5 Alasan Mengapa Anda Perlu Keluar dari Zona Nyaman

Inilah saatnya Anda keluar dari zona nyaman.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Nov 2021, 21:03 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2021, 21:03 WIB
Berani Keluar dari Zona Nyaman
Ilustrasi Ekspresi Bahagia Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta - Kapan terakhir kali Anda mencoba keluar dari zona nyaman? Setiap individu memiliki zona nyamannya sendiri. Ketika kita berada di zona nyaman memang sangat menyenangkan karena membuat kita merasa nyaman dan tenang.

Bagi sebagian individu, berada di zona nyaman juga bisa membantu mereka untuk bebas dari rasa cemas dan khawatir. Sementara itu, ada juga yang memilih untuk keluar dari zona nyaman untuk mencoba hal-hal baru. 

Namun, sebenarnya kita perlu sesekali keluar dari zona nyaman karena bisa membantu kita untuk beradaptasi dan berkembang pada hal baru.

Jika kita selalu berada di zona nyaman, kita akan kesulitan untuk menghadapi suatu perubahan. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa penting bagi Anda untuk keluar zona nyaman, seperti dilansir dari beberapa sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menantang diri untuk tampil lebih maksimal

Penuh Percaya Diri
Ilustrasi Zodiak Leo Credit: pexels.com/Allef

Keluar dari zona nyaman merupakan salah satu faktor penting untuk membuat Anda tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.

Jika Anda terus berada di zona nyaman, Anda akan terus berpegang pada kebiasaan dan rutinitas Anda. Maka cobalah untuk mencoba hal baru karena untuk mencapai kesuksesan akan melibatkan risiko dan tantangan.

Melansir dari Huffpost, Selasa (9/11/2021), psikolog mengungkapkan bila seseorang berani menantang dirinya dan senang mencoba hal baru, bisa membantu mereka untuk tampil lebih maksimal dan membantu mereka dalam mencapai kesuksesan.


2. Berani ambil risiko bisa membantu Anda tumbuh

Mengembangkan Rencana Bisnis
Ilustrasi Mengembangkan Rencana Bisnis Credit: pexels.com/Christinna

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan semakin takut untuk merasa gagal. Biasanya mereka cenderung menahan diri untuk menantang diri mereka dan mencoba lebih sedikit hal baru. Namun, nyatanya penting bagi Anda untuk berani ambil risiko. 

Rasa takut inilah yang akan menghambat Anda untuk tumbuh. Ketika Anda bisa melawan rasa takut Anda akan kegagalan dan berani menantang diri untuk hal baru, akan membantu memotivasi Anda untuk terus maju. Jika Anda ingin terus belajar, maka Anda harus selalu berani mengambil risiko. 


3. Membuat Anda menjadi lebih kreatif

Kreatif
Ilustrasi Zodiak Taurus Credit: pexels.com/Daria

Untuk menjadi kreatif, tentunya Anda harus berani mengambil risiko. Ketika kita kreatif, kita membuka diri terhadap kerentanan dan kemungkinan akan penolakan.

Jika Anda berani sesekali melangkah keluar dari zona nyaman, akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukannya lagi. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa belajar di luar negeri bisa meningkatkan kreativitas siswa. Siswa yang menempuh pendidikan satu semester di luar negeri mendapat nilai lebih tinggi dalam tes kreativitas dibandingkan siswa yang tidak belajar di luar negeri. 

Ketika Anda berani menantang diri sendiri dan mencoba hal baru, Anda akan mencapai kreativitas yang tinggi. 


4. Mencapai kesuksesan

Sukses
Ilustrasi Sukses Credit: pexels.com/pixabay

Untuk mencapai impian Anda, melangkah dari zona nyaman adalah solusinya. Anda harus mengorbankan kenyamanan untuk mencoba hal-hal baru. Kesuksesan akan datang bila Anda melaluinya dengan kerja keras dan keringat. 

Dilansir dari Your Tango, tentunya Anda harus mencoba sesuatu yang baru dan menghadapi semua kecemasan dan ketakutan Anda akan penolakan. Dengan melakukan hal ini, akan membuat Anda beberapa langkah lebih dekat dalam mencapai mimpi. 


5. Memperluas jaringan sosial Anda

Memilih Sekolah dan Teman Pergaulan
Ilustrasi Pergaulan Remaja Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda selalu berpegang teguh pada rutinitas sehari-hari Anda, kemungkinan Anda akan bertemu dengan orang yang sama di tempat yang sama. Anda mungkin akan memiliki percakapan yang sama. 

Namun, ketika Anda melangkah keluar dari zona nyaman, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru dan lingkungan baru. Disinilah Anda akan berkembang dan bisa memperluangan jaringan sosial Anda.

Bahkan Anda bisa menciptakan peluang kerja. Sebagian besar peluang kerja datang dari jaringan sosial baru, bukan orang-orang terdekat kita.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya