Sebelum Latih Middlesbrough, Karanka Minta Saran Mourinho

Karanka dan Mourinho pernah bekerjasama di jajaran kepelatihan Real Madrid.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 13 Nov 2013, 22:28 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2013, 22:28 WIB
aitor-karanka-mou-131113c.jpg

Sosok Jose Mourinho nampaknya masih sangat berjasa di hidup Aitor Karanka. Meski sudah berpisah usai dibebastugaskan Real Madrid akhir musim lalu, Karanka tetap menjalin hubungan baik dengan Mourinho yang kini dipercaya menangani Chelsea.

Di Madrid dulu, posisi Karanka adalah asisten Mourinho yang menjabat sebagai pelatih kepala Los Galacticos. Namun kini, Karanka sudah meningkatkan kariernya dengan menjadi manajer Middlesbrough, tim yang musim ini bermain di ajang Liga Championship (divisi dua liga Inggris).

Namun sebelum mengambil jabatan tersebut, Karanka rupanya lebih dulu meminta saran pada Mourinho. Diakuinya, Mourinho sangat mendukung apabila Karanka ingin bekerja sebagai manajer tim berjuluk The Boro tersebut.

"Dia orang yang telah mendukung saya. Saya telah bicara dengannya dan dia merekomendasikan saya untuk datang ke sini (Inggris). Dia percaya proyek ini cocok untuk saya," kata Karanka pada Metro.co.uk.

"Dalam tiga tahun ke belakang, saya ada bersama Mourinho dan dia selalu memberikan dukungan setiap hari. Anda dapat mempelajari banyak hal darinya. Dia adalah orang yang hebat," ucap Karanka lagi.

Menanggapi jabatan barunya tersebut, Karanka mengaku gembira. Meski klub yang dilatihnya bermain di divisi dua, ia tetap menanggap jabatannya ini sebagai pencapaian terbaik dalam kariernya.

"Ini adalah hari yang penting bagi saya. Ini merupakan pekerjaan pertama saya dan itu merupakan hal terbaik yang bisa saya lakukan untuk klub. Di sini seperti sebuah keluarga besar dengan fasilitas yang memadai," ujarnya.

Tugas pertama Karanka terbilang cukup berat. Pria berusia 40 tahun itu diharuskan untuk mengangkat posisi Middlesbrough yang saat ini masih terpuruk dengan bertengger di peringkat 16 klasemen. (Van)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya