Gelandang Veteran Irak Ungkap Kekhawatiran Terbesarnya saat Bertemu Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak pada laga penyisihan grup D Piala Asia 2023.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 15 Jan 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2024, 17:30 WIB
Osama Rashid
Gelandang timnas Irak, Osama Rashid mengingatkan rekan-rekannya agar mewaspadai timnas Indonesia pada pertandingan Piala Asia 2023. (AFP/Hussein Faleh)

Liputan6.com, Jakarta Irak boleh saja dominan atas Timnas Indonesia. Namun, gelandang Singa Mesopotamia, Osama Rashid tetap mewaspadai potensi ancaman dari skuad Garuda saat kedua tim bertemu di Piala Asia 2023 ini. 

Kedua tim seperti diketahui akan mengawali persaingan di grup D pada Senin (15/1/2024). Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, mulai pukul 21.30 WIB. 

Ini merupakan pertemuan pertama kedua negara di ajang Piala Asia. Namun sebelumnya, kedua negara sudah berulang kali bertemu di berbagai ajang di mana timnas Irak belum pernah kalah dari Indonesia.

Dari tujuh pertemuan sebelumnya, Irak memenangkan enam laga dan sekali hasil imbang. Terakhir, Irak menang 5-1 atas Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2026 di Barsa International Stadium. 

Rashid yang juga tampil dalam duel ini Irak bertahan dengan sangat baik. Kedisiplinan para pasukan Jesus Casas membuat para pemain Indonesia kesulitan menembus hingga ke kotak penalti mereka. 

Meski demikian, Rashid menganggap Indonesia bukanlah lawan mudah. Sebaliknya, pemain yang sudah memperkuat Irak di Piala Asia sejak 2015 tersebut melihat potensi bahaya dari skuad Merah Putih. 

"Kami pikir, ini tidak akan muda. Kami harus fokus sepenuhnya karena di Basra kami bermain melawan mereka dan kami menang karena pertahanan kami sangat bagus," ujarnya dilansir dari situs AFC. 

"Namun mereka (timnas Indonesia) hanya sekali masuk ke kotak penalti dan mereka mencetak gol dari situ, jadi kami harus sangat berhati-hati," beber pemain berusia 32 tahun tersebut menambahkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Enggan Anggap Enteng Timnas Indonesia

Timnas Irak vs Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi pemain Timnas Irak, Bashar Rasan (dua kiri) setelah mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia dalam laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Basra International Stadium, Irak, Kamis (16/11/2023) malam WIB. (AFP/Hissein Faleh)

Pada pertengahan November lalu, Irak memang tampil sangat dominan atas Indonesia. Rashid yang ikut tampil dalam duel ini juga berhasil membukukan satu gol pada menit ke-60. Sementara satu-satunya gol balasan dari skuad Merah Putih dipersembahkan oleh Shayne Pattynama di babak pertama.

"Ini akan jadi pertandingan yang sangat sulit. Sami sudah menghadapi mereka di Basra dan mengalahkan mereka 5-1, jadi ini agak berbahaya karena mudah berpuas diri dan karena mereka juga mengenal kami dengan baik sekarang,” kata Rashid mengingatkan rekan-rekan setimnya yang lain. 


Pesan untuk Pemain Muda Irak

Timnas Irak vs Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia, Dimas Dradjad (tengah) berusaha mengambil bola dari pemain Timnas Irak dalam laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Basra International Stadium, Irak, Kamis (16/11/2023) malam WIB. (Dok. PSSI)

Osama Rashid merupakan salah seorang pemain paling senior di timnas Irak. Tahun ini merupakan Piala Asia ketiganya setelah pertama kali tampil pada tahun 2015 lalu di Australia. Rashid kembali tampil Irak melaju ke semifinal Piala Piala Asia 2019 yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

"Bagi saya, merupakan suatu kehormatan besar bisa bermain di turnamen seperti ini. Kunjungan pertama saya pada tahun 2015 di Australia adalah pengalaman yang luar biasa dan kami melakukan pekerjaan dengan baik, kemudian saya bermain lagi di UEA 2019," kata Osama Rashid. 

"Sekarang adalah yang ketiga dan ini merupakan suatu kehormatan besar. Saya coba jelaskan hal ini kepada rekan-rekan yang baru saja memainkan Piala Asia pertama mereka. Saya mengatakan kepada mereka untuk menikmati pengalaman ini dan melakukan segalanya membahagiakan rakyat Irak."


Indonesia Andalkan Serangan Balik

Timnas Indonesia seperti diketahui masuk grup D pada Piala Asia 2023. Selain Irak, grup ini juga dihuni tim kuat lainnya, yakni Jepang dan Vetnam. Hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang otomatis lolos ke babak 16 besar. Sementara empat tim lainnya berasal dari posisi ketiga terbaik.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong telah menyiapkan strategi yang tepat untuk pasukannya. Menyusul kekalahan di tiga uji coba sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu berusaha untuk lebih realistis. 

"Ke depannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kami akan melatih situasi itu agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik, " katanya. 

Shin Tae-yong sendiri telah memanggil 26 nama, termasuk kiper Nadeo Argawinata yang belakangan dipanggil untuk menggantikan Syahrul Trisna. Ini jadi perubahan kedua pada skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 setelah sebelumnya STY memasukkan Adam Alis untuk menggantikan Saddil Ramdani.

Jangan lewatkan jadwal lengkap timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dan dapatkan informasinya lewat tautan ini. 

  

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya