Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kalian dengan 6 Cara Sederhana Ini

Menjadi orang yang kurang memiliki kepercayaan diri bisa menghambat tujuan hidupmu, loh. Cek tipsnya disini.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 28 Feb 2021, 12:57 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2019, 14:00 WIB
Berusaha Untuk Datang Tepat Waktu
Ilustrasi Wanita Karir Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Kepercayaan diri merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk seseorang agar dapat menonjol dan mendapatkan penghargaan diri dari orang lain. Kepercayaan diri juga dapat mendukung langkahmu menuju kesuksesan.

Berinteraksi dengan orang lain, mengikuti sebuah acara, mengobrol dengan orang asing, mempresentasikan ide kamu di tengah-tengah meeting, hampir semua memerlukan kepercayaan diri. Bagi kamu yang belum memiliki rasa percaya diri yang cukup, nampaknya perlu mengikuti deretan tips ini.

Dilansir dari brightside.me, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan saat sedang kehilangan rasa percaya diri.

1. Belajar untuk menerima pujian

Semua orang berbeda dalam menyikapi sebuah pujian. Ada orang yang berpura-pura tidak menyadari pujian tersebut dan bersikap malu karena merasa tidak yakin jika orang tersebut menemukan sesuatu yang baik pada diri kalian.

Hal ini merupakan hal yang salah dalam menanggapi orang yang memuji kita. Cara yang paling baik untuk menanggapi pujian dari seseorang adalah mengucapkan terima kasih kepadanya dan tersenyumlah.

Percayalah bahwa ada sisi positif dari dirimu yang kamu punyai. Hal ini dapat menjelaskan bahwa kamu percaya diri dengan semua dalam dirimu yang kamu punya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Menatap Mata Orang Saat Mengobrol

Seks Zaman Kuno (0)
(Sumber theapricity.com)

Kamu dapat mengetahui mood seseorang hanya dengan melihat sorot matanya. Seorang yang berbohong, biasanya mencoba untuk tidak menatap mata lawan biacaranya, agar menutupi kebohongannya.

Ketika seseorang menghindari kontak mata, ini berarti mereka tidak memiliki kepercayaan diri.

Jadi, menjaga kontak mata dengan orang-orang akan membantumu untuk meyakinkan mereka bahwa kamu jujur.

 


3. Selalu Catat Keberhasilanmu

Ilustrasi Orang sukses
Ilustrasi Orang sukses (iStockphoto)​

Buatlah daftar keberhasilanmu dan tulislah hal-hal baru yang kamu temukan setiap harinya. Tandai setiap langkah yang kamu jalani menuju segala pencapaian kamu.

Jika kamu memiliki banyak alasan untuk bangga terhadap dirimu sendiri, hal ini dapat menambah kepercayaan dirimu.

 


4. Pikirkanlah Tentang Sisi Terbaik Dirimu

"Bagaimana jika saya PD saat situasi seperti ini?" pertanyaan bagus ini harus kamu tanyakan kepada dirimu sendiri setiap waktu. Apalagi ketika kamu akan melakukan aktifitas yang membutuhkan kepercayaan diri.

Kamu tidak harus melakukan suatu yang besar untuk melatih kepercayaan dirimu. Tersenyumlah kepada orang asing, kirimlah CV mu ke perusahaan-perusahaan terbaik dan jangan takut pada konsekuensi-konsekuensi yang akan kamu dapatkan.

Bersiaplah untuk menerima segala risiko dan bertangggung jawab, karena hal ini pasti dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kepercayaan diri.


5. Mengobrol dengan Orang Asing

Pergilah ke acara-acara yang banyak orang asing ikut di dalamnya dan cobalah untuk mencoba menjadi orang yang memiliki percaya diri. Kamu tidak perlu menjadi bintang pada saat itu, namun kamu akan merasa lebih percaya diri nantinya.

Selain itu, cobalah untuk mengobrol dengan orang asing yang kamu temui dalam keseharianmu. Ajak bicaralah orang yang duduk di sebelahmu di kereta, atau seorang pelayan di kafe.

Namun jika kamu memang tidak memiliki mood untuk mengobrol, janganlah memaksakan diri.


6. Jangan Terlalu Kecanduan Media Sosial

Media sosial menjadi tempat bagi orang-orang untuk membandingkan kebahagiaan dan kesuksesan dengan orang lain. Kebiasaan ini dapat merusak kepercayaan diri.

Orang-orang hanya mengunggah diri mereka di tempat yang bagus dan memakai pakaian yang bagus. Namun hanya sedikit orang yang melakukan swafoto dengan baju yang biasa dan mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari.

Kamu bebas memilih siapa orang-orang yang kamu ikuti di media sosial, jika hal tersebut mengganggumu, maka kamu dapat klik tombol unfollow pada profilnya.

Selamat mencoba!

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya