Filipina Janji Repotkan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Filipina berambisi menyulitkan Indonesia pada laga pamungkas Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kedua tim dijadwalkan bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024).

oleh Harley Ikhsan diperbarui 08 Jun 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2024, 17:30 WIB
Timnas Indonesia vs Filipina
Pemain belakang timnas Indonesia, Rizky Ridho Ramadhani (kanan) berebut bola dengan Manuel OTT (Filipina) pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia itu berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (21/11/2023). (JAM STA ROSA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Filipina berambisi menyulitkan Indonesia pada laga pamungkas Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kedua tim dijadwalkan bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Meski sudah pasti gagal melangkah ke fase berikutnya, Azkals bertekad mencuri hasil sebagai modal di masa depan. Timnas Indonesia sendiri membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak ketiga kualifikasi.

"Filipina akan bermain sebaik mungkin, meski Indonesia juga sangat kuat dan lapar kemenangan," kata Saintfiet dikutip situs resmi AFC.

Saintfiet dan Filipina sudah membuktikan semangat pantang menyerah pada laga sebelumnya melawan Vietnam, Kamis (6/6/2024). Bertanding di My Dinh National Stadium, Azkals sempat memimpin melalui Patrick Reichelt ('62).

Vietnam kemudian membalikkan kedudukan melalui Nguyen Tien Linh ('65, 76), sebelum Filipina menyamakan kedudukan lewat Kevin Ingreso ('89). Vietnam akhirnya memastikan tiga angka berkat Pham Tuan Hai ('90+5).

“Kami memiliki banyak serangan berbahaya. Hasil paling masuk akal adalah hasil imbang," ungkap pelatih 51 tahun asal Belgia itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Timnas Indonesia Butuh Kemenangan atas Filipina

Timnas Indonesia vs Irak: Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat (tengah) berebut bola dengan pemain Irak, Bashar Resan pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia dalam posisi ini setelah menderita kekalahan 0-2 dari Irak, Kamis (6/6/2024). Hasil minor ini ditandai kartu merah bagi Jordi Amat dan blunder kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Menanggapi ini, pelatih Indonesia Shin Tae-yong Shin Tae-yong langsung pasang badan. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai permainan Jordi masih cemerlang, terlepas dari blunder yang dibuatnya saat menjamu Irak. 

Shin Tae-yong juga menilai tak ada faktor usia di balik kesalahan sang pemain. Pelatih Timnas Indonesia pun meyakini Jordi bakal segera melakukan introspeksi demi memperbaiki kesalahannya di pertandingan mendatang. 

"Saya melihat Jordi adalah pemain terbaik dan saya tidak melihat kesalahan-kesalahan tersebut sebagai faktor usia," ucap STY dalam konferensi pers selepas pertandingan, Kamis (6/6/2024). 

"Kalau kita lihat secara keseluruhan, ya Jordi hari ini sebenarnya sangat baik. Hanya saja kesalahan terakhir itu yang membuat tim kita sulit karena mendapat kartu merah. Namun, untuk kesalahan itu, pemain kita Jordi akan cek dan evaluasi dirinya sendiri," tambah dia.


Kondisi Ernando Ari

Ernando Ari Sutaryadi
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi ditenangkan teman-temannya setelah pertandingan kontra Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024) sore WIB. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong juga sempat membeberkan kondisi kiper Ernando Ari Sutaryadi selepas kekalahan Timnas Indonesia di SUGBK. Sang pemain diklaim amat merasa bersalah, sehingga STY memilih untuk tak mengajaknya bicara selama beberapa waktu, hingga kondisinya kembali normal. 

"Saya melihat memang Nando merasa bersalah sendiri," beber Shin Tae-yong kepada awak media.

"Hari ini dan besok saya tidak akan berbicara apa-apa dulu karena Nando adalah salah satu pemain yang bisa berpikir dalam. Jadi dua sampai tiga hari kemudian, pasti Nandi bisa kembali normal," imbuhnya.

Infografis Head to Head Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Infografis Head to Head Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya