manchester United pun tak bersambut baik. De Gea enggan meninggalkan keluarganya yang tak siap mengikuti dia hijrah ke Timur Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Diisukan Pulang ke MU

Foto: 5 Transfer Pemain yang Berujung Kegagalan
Kiper Manchester United, David de Gea, saat melawan Liverpool pada laga persahabatan di Stadion Rajamangala, Bangkok (12/7/2022). De Gea gagal pindah dari MU ke Real Madrid lantaran mesin faks yang rusak sehingga dokumen keperluan transfer De Gea tidak sampai ke Los Blancos. (AFP/Manan Vatsyayana)

Belum lama ini, Setan Merah juga sempat dirumorkan ingin membawa pulang David de Gea ke Old Trafford. Hal itu menyusul performa kiper barunya Andre Onana yang masih kurang menjanjikan di bawah mistar gawang.

Belum lagi, penjaga gawang asal Kamerun juga berpotensi absen lama dari MU lantaran dipanggil membela Timnas Kamerun di putaran final Piala Afrika 2024. Kondisi tersebut memicu spekulasi Setan Merah bakal merekrut kembali De Gea sebagai pengganti sementara kiper nomor satunya.

Akan tetapi, potensi perekrutan kembali David de Gea belakangan ditepis oleh juru taktik MU Erik ten Hag. Pria asal Belanda mengaku yakin dengan kiper pelapis Altay Bayindir dan Tom Heaton, sehingga tidak perlu mencari tambahan tenaga darurat.

"Kami memiliki beberapa kiper yang kuat dengan (Altay) Bayindir dan Tom (Heaton), jadi kami merasa nyaman. Tentunya kami berharap Onana bisa tampil semaksimal mungkin. Namun jika tidak, kami punya dua kiper bagus yang bisa menggantikannya," ujar Ten Hag seperti dikutip dari Tribal Football.


De Gea Pertimbangkan Pensiun?

Foto: Melihat Kembali Aksi-Aksi Heroik David De Gea di Bawah Mistar Gawang Manchester United
Kiper Manchester United, David de Gea, berusaha menghalau bola saat melawan Arsenal pada laga Liga Inggris di Stadion Emirates (2/12/2017). (AFP/Ian Kington)

Buntut dari situasinya yang menganggur, David de Gea diklaim berpeluang mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola. Laporan The Athletic via Metro mengeklaim pemain Spanyol memang sudah mempertimbangkan dengan serius potensi pensiun pasca hengkang dari Old Trafford.

David de Gea juga disebut membuat pertimbangan serupa ketika jendela transfer musim panas berakhir pada September 2023 lantaran menilai upaya klub-klub untuk berburu kiper pilihan pertama baru sudah selesai.

Meski sempat dikaitkan dengan kepindahan ke klub Premier League Newcastle United menyusul cederanya Nick Pope, eks kiper MU tak ingin menjadi pemain pengganti memasuki tahun-tahun terakhir kariernya.

Oleh sebab itu, De Gea memilih mempertimbangkan rencana gantung sarung tangan dalam beberapa waktu mendatang, dengan Metro mengekklaim hanya tawaran menarik dari Amerika Serikat atau klub bergengsi Eropa yang bisa menggoda dia untuk mengambil jalan berbeda.


Peringkat Manchester United

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya