Talenan hingga Handuk, 5 Benda Paling Kotor di Rumah Ini Kerap Diabaikan

Berikut adalah beberapa benda kotor di rumah yang kerap kali terabaikan kebersihanya.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 24 Des 2022, 17:31 WIB
Diterbitkan 24 Des 2022, 17:31 WIB
talenan
ilustrasi talenan/Photo by Lovefood Art from Pexels

Liputan6.com, Jakarta Anda tentunya menyapu lantai rumah setiap hari dan melakukan pembersihan mendalam secara teratur untuk membuat rumah Anda bersih dan nyaman. Meskipun ini adalah hal yang baik, tidak semua yang ada di rumah Anda bersih.

Coba pikirkan, apakah Anda benar-benar membersihkan semua yang ada di rumah Anda? Anda pasti akan meninggalkan beberapa hal, atau membersihkannya lebih jarang daripada yang lain.

Dengan kata lain, ada beberapa hal yang sangat kotor di rumah Anda saat ini. Beberapa di antaranya adalah benda-benda yang biasanya Anda abaikan, tetapi benda-benda tersebut mengumpulkan banyak kotoran dan kuman, sehingga hampir mustahil untuk menjaga kebersihannya.

Jadi, apa saja benda-benda tersebut? Melansir Health Guide Sabtu (24/22/2022) berikut adalah beberapa benda kotor di rumah yang kerap kali terabaikan kebersihanya.

1. Talenan

Talenan di dapur Anda menyimpan lebih banyak kuman daripada yang Anda bayangkan. Potongan-potongan yang dibuat oleh pisau setiap harinya adalah tempat persembunyian yang sempurna untuk kuman dan mikroba lainnya. Selain itu, jika Anda tidak membersihkan talenan dengan benar setelah digunakan, permukaannya akan kotor dan dapat mencemari benda berikutnya yang Anda iris di atasnya.

Selalu bersihkan talenan Anda sebelum dan sesudah digunakan. Sesekali, bersihkanlah dengan sabun dan air panas untuk membunuh kuman-kuman yang ada di dalamnya.

 .

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Remot

Remote Tv
Remote Tv/ Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Kapan terakhir kali Anda membersihkan remote control Anda? Kebanyakan orang tidak dapat mengingatnya. Karena kita menggunakan remot setiap hari, kita cenderung lupa bahwa remot mengumpulkan kuman, terutama ketika kita tinggal bersama orang lain.

Beberapa orang bahkan memiliki dua atau tiga remot untuk gadget yang berbeda. Remot menyimpan banyak kotoran dan kuman, yang dengan mudah ditularkan dari orang ke orang.

Luangkan waktu Anda untuk membersihkan remote control dengan benar menggunakan kain lembut yang diolesi dengan alkohol gosok. Pastikan Anda masuk di antara tombol-tombol dan membersihkan bagian depan dan belakang remot. Keluarkan baterainya dan bersihkan juga di sana. Lakukan ini setidaknya sekali setiap minggu untuk menjaga remot Anda tetap bersih dan bebas kuman.

 .


3. Spons Dapur

Sabun Pencuci Piring
Ilustrasi Sabun Cuci Piring Credit: pexels.com/pixabay

Kemungkinan Anda tidak pernah membayangkan bahwa spons dapur Anda berada di antara daftar benda paling kotor di rumah, tapi ini tidak bohong. Pikirkan bagaimana Anda menggunakan spons untuk mencuci peralatan kotor Anda. Studi medis telah menemukan bahwa spons dapur mengandung banyak bakteri.

Setiap kali Anda menggunakannya untuk mencuci, spons itu mengumpulkan lebih banyak kuman. Hal ini terus menumpuk sampai pada titik di mana mencuci peralatan Anda akan jauh lebih buruk daripada membiarkannya.

Sering-seringlah mengganti spons Anda. Anda sebaiknya tidak menggunakan spons dapur terlalu lama. Biasakan untuk menggantinya setiap satu atau dua bulan. Dengan begitu, Anda membatasi penumpukan kuman. Juga selalu angin-anginkan spons setelah digunakan.

Simpanlah di sudut yang bersih di mana ia dapat mengering dengan baik sebelum penggunaan berikutnya. Dan juga Ada begitu banyak hal kotor di dapur Anda, seperti wastafel dapur, dan handuk dapur.

 


4. Sikat gigi

Menyikat Gigi Terlalu Keras
Ilustrasi menyikat gigi/credt: unsplash.com/Diana

Jika Anda telah menggunakan sikat gigi Anda selama lebih dari tiga bulan, Anda harus membuangnya ke tempat sampah sekarang juga dan mendapatkan yang baru. Beberapa orang bahkan menggunakan sikat gigi mereka hingga satu tahun atau lebih. Hal ini buruk karena tidak hanya bulunya yang menjadi lunak, tetapi banyak kuman dari gigi Anda yang bersembunyi di sikat gigi.

Ganti sikat gigi Anda secara teratur dan selalu bersihkan dengan baik setelah digunakan. Sesekali, Anda juga dapat menempatkan sikat gigi Anda dalam air panas selama beberapa menit setelah menggunakannya.

5. Handuk

Handuk Anda adalah tersangka utama dalam beberapa benda kotor di rumah Anda. Karena handuk bukanlah sesuatu yang harus sering Anda cuci, beberapa orang bahkan berbulan-bulan menggunakannya tanpa mencuci handuk mereka.

Jadi, setelah meluangkan waktu untuk mandi dengan benar, Anda hanya akan membuat diri Anda kotor lagi dengan menggunakan handuk kotor untuk mengeringkan tubuh Anda. Biasakanlah untuk sering mencuci handuk Anda. Setidaknya, sekali setiap bulan.

 

Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya