Ambisi Klub Italia Kuasai Eropa, Bagaimana Peluang 4 Tim Lain di Liga Champions?

Juventus sangat berambisi tidak gagal lagi memenangkan trofi Liga Champions. Namun, klub lain Liga Italia juga ada di papan atas kompetisi Eropa tersebut.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 12 Nov 2020, 01:01 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2020, 01:01 WIB
ilustrasi Liga Champions
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Boleh dikatakan, Liga Italia menjadi salah satu liga paling terbuka dalam satu dekade terakhir. Ini mengingat, tim Italia mempunyai peluang bagus untuk bersinar di Eropa, [Liga Champions dan Liga Europa], dibandingkan musim sebelumnya.

Buktinya, beberapa tim Liga Italia tampil cukup baik di kedua kompetisi tersebut. Di Liga Champions, misalnya. Juventus tampaknya akan lolos dari penyisihan grup dengan mudah dan maju ke tahap akhir babak sistem gugur.

Tak cuma Juventus. Klub besar lainnya seperti AS Roma, Napoli, dan AC Milan berada di antara tim teratas di Liga Europa.

Terkait kompetisi top Eropa, Juventus tentunya akan lebih penasaran pada tahun ini. Sebab, bukan cuma tim Turin yang belum memenangkan trofi sejak 1996, Cristiano Ronaldo juga ingin menambahkan setidaknya satu gol lagi menjelang akhir kariernya.

Klub raksasa Liga Italia tersebut tentu berambisi tiak gagal lagi memenangkan trofi Liga Champions tahun ini. Hanya saja, ada klub lain yang juga sama berambisi seperti Nyonya Tua, dan juga memiliki peluang besar. Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Video Pilihan


Bayern Munchen

Bayern Munchen Bungkam Borussia Dortmund di Signal Iduna Park
Pemain Bayern Munchen, David Alaba, berebut bola dengan striker Borussia Dortmund, Erling Haland, pada laga Bundesliga di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (7/11/2020). Bayern menang dengan skor 3-2. (Bernd Thissen/Pool via AP)

Bisa dibilang, Bayern Munchen terfavorit setelah memenangkan kompetisi musim lalu. Bahkan, mereka kini memulai musim dengan performa yang sama baiknya. Mereka punya daya rusak di depan gawang lawan.

Dalam tiga pertandingan pembukaan, Munchen telah mencetak 12 gol. Mereka hanya kebobolan tiga gol.


Manchester City

FOTO: Manchester City Cukur Olympiacos 3-0 di Etihad Stadium
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne (kanan) berebut bola dengan pemain Olympiacos Mathieu Valbuena pada pertandingan Grup C Liga Champions di Etihad Stadium di Manchester, Inggris, Selasa (3/11/2020). Manchester City mencukur Olympiacos dengan skor 3-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Pun demikian Manchester City yang sangat ingin mendapatkan trofi di bawah Pep Guardiola dan menjadi favorit kedua. Mereka memiliki awal musim yang beragam. Kendati demikian, sebagian besar pemberitaan Liga Inggris terbaru mendukung mereka untuk memenangkan gelar domestik di depan Liverpool.

Mereka sekarang juga dijagokan untuk memenangkan kompetisi papan atas Inggris. Itu akan menjadi musim yang besar jika mereka meraih gelar ganda di Liga Inggris dan Liga Champions. City pun selalu masuk babak perempat final dalam beberapa tahun terakhir.


Liverpool

Hujan Gol di Anfield, Liverpool Menang Tipis atas Salzburg
Pemain Liverpool Sadio Mane (kanan) mencetak gol ke gawang Red Bull Salzburg pada lanjutan Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (2/10/2019). The Reds menang tipis 4-3 atas Salzburg. (AP Photo/Jon Super)

Liverpool pun disebut-sebut akan memenangkan Liga Champions, setelah memulai kompetisi dengan baik, memenangkan ketiga pertandingan mereka sejauh ini tanpa kebobolan satu gol pun.

Mereka mengalahkan Atalanta 5-0 pada Selasa malam lalu. Tim Italia itu sekarang berjuang melawan Ajax untuk tempat kedua dalam grup dan lolos ke babak sistem gugur.

Pasukan Jurgen Klopp pasti akan menjadi tim yang harus diperhatikan dan tidak akan terkejut jika mereka berhasil mencapai final.


Barcelona

FOTO: Barcelona Taklukkan Dynamo Kyiv di Camp Nou
Penjaga gawang Barcelona Marc-Andre ter Stegen (ketiga kanan) menyelamatkan bola saat pemain Dynamo Kyiv Tomasz Kedziora menyundul bola pada pertandingan Grup G Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Rabu (4/11/2020). Barcelona menang 2-1. (AP Photo/Joan Monfort)

Barcelona, klub terkemuka Spanyol itu sepertinya bangkit kembali di Liga Champions setelah mengalahkan Juventus 2-0 di Grup G beberapa pekan lalu. Mereka memenangkan tiga dari tiga pertandingan di kompetisi ini dan pasti akan bergabung dengan Juve di babak sistem gugur.

Dalam beberapa tahun terakhir mereka menderita kekalahan besar. Dalam hal kualitas, mereka bahkan mulai tertinggal dari Bayern Munchen, Liverpool, dan Manchester City. Karena itu, Barcelona akan kesulitan bila bertemu mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya