Komisi X DPR RI Setujui Naturalisasi 2 Calon Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk dan Jens Raven

Komisi X DPR RI resmi memberi persetujuan untuk naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam rapat Komisi X pada Senin (3/6/2024).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 03 Jun 2024, 14:03 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 14:03 WIB
Calvin Verdonk
Calon pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk (tengah) telah mengantongi persetujuan dari Komisi X DPR RI untuk menjalani pross naturalisasi menjadi WNI. Keputusan ini diberikan ketika Calvin Verdonk dan Jens Raven hadir dalam rapat Komisi X DPR RI pada Senin (3/6/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta Komisi X DPR RI resmi memberikan persetujuan untuk proses naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Keputusan tersebut diberikan dalam rapat Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang digelar di Gedung DPR RI Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (3/6/2024) pagi WB.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo serta Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi turut hadir secara langsung mendampingi Calvin Verdonk yang mengenakan batik bernuansa hitam selama rapat.

Sementara itu, pemain muda Jens Raven hadir melalui sambungan daring sembari didampingi oleh Dirtek PSSI Indra Sajfri serta Bima Sakti yang tengah memimpin persiapan Timnas Indonesia U-20 jelang mengikuti Toulon Cup 2024 di Prancis.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaaraan Republik Indonesia atas nama Saudara Calvin Ronald Verdonk dan Saudara Jens Raven, dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan Republik Indonesia, ditetapkan oleh instasi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku" ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian saat memimpin rapat, Senin (3/6/2024).

"Komisi X DPR RI mendorong pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional. Selanjutnya, hasil rapat kerja hari ini akan disampaikan dalam rapat paripurna DPR RI untuk diambil keputusan," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Calvin Verdonk Sudah Ikut Latihan Timnas Indonesia

Calvin Verdonk - Latihan Timnas Indonesia
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Calvin Verdonk melakukan peregangan saat mengikuti sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024) pagi WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sekadar informasi, Calvin Verdonk sebelumnya telah dipanggil untuk ikut serta dalam sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina.

Meski belum resmi berstatus sebagai WNI, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong diklaim ingin lebih dulu memantau kondisi sang pemain jelang pengintegrasian dia ke dalam skuad Garuda.

"Saya perlu sampaikan bahwa hari ini, Verdonk sudah ikut latihan dengan timnas. Memang itu keinginan Pak Ketum PSSI (Erick Thohir), tentu atas permintaan Shin Tae-yong, agar Verdonk bisa bergabung, dan Alhamdulillah pagi ini sudah bergabung," ungkap Ketua BTN PSSI Sumardji dalam sesi latihan Timnas Indonesia, Jumat (31/5/2024), seperti dikutip dari Antara.

"Tujuannya (Verdonk ikut latihan) supaya Coach Shin tahu kondisi dia dan dia bisa menyatu (dengan tim), sambil menunggu proses naturalisasi yang sedang dilakukan federasi," imbuhnya.


Jens Raven Dipanggil ke Prancis

Jens Raven bersama empat pemain keturunan Indonesia.
Jens Raven bersama empat pemain keturunan Indonesia. (Bola.com/Dok.Instagram Jens Raven).

Sementara itu, Jens Raven sendiri menjadi satu dari lima pemain keturunan yang dipanggil oleh Tmnas Indonesia U-20 untuk mengikuti persiapan jelang Toulon Cup 2024.

Skuad Garuda Nusantara dijadwalkan berpartisipasi dalam kompetisi sepak bola muda yang dijadwalkan berlangsung di Prancis mulai 4 hingga 16 Juni mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya