Kumpulan Hoaks The Simpsons, Prediksi Vaksin Hingga Kematian Donald Trump

The Simpsons menjadi salah satu serial kartun yang kerap menjadi sasaran para pembuat hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 08 Jan 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2022, 11:00 WIB
ilustrasi Hoax
ilustrasi hoaks The Simpsons (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - The Simpsons menjadi salah satu serial kartun yang kerap menjadi sasaran para pembuat hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang terkait The Simpsons? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Cuplikan Film The Simpsons Ini Mengungkap Penyebaran Chemtrails

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim penyebaran racun udara atau chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook pada 17 Desember 2021.

Klaim penyebaran racun udara atau chemtrails diungkap dalam film The Simpsons berupa video yang menampilkan tokoh dalam film tersebut Marge Simpson sedang melihat pesawat terbang mengeluarkan asap. Pada cuplikan tersebut terdapat tulisan:

"THE SIMPSONS RELEVATION METHOD ON CHEMTRAILS".

Video kemudian dilanjutkan dengan tayangan keluarga Simpsons menyaksikan pesawat terbang yang mengeluarkan asap, dalam tauang tersebut terdapat tulisan

"mereka menaruhnya di film kartunmu jangan anggap gurauan".

Pada detik ke 13 video tersebut menampilkan sejumlah orang yang sedang mengoperasikan komputer berada dalam ruangan bertuliskan "CIA WATHER CONTROL".

Kemudian tanyang berikutnya menampilkan seorang yang sedang mengoperatori perangkat elektronik yang terdapat tulisan "CHEMTRAILS", tayangan dilanjutkan dengan sebuhan pesawat terbang mengeluarkan asap dan membuat langit hitam kemudian terihat angin bertiup merusak bangunan dan langit merah.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Film, game, koran, majalah, berita, buku, televisi, radio, internet itu semua kita sebut media. Artinya suatu pesan selalu disampaikan melalui media.Seperti telah kita maklumi bersama bahwa "invisible hands" yaitu para "penguasa dunia dibalik layar" (elit global) mereka juga telah menguasai media.

Media inilah sebenarnya tempat-tempat mereka menyampaikan pesan tersebut, baik pesan tersirat maupun tersurat, baik pesan yang samar- samar maupun terang-terangan.

Nah secara ilmiah cara ini disebut dengan METODE WAHYU (revelation method), sebagian ada juga yang menyebutnya Subliminal Message (pesan subliminal) atau sebut saja pesan tersembunyi yang mempengaruhi gelombang otak manusia dengan maksud mempengaruhi alam bawah sadar manusia, yaitu pesan rahasia dengan dengan racikan simbol maupun kode tertentu.

Kode ini sebenarnya hanya bisa diungkap oleh "orang dalam". Tetapi karena sudah banyak orang-orang yang mempelajari mereka, sehingga orang luar pun sekarang bisa membaca untuk memecahkan kode-kode tersebut.

Sebagian ada pula yang menyebutnya Predictive Programming atau prediksi yang terprogram. Ketika gedung WTC 911 runtuh banyak orang terkejut karena ternyata pada era-era sebelumnya gambaran tentang kehancurannya sudah tersebar diberbagai media baik secara terang- terangan maupun samar-samar.

Jadi apakah anda masih akan mengatakan, "Ah, itu cuma kebetulan?"".

Benarkah klaim penyebaran racun udara atau chemtrails telah diungkap dalam film The Simpsons? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar The Simpsons Telah Prediksi Adanya Vaksin Tahun 2021

Beredar di media sosial postingan kartun The Simpsons yang disebutkan telah memprediksi adanya peluncuran vaksin pada tahun 2021 hingga 2023. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun tersebut mempostingnya pada 10 Agustus 2021.

Dalam postingan tersebut, menayangkan selembar kertas di tangan Homer bertuliskan “The Vaxx will do its job within 2 years.”

Selain itu, di bagian bawah kalimat tersebut juga diberikan keterangan grafik numerik menurun 2021, 2022,dan 2023 yang dijumlahkan menjadi 666.

Akun tersebut juga menambahkan narasi, "The Simpson" Film Cartoon'y Amerika yg selalu meramal Kehidupan masa depan dan selalu terjadi"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi kehadiran vaksin tahun 2021? Simak dalam artikel berikut ini...

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hoaks Lainnya

Ilustrasi hoax
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

3. Cek Fakta: Viral Klaim Kartun The Simpsons Ramal Kejadian Tahun 2021, Benarkah?

Kartun The Simpsons kembali disebut-sebut meramalkan suatu peristiwa lewat tayangan serialnya. Yang terbaru, The Simpsons meramalkan peristiwa peperangan pada Januari 2021 mendatang.

Klaim ramalan tersebut viral di Facebook, satu di antaranya diunggah oleh akun Facebook Imman Berhimpong pada 16 November 2020 lalu.

Akun Facebook Imman Berhimpong mengunggah beberapa gambar tangkapan layar dari cuplikan serial The Simpsons. Dalam gambar tersebut, tampak Homer Simpsons duduk di atas atap rumah. Ia mengenakan baju besi dan memegang senjata laras panjang.

Pemandangan sekitarnya memperlihatkan hancurnya beberapa rumah. Ada juga yang terbakar dan mengeluarkan asap tebal.

Selain itu di gambar selanjutnya, terdapat robot raksasa yang berada di jalanan suatu kota. Suasana kota juga terlihat mencekam, rumah dan gedung-gedung tampak terbakar.

"Gan ada yang sudah nonton episode THE SIMPSONS yang ini? Seperti yang kita ketahui ramalan dari film kartun ini ada yang menjadi kenyataan tapi marilah kita bersama2 untuk menguatkan Iman Kita Dan Percaya semoga di tahun depan yaitu tepatnya di tanggal 20 januari tahun 2021 tidak terjadi apa2 dan bukanlah akhir dari dunia! 🙏

Sc : Reddit," tulis akun Facebook Imman Berhimpong.

Konten tentang ramalan The Simpsons yang disebarkan akun Facebook Imman Berhimpong telah 184 kali dibagikan dan mendapat 992 komentar warganet.

Lalu benarkah klaim tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

4. Cek Fakta: Tidak Benar Kartun The Simpsons Ramal Kematian Donald Trump pada 27 Agustus 2020

Kabar tentang kartun The Simpsons meramalkan kematian Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 27 Agustus 2020 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Kelvin Feriandi pada 27 Agustus 2020.

Akun Facebook Kelvin Feriandi mengunggah sebuah gambar kartun The Simpsons dengan karakter Presiden Donald Trump yang tengah melambaikan tangan. Dalam gambar tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

Hari ini adalah hari bersejarah, menurut ramalan kartun The Simpsons Presiden Amerika Donald Trump akan meninggal pada hari ini tepatnya 27 Agustus 2020.

"Kita pantau gengs :," tulis akun Facebook Kelvin Feriandi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Kelvin Feriandi telah 101 kali dibagikan dan mendapat 681 komentar warganet.

Lalu benarkah postingan tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya