Kejuaraan Tenis Bertaraf Internasional Digelar di Bali, Petenis Indonesia Dapat Pengalaman Berharga

Petenis Indonesia belum bisa juara. Namun banyak pengalaman berharga yang bisa dipetis dari petenis internasional.

oleh Thomas diperbarui 01 Sep 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 22:00 WIB
Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024
Para juara Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024

Liputan6.com, Jakarta- Kejuaraan tenis bertaraf internasional ‘Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024’ diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, mulai 25 Agustus hingga 25 September 2024. Pada ajang ini, petenis-petenis putra Indonesia bisa memetik pengalaman berharga karena dapat berhadapan dengan petenis level global.

Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 merupakan bagian dari rangkaian turnamen tetap International Tennis Federation (ITF). Ajang ini dihelat dalam empat series dengan dua kategori yaitu M15 dan M25.

Ada sekitar 300 petenis nasional dan internasional yang ikut serta. Dari Indonesia, ada nama-nama seperti Christopher Rungkat, Rifqi Fitriadi, hingga Nathan Barki. Sedangkan petenis internasionalnya seperti Omar Jasikayang berperingkat 248 dunia, Jay Clarke, dan Blake Ellis.

Seri pertama dimulai pada 25 Agustus hingga 1 September 2024 pada kategori M15 dengan total hadiah sebesar USD15.000. Turnamen ini akan berlanjut ke seri kedua di kategori M25, dengan total hadiah USD 25.000, pada 2 hingga 8 September 2024, dan disusul seri ketiga pada 9 hingga 15 September 2024. Seri penutup dari rangkaian kompetisi Amman Men's World Tennis Championship 2024 akan digelar pada 16 hingga 25 September 2024 di kategori M15.

Kompetisi tenis bertaraf internasional ini sebelumnya terus diselenggarakan di Jakarta. Di tahun 2024 ini, Bali dipilih menjadi tuan rumah. Lani Sardadi, Direktur Turnamen Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024, menjelaskan bahwa perpindahan lokasi ini didasari oleh berbagai pertimbangan.

 ”Dengan adanya kompetisi tenis bertaraf internasional di Nusa Dua, Bali, diharapkan potensi pariwisata dan ekonomi di Pulau Dewata akan semakin terangkat melalui pariwisata olahraga (sport tourism). Kami juga tentunya berharap dengan adanya pergantian suasana, semangat dan performa para atlet tenis Indonesia yang bertanding semakin baik, sehingga dapat meningkatkan prestasi mereka di kompetisi taraf internasional ini,” ujar Lani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Para Juara Amman Mineral Men

Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024
Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024

Pada Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 Seri I, petenis Indonesia belum berhasil juara di kandang sendiri baik di sektor tunggal maupun ganda.

Pada tunggal putra yang finalnya berlangsung Minggu (1/9/2024), Omar Jasika yang keluar sebagai pemenang. Pria Australia itu mengalahkan Max Basing dari Inggris dengan tiga set, 6-3, 3-6, 7-6(2).

Dengan raihan gelar juara yang pada ajang Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 seri pertama, Omar Jasika berhak atas hadiah sebesar USD 2.160 yang diserahkan oleh Ari Respati dari pihak IDTC dan juga Ketua Umum PP. Pelti Nurdin Halid, yang turut menyaksikan langsung jalannya final.

Sementara sebagai runner up Max Basing dari Inggris mengantongi hadiah prize money 1.272 dan juga trofi dari pihak penyelenggara.


Hadiah Juara

Sedangkan pada ganda putra yang partai puncaknya digelar Sabtu, Tibo Colson (Belgia)/Thijmen Loof (Belanda) mengunci gelar juara setelah mengalahkan Imai (Jepang)/Moerani Bouzige (Australia) 6-4, 6-3.

Tibo/Thijmen meraih hadiah uang senilai 930 dolar Amerika Serikat dan trofi, sedangkan Shintaro Imai/Moerani Bouzige memperoleh USD 540.

”Sejalan dengan visi perusahaan dalam menciptakan warisan terbaik, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif, salah satunya melalui olahraga. Melalui kejuaraan ini, kami berharap dapat membawa generasi muda Indonesia ke panggung global dan membuka peluang bagi petenis Indonesia untuk bersaing di level dunia,” ujar Vice President Corporate Communications and Investor Relations Amman, Kartika Octaviana.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya