IBM Hadirkan Komentar AI Generatif dan Prediksi Pemain ke The Masters

Fitur baru ini termasuk kecerdasan buatan (AI)

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Apr 2023, 21:31 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2023, 21:31 WIB
Ilustrasi Golf
Ilustrasi Golf. Photo by Kindel Media from Pexels

 

Liputan6.com, Jakarta IBM dan The Masters Tournament, pada 28 Maret 2023, memperkenalkan dua fitur baru yang inovatif sebagai bagian dari aplikasi pemenang penghargaan – The Masters dan pengalaman digital Masters.com, termasuk Kecerdasan Buatan (AI) yang menghasilkan komentar lisan.

Memperluas fitur MyGroup yang populer — yang memungkinkan pelanggan platform digital Masters untuk menonton setiap pukulan, di setiap lubang, dari semua pemain favorit mereka — solusi komentar AI akan menghasilkan narasi golf secara rinci untuk lebih dari 20.000 klip video selama periode tersebut.

Turnamen ini merupakan contoh terbaru tentang bagaimana IBM dan The Masters bekerja sama untuk menciptakan pengalaman penggemar digital yang menawarkan akses dan wawasan mendalam ke setiap momen turnamen, mulai dari drive pertama di tee (tempat permulaan permainan golf) hingga mengakhiri di lubang terakhir di lapangan golf.

Pakar dari IBM iX, mitra desain berpengalaman dalam IBM Consulting, bekerja dengan tim digital Masters untuk memanfaatkan berbagai model dasar — termasuk IBM Watson Text-to-Speech — untuk melatih AI dalam bahasa unik golf di The Masters, mengotomatiskan proses penambahan komentar lisan ke klip video.

AI generatif yang dibangun di atas model dasar diterapkan untuk menghasilkan narasi dengan struktur kalimat dan kosa kata yang bervariasi, menghindari iterasi play-by-play yang berlebihan dan berulang-ulang, untuk membuat klip informatif dan menarik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prediksi pemain hole-by-hole

Ilustrasi permainan golf
Ilustrasi permainan golf. (Photo by Courtney Cook on Unsplash)

Juga, yang baru di turnamen tahun ini, IBM akan memperkenalkan prediksi pemain hole-by-hole. Untuk memproyeksikan skor pemain untuk seluruh Turnamen, tim IBM Consulting memanfaatkan kemampuan AutoAI di IBM Watson Studio untuk melatih model AI menggunakan data Master selama enam tahun — lebih dari 120.000 pukulan golf.

Setelah menyelesaikan hole tertentu, proyeksi hole-by-hole diperbarui untuk mencerminkan performa terkini pemain. Solusi baru ini memperluas kecerdasan prediktif dari fitur Players Insights dan Masters Fantasy Projections yang populer, yang mengubah data menjadi wawasan seputar lubang yang paling menarik untuk ditonton setiap pegolf, skor rendah/tinggi untuk semua pegolf, dan proyeksi poin Masters Fantasy untuk setiap putaran.

"Selama lebih dari dua puluh tahun, IBM dan The Masters telah bermitra bersama untuk menciptakan solusi khusus yang meningkatkan pengalaman pengguna dan menarik perhatian jutaan penggemar golf di seluruh dunia," kata Jonathan Adashek, Senior Vice President of Marketing & Communication IBM.

"Kami menerapkan hybrid cloud, teknologi AI, dan layanan IBM Consulting yang sama dengan yang kami gunakan dengan klien di seluruh industri untuk menghadirkan pengalaman digital yang ditingkatkan ke salah satu acara olahraga paling ikonik di dunia."

 


Iterasi baru: How If?

Ilustrasi golf, olah raga bola kecil
Ilustrasi golf, olah raga bola kecil. (Photo by Markus Spiske on Unsplash)

Bertepatan dengan turnamen tahun ini, IBM akan meluncurkan iterasi berikutnya dari inisiatif "Let’s Create", yaitu "How If?". Dikonseptualisasikan dan dieksekusi oleh Ogilvy, "How If?" menggarisbawahi pentingnya mengajukan pertanyaan besar yang dapat mengarah pada penciptaan solusi teknologi yang sama besarnya.

Tempat-tempat itu difilmkan oleh Ian Pons Jewell, menampilkan aktor dan produser peraih Golden Globe dan nominasi Emmy Oscar Isaac sebagai pengisi suara untuk berinteraksi dengan orang-orang di setiap adegan. Salah satu angsuran dari empat iklan yang berbeda termasuk pegolf yang sedang naik daun dan undangan Turnamen Masters ke-87 Kurt Kitayama dan komentator olahraga Jim Nantz, yang menghidupkan konsep kreatif ini melalui lensa kemitraan kolaboratif IBM dengan The Masters.

Selain The Masters, kampanye ini terinspirasi oleh kerja IBM dengan berbagai klien di seluruh keberlanjutan, rantai pasokan, serta analitik dan keamanan data, yang menunjukkan bagaimana IBM membantu organisasi mendorong inovasi, transformasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Kampanye dimulai 5 April di seluruh siaran, TV yang terhubung, video digital, media cetak, dan sosial.

IBM telah menjadi mitra digital Masters selama lebih dari 25 tahun, bekerja sama untuk menghadirkan pengalaman tak tertandingi kepada audiens The Masters global. Dimulai dengan peluncuran Masters.com pada tahun 1996, The Masters telah berkolaborasi dengan IBM dalam perjalanan menuju cloud hybrid untuk merampingkan beban kerja dan menghadirkan pengalaman penggemar baru melalui teknologi cloud dan AI.

Implementasi teknologi tersebut telah dipamerkan secara terus-menerus, termasuk melalui sorotan pengenalan AI, Putaran dalam Waktu Kurang dari Tiga Menit, My Group, Wawasan Pemain, dan Proyeksi yang didukung oleh IBM Watson.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya