Ladies Wajib Tahu, Ini Deretan Cara Alami Hilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Tak hanya mengganggu penampilan lingkaran hitam pada mata juga bisa menurunkan rasa percaya diri, berikut ini deretan hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lingkaran di bawah mata.

oleh Camelia diperbarui 31 Jul 2023, 10:46 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2023, 16:00 WIB
Mengatasi Mata Panda
Ilustrasi Bebas Kantung Mata yang Menghitam Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit wanita yang mengalami berbagai masalah pada kulit wajah. Salah satu yang paling mengganggu ialah lingkaran hitam pada bawah mata. Tentu tak sedikit yang mengalami permasalahan ini. Tak hanya wanita, banyak juga pria yang mengalaminya.

Lingkar hitam di bawah mata umumnya dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk genetika, usia, kurang tidur, alergi, dehidrasi, dan masalah kesehatan lainnya. Meskipun mungkin sulit untuk menghilangkannya secara permanen, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan penampilannya dan mencegahnya menjadi lebih buruk. 

Semua orang bisa mengalami permasalahan ini, tak hanya mengganggu penampilan lingkaran hitam pada mata juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Dilansir dari Times of India, berikut ini deretan hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lingkaran mata. 

1. Gunakan kompres dingin

Menerapkan kompres dingin ke mata dapat mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi. Lakukan kebiasaan ini secara rutin untuk menghilangkan lingkar hitam pada mata Anda. 

2. Gunakan krim mata

Langkah selanjutnya Anda bisa menggunakan krim mata. Carilah krim mata yang mengandung kafein, vitamin K, atau retinol, yang dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam.

3. Pertimbangkan perawatan kosmetik

Jika lingkaran hitam Anda parah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan perawatan kosmetik seperti terapi laser atau pengisi yang dapat disuntikkan. Penting untuk diingat bahwa lingkaran hitam mungkin tidak sepenuhnya dihilangkan, tetapi dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat meminimalkan tampilannya dan mencegahnya menjadi lebih buruk.


4. Tidur yang cukup

Ilustrasi tidur, bermimpi
Ilustrasi tidur, bermimpi. (Gambar oleh 溢 徐 dari Pixabay)

Tentunya kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam dan kantong di bawah mata. Orang dewasa pada umumnya disarankan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam. 

Tubuh Anda menyetel "jam biologis" Anda sesuai dengan pola siang hari tempat Anda tinggal. Ini membantu Anda secara alami mengantuk di malam hari dan tetap waspada di siang hari.

Jika Anda harus bekerja di malam hari dan tidur di siang hari, Anda mungkin kesulitan mendapatkan tidur yang cukup. Mungkin juga sulit untuk tidur saat Anda bepergian ke zona waktu yang berbeda.

Tidur yang cukup juga memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Lebih jarang sakit
  • Tetap pada berat badan yang sehat
  • Turunkan risiko dari masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes dan penyakit jantung
  • Kurangi stres dan tingkatkan mood Anda
  • Berpikir lebih jernih dan berbuat lebih baik di sekolah dan di tempat kerja
  • Bergaul lebih baik dengan orang-orang
  • Buat keputusan yang baik dan hindari cedera misalnya, mengantuk saat mengendarai kendaraan dll.

5. Tetap terhidrasi

Ilustrasi Air Minum/ Pixabay
Ilustrasi Air Minum/ Pixabay

Dehidrasi dapat membuat lingkaran hitam lebih terlihat, jadi pastikan Anda minum banyak air sepanjang hari. Air sendiri adalah komponen utama tubuh dan membentuk sekitar 50% sampai 70% dari berat badan Anda. Tubuh Anda bergantung pada air untuk bertahan hidup.

Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh Anda membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi, suatu kondisi yang terjadi ketika Anda tidak memiliki cukup air dalam tubuh untuk menjalankan fungsi normal. Dehidrasi ringan pun bisa menguras energi dan membuat Anda lelah.


6. Kelola alergi

Mata Kering/ Pixabay from PublicDomainPictures
Mata Kering/ Pixabay from PublicDomainPictures

Alergi dapat menyebabkan bengkak dan perubahan warna di sekitar mata. Jika Anda memiliki alergi, usahakan untuk menghindari pencetus dan minum antihistamin sesuai kebutuhan.

7. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit halus di sekitar mata dan membuat lingkaran hitam lebih menonjol. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit Anda.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya