Bisa Dicoba, Ini 3 Makanan yang Tiap Hari Dikonsumsi Manusia Tertua di Dunia

Berikut, tiga daftar makanan yang dimakan manusia tertua di dunia setiap hari.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 07 Nov 2022, 14:45 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2022, 14:45 WIB
cinta
ilustrasi pasangan orang tua/copyright unsplash/Clarisse Meyer

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda melihat orang yang lebih tua begitu penuh dengan kehidupan dan energi muda sehingga Anda berpikir, "apa rahasia mereka?"

Itulah pertanyaan yang tepat yang ditanyakan Eden's Gate kepada diri mereka sendiri ketika mereka memutuskan untuk meneliti orang-orang tertua di dunia untuk mempelajari lebih lanjut tentang pilihan gaya hidup yang membantu mereka menjalani umur panjang yang memecahkan rekor.

Eden's Gate adalah perusahaan yang berbasis di Inggris yang didirikan dengan tujuan membuat produk CBD yang dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dengan membantu mereka merasa lebih bahagia dan penuh harapan.

Karena kecintaan mereka untuk membantu orang hidup lebih sehat, mereka mulai meneliti rahasia di balik orang-orang yang hidup paling lama di dunia.

Secara khusus, mereka meneliti enam orang yang hidup hingga di atas usia 100 tahun. Mereka menemukan bahwa hal-hal seperti pola makan, gerakan, tingkat stres, dan status sosial ekonomi memainkan peran dalam berapa lama para pemecah rekor ini hidup.

Orang tertua dalam daftar ini dan dalam sejarah yang tercatat adalah Jeanne Louise Calment yang berasal dari Prancis, yang hidup sampai usia 122 tahun dan telah menjadi satu-satunya orang yang hidup melewati 120 tahun.

Jeanne Louise Calment cukup misterius ketika dia masih hidup dan tetap seperti itu bahkan setelah waktu yang diduga kematiannya pada tahun 1997.

Jadi mengapa hidupnya begitu misterius? Menurut teori yang diajukan oleh para peneliti di Moskow, Jeanne Louise Calment mungkin sebenarnya telah meninggal pada usia yang jauh lebih awal dari apa yang diyakini sebelumnya.

Tidak ada yang bisa memastikannya, jadi misteri itu tetap ada. Tapi, ketika ditanya tentang rahasianya untuk umur panjang, dia mengatakan bahwa itu melibatkan tiga makanan.

Mengutip dari laman Eat This Not That, Kamis (22/10/2022) berikut tiga daftar makanan yang dimakan manusia tertua di dunia setiap hari: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cokelat

Ilustrasi cokelat hitam
Ilustrasi cokelat hitam (dok.unsplash)

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh All That's Interesting, mereka menceritakan kisah tentang bagaimana Jeanne Louise Calment akan menyantap makanannya dan kemudian memanjakan dirinya sendiri dengan cokelat dalam jumlah yang lumayan banyak sampai dia mencapai usia 116 tahun.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Antioxidants & Redox Signaling Journal menunjukkan bahwa cokelat tidak hanya bermanfaat bagi jantung Anda, tetapi juga dapat membantu melawan kanker dan penyakit menular karena sifat imunomodulasi yang merangsang dan / atau menekan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian ini juga menunjukkan manfaat metabolik dan psikologis pada permen.

Lebih jauh lagi, cokelat hitam telah ditemukan mengandung antioksidan kuat yang dapat berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Antioksidan ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengatur tekanan darah, dan memiliki fungsi otak yang lebih baik berkat flavonoidnya-semua hal yang membuat Anda siap untuk hidup lebih sehat dan lebih lama.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua jenis cokelat diciptakan sama.

Cokelat hitam mungkin penuh dengan antioksidan, tetapi mengonsumsi susu atau cokelat putih yang banyak diproses dan mengandung banyak gula secara teratur mungkin memiliki efek yang lebih merugikan kesehatan Anda.

Faktanya, terlalu banyak gula tambahan dapat meningkatkan peradangan, gula darah, dan tekanan darah, dan bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ini bukan berarti Anda tidak dapat menikmati cokelat manis favorit Anda ketika Anda menginginkannya, tetapi mungkin akan sangat membantu untuk memperhatikan mana yang mungkin lebih sehat daripada yang lain.

 


2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun
Minyak zaitun/ Photo by Roberta Sorge on Unsplash

Menurut American Heart Association, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang memberi Anda antioksidan vitamin E, sesuatu yang "kebanyakan orang membutuhkan hal itu lebih banyak."

Minyak zaitun juga dapat membantu darah Anda dengan mengurangi kadar kolesterol jahat, dan hal itu dapat menyebabkan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu menjaga sel-sel tubuh Anda berkat nutrisinya.

Minyak zaitun bahkan telah ditemukan untuk membantu mengelola berat badan, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, semua hal yang dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Jika hal itu belum meyakinkan Anda, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tinggi dan menggunakannya sebagai pengganti mentega, margarin, atau mayones terkait dengan umur yang lebih panjang.

Dalam laporan tersebut, para peneliti mengambil dua studi Harvard yang menggunakan lebih dari 92.000 pria dan wanita sehat.

Orang-orang ini melaporkan rincian tentang kesehatan dan diet mereka setiap dua tahun.

Setelah periode 20 tahun, disimpulkan bahwa mereka yang memiliki sedikit lebih dari setengah sendok makan per hari minyak zaitun memiliki risiko kematian yang lebih rendah "dari total dan penyebab kematian spesifik" dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsinya.


3. Port Wine

Red Wine
(unsplash.com/@kelsoknight)

Port wine adalah minuman dengan anggur merah yang manis. Khusus untuk port wine, minuman ini telah dikaitkan dengan umur panjang jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Menyeruput segelas wine merah membantu "meningkatkan ekspresi gen-gen kunci panjang umur dan meningkatkan kesehatan metabolik pada manusia," demikian menurut Antioxidants (Basel) Journal.

Journal of Epidemiology & Community Health juga menunjukkan bahwa sementara lebih banyak penelitian perlu dilakukan, asupan anggur ringan dikaitkan dengan harapan hidup lima tahun lebih lama.

Sementara itu, sedikit alkohol dapat membantu menurunkan risiko kardiovaskular dan semua penyebab kematian dalam jangka panjang, serta meningkatkan harapan hidup.

Untuk menjaga agar pesta tetap berlangsung, port wine juga penuh dengan antioksidan, yang ditemukan telah dikaitkan dengan penurunan angka kematian akibat kanker tertentu serta penyakit pembuluh darah, seperti yang ditentukan oleh British Journal of Nutrition.

infografis gejala demensia
Gejala Demensia di Usia Senja
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya