Mau Makeup Sendiri di Hari Pernikahan? Seperti Ini 15 Cara untuk Mempersiapkannya

Ingin makeup sendiri di hari pernikahan? Tidak ada salahnya untuk ikuti tips-tipsnya di sini.

oleh Bella Zoditama diperbarui 09 Jun 2023, 19:04 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 19:04 WIB
Arti Mimpi Diberi Baju Lainnya
Makeup Sendiri di Hari Pernikahan Credit: pexels.com/Xeneka

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti mengamini, kalau pernikahan menjadi momen sakral yang inginnya terjadi sekali dalam seumur hidup. Terutama bagi setiap perempuan, pastinya ingin tampil maksimal di hari bahagianya. Nah, salah satu cara yang kini sudah banyak dilakukan adalah dengan melakukan makeup pernikahan sendiri. Selain bisa menghemat biaya pernikahan, dengan makeup sendiri juga membuat Anda tahu apa yang ingin ditonjolkan, sehingga riasan pun tidak terkesan medok tapi tetap bisa manglingi.

Namun, untuk melakukan riasan sendiri pada hari pernikahan, bisa membuat banyak tekanan yang cukup berat, terlebih di tengah persiapan yang cukup padat. Selain itu, persiapannya pun harus cukup matang dan tidak boleh sembarangan.

Pertimbangan yang musti dilakukan seperti apakah pernikahanmu nanti diadakan di outdoor atau indoor? Berapa perkiraan suhu saat hari pernikahan? Lalu warna apa yang paling dominan digunakan pada acara? Sebagai calon pengantin, tentu persiapan ini harus dilakukan sebaik-baiknya.

Kalau Anda memang berniat makeup sendiri di hari pernikahan, maka artikel ini sangat tepat untuk dibaca. Dengan bantuan pakar tata rias Beck Wainner dan Lynnette Cole yang kami himpun dari Brides, Jumat (9/6/2023), ini dia sederet hal penting yang harus dipersiapkan untuk menyempurnakan makeup di hari pernikahan Anda sendiri. Yuk, simak satu per satu!

1. Siapkan Waktu dengan Baik

Berbulan-bulan atau berminggu-minggu sebelum hari pernikahan Anda, sebaiknya Anda harus mulai berlatih untuk merias wajah sendiri. Hal ini agar dapat menentukan apa yang Anda suka dan tidak sukai, serta menyesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti yang dijelaskan oleh Wainner, "Salah satu saran terbesar yang dapat saya berikan adalah mulai berlatih beberapa bulan atau minggu sebelum hari besar (pernikahan) sehingga Anda dapat menentukan mana yang cocok untuk Anda dan mana yang tidak. Apakah aplikasi riasan ini bertahan sepanjang hari atau tidak? Apa yang saya lakukan secara berbeda kali ini yang membuat saya terlihat lebih seperti ini? Ini akan membantu Anda mempersempit tampilan yang ingin Anda pilih dan memilih produk yang Anda tahu akan bertahan sepanjang hari."

Jadi, pastikan kalau ingin makeup sendiri, Anda perlu melakukan persiapan dari jauh-jauh hari, ya. Jadi, saat di hari pernikahan tiba, makeup yang dipakai memang sudah sesuai dengan yang Anda mau.


2. Lakukan Perawatan Kulit Secara Ekstra

ilustrasi masker wajah untuk kulit cerah/pexels
ilustrasi masker wajah untuk kulit cerah/pexels

Untuk bisa tampil dengan wajah flawless dan glowing di hari pernikahan, jangan hanya terfokus pada riasan wajah, tapi juga harus mempersiapkan kondisi kulit supaya makeup tidak gampang bergeser. Makanya, Anda juga perlu mempersiapkan kondisi kulit dengan sebaik-baiknya.

Salah satu caranya, coba rutinkan kembali menggunakan skincare di rumah. Misalnya di pagi hari, Anda bisa menggunakan pelembap ringan yang menghidrasi, eye cream untuk mengenyalkan kulit di area sekitar mata, dan pakai sunscreen. Termasuk menggunakan masker yang bisa membantu mengatasi pori-pori tersumbat.

3. Tentukan Makeup Look yang Diinginkan

Sebelum memutuskan untuk membeli produk makeup baru, pastikan Anda bisa menjawab dua pertanyaan ini. Apakah Anda menginginkan makeup look yang berkesan glamor? Atau cukup makeup look yang terkesan natural saja?

Nah, hal ini sebaiknya dipertimbangkan dengan bijaksana. Karena Anda juga harus menyesuaikan makeup look dengan karakter dan fitur wajah Anda. Pertimbangan lainnya, coba sesuaikan dengan suasana pesta pernikahan yang diselenggarakan. Wainner merekomendasikan untuk mencoba semua gaya jauh sebelum hari besar tiba.

4. Belajar Menggunakan Bulu Mata Palsu

Jika Anda tidak menggunakan eyelash extension, bulu mata palsu bisa menjadi pilihan yang bagus untuk melengkapi penampilan Anda, khususnya di area mata. Penggunaan bulu mata palsu ini, bisa menonjolkan makeup saat di foto.

Apabila ingin membeli bulu mata, pastikan jangan yang terlalu berat atau besar, karena bisa memberatkan kelopak mata dan tidak nyaman saat digunakan. Lalu, seandainya Anda tidak terbiasa menggunakan bulu mata palsu, sebaiknya mulai berlatih dari sekarang.

5. Jangan Lupakan Penggunaan Primer

Sudah bukan rahasia lagi, jika ingin riasan lebih bertahan lama sepanjang hari, penggunaan primer tidak boleh luput begitu saja. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan primer terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan makeup yang lengkap. Fungsi primer sendiri dapat membantu mempercantik riasan, seperti membuat kulit terlihat halus hingga membuat riasan lebih tahan lama.


6. Selalu Membawa Kertas Minyak

ilustrasi kertas minyak tidak boleh digunakan terlalu sering/pixabay
ilustrasi kertas minyak tidak boleh digunakan terlalu sering/pixabay

Kertas minyak atau blooting sheet menjadi sahabat baik bagi pemilik kulit berminyak (oily skin). Saat pesta pernikahan yang bisa berlangsung selama berjam-jam, pasti dapat membuat kulit wajah Anda terlihat "berkilau" karena produksi minyak. Untuk itu, jangan lupakan membawa kertas minyak di hari pernikahan. Hal ini bisa bermanfaat untuk menyerap minyak dalam sekejap sehingga Anda selalu siap berfoto.

7. Percaya pada Kemampuan Anda

Jika Anda sudah memiliki kemampuan blending yang cukup mumpuni, pasti Anda jadi lebih percaya diri untuk mengaplikasikan makeup sendiri di hari pernikahan. Meskipun begitu, tentunya harus banyak berlatih juga supaya tampilan semakin sempurna.

8. Gunakan Foundation yang Ringan

Selain menggunakan primer, makeup base juga tidak kalah penting supaya riasan terlihat flawless dan terlihat natural seperti kulit sendiri, baik dilihat dari dekat maupun dari kejauhan. Makanya, Anda perlu menggunakan light foundation yang sesuai dengan skintone Anda. Tidak cuma itu, pastikan tidak ada flashback saat difoto.

9. Cari Eye Makeup yang Waterproof

Meneteskan air mata, pasti tidak akan bisa dihindari di hari pernikahan Anda. Oleh karenanya, Anda memerlukan eye makeup yang waterproof, supaya maskara dan eyeliner tidak gampang luntur. Cole menjelaskan bahwa menggunakan eyeliner cair yang waterproof bisa membuat penampilan terlihat natural, tapi juga memukau.


10. Sapukan Bedak untuk Tampilan Akhir

Bedak Kulit Sensitif dan Berjerawat
Ilustrasi bedak yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Credits: pexels.com by Karolina Grabowska

Tidak cuma primer, bedak menjadi komponen penting agar memastikan Anda tetap sempurna sepanjang hari. Cole menjelaskan, agar riasan tetap terlihat segar, oleskan sedikit bedak tabur pada wajah. Sementara itu, Wainer juga menambahkan, "Memilih bedak yang tepat untuk digunakan pada hari besar Anda juga akan membantu menentukan seberapa baik riasan bertahan atau apakah akan crease."

11. Bawa Travel Size Makeup atau Mini

Walaupun sudah berusaha menyapukan makeup dengan baik, tentunya membutuhkan re-apply supaya tetap bertahan sepanjang hari. Jadi, Wainner merekomendasikan untuk membawa beberapa produk mini yang mudah dibawa-bawa. Ia mengatakan, "Saya suka membeli ukuran mini seperti lipstik mini atau bedak atau gloss untuk dibawa sepanjang malam, membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana."

12. Tonton Video Makeup dari YouTube

Saat pertama kali ingin mencoba makeup sendiri, seringkali Anda merasa clueless dan tidak yakin memulainya dari mana. Walaupun sudah mengikuti beberapa tips di atas, ada kalanya kebingungan bisa terjadi. Sebaiknya, Anda dapat memulainya dengan menonton video YouTube dari kreator MUA populer dan menyesuaikan dengan gaya Anda.


13. Semprotan Setting Spray agar Tahan Lama

Rutin Menggunakan Sunscreen
Ilustrasi Penggunaan Sunscreen Credit: pexels.com/pixabay

Tidak hanya primer, setting spray juga bisa membantu riasan lebih lama, tapi juga bisa mencegah makeup Anda menempel ke pakaian pasangan atau gaun yang Anda pakai. Sebelum membeli setting spray, pastikan Anda juga sudah mencari-cari beberapa rekomendasi yang biasa dipakai oleh MUA, ya.

14. Konsultasi virtual dengan MUA

Sudah mencoba beberapa makeup look sendiri tapi tidak pernah puas dengan tampilannya? Anda bisa berkonsultasi secara online dengan salah satu MUA favorit Anda. Latihan makeup memang bisa membuat sempurna, tapi dengan berkonsultasi secara langsung bisa membantu membangun kepercayaan diri sebelum hari besar itu datang.

15. Hindari Menggunakan Produk Ber-SPF

Seperti yang kita ketahui bahwa SPF sangat penting untuk kulit. Sayangnya, tabir surya dan foundation yang memiliki SPF tinggi dapat menyebabkan flashback pada foto hingga berpotensi mengalami oksidasi. Namun, jika tetap ingin menggunakan SPF, sebaiknya cukup menggunakan SPF 15 untuk hasil terbaik.

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal
Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya