Sulit Memahami Materi Ketika Ujian? Yuk, Kenali Metode Blurting yang Bisa Membantu Kamu

Metode blurting merupakan teknik mengingat aktif yang dapat membantu kamu mempelajari dan mengingat informasi dalam jumlah besar.

oleh Wanda Andita Putri diperbarui 06 Nov 2023, 17:42 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 17:42 WIB
Ilustrasi wanita karier (Foto:Magnet.me/Unsplash)
Ilustrasi wanita karier (Foto:Magnet.me/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin metode blurting masih terdengar asing bagi kamu. Namun, metode revisi ini cukup banyak dibahas di media sosial, seperti YouTube dan TikTok. Unjaded Jade, pembuat konten YouTube merupakan orang pertama yang mempopulerkan strategi revisi blurting. Dia menggunakan platform media sosialnya untuk mempromosikan metode belajarnya dengan orang lain setelah mencapai hasil ujian yang sangat baik. Study Sphere adalah nama saluran YouTube Jade, pada kanal ini dia memberikan tips bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam mempelajari dan memahami suatu konsep.

Metode blurting merupakan teknik mengingat aktif yang dapat membantu kamu mempelajari dan mengingat informasi dalam jumlah besar. Ini merupakan metode pencatatan yang fleksibel dan dapat dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan pelajar dan dapat digunakan pada segala jenis materi tertulis. Lantas, apa yang dimaksud dengan metode blurting ini? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman e-student.org pada Senin (6/11/23).

Apa Itu Metode Blurting?

Metode blurting merupakan teknik yang dapat digunakan untuk membantu kamu mempelajari dan mengingat informasi. Ingatan aktif pada dasarnya adalah teknik pembelajaran yang melibatkan pengujian dirimu terhadap materi yang ingin kamu pelajari dan telah terbukti menjadi cara yang sangat efektif untuk melakukannya.

Blurting merupakan teknik mengingat aktif yang sering digunakan sebagai bagian dari proses revisi ujian. Metode blurting secara sederhana merupakan membaca suatu bagian teks atau catatan, kemudian menutupnya dan menuliskan informasi sebanyak yang kamu ingat. Hal ini membuat otakmu bekerja lebih keras untuk menyimpan informasi sehingga benar-benar memasukkkan informasi tersebut ke dalam memori jangka panjangmu.

Metode pencatatan ini sudah ada sejak lama, tetapi mungkin belum banyak diketahui oleh pelajar. Metode ini akhirnya menjadi tren di kalangan komunitas pelajar di TikTok mulai dari 2021 hingga sekarang, di mana siswa dan guru akan berbagi pengalaman mereka saat mencoba metode ini dan merekomendasikannya karena efisiensinya.

 


Apa Manfaat dari Metode Blurting?

Ilustrasi bekerja di kantor
Ilustrasi bekerja di kantor. (Photo by Arlington Research on Unsplash)

Berdasarkan informasi yang dilansir dari halaman online learning college Senin (6/11/23), metode blurting bisa menjadi teknik revisi yang efektif untuk subjek apapun. Seringkali pelajar memfokuskan revisi mereka pada detail tingkat tinggi dari mata pelajaran pilihan mereka dan lupa merevisi area topik yang lebih kecil atau berfokus pada satu hal. Para pelajar terkadang melewatkan topik yang lebih kecil, bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah mengecualikan topik tersebut dari revisi sampai pengerjaan ujian. 

Metode ini juga dapat membantu pelajar menghemat waktu dan energi dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan metode revisi ini memperjelas apa yang sudah mereka ketahui, mereka tidak perlu membuat waktu merivisi ulang topik yang sudah mereka kuasai dengan baik pada masa mendatang.

Blurting sering digunakan untuk merivisi dalam jangka waktu yang relatif singkat karena teknik ini tidak memerlukan persiapan berjam-jam atau sumber daya tambahan apa pun. Waktu yang kamu berikan untuk melontarkan kata-kata tersebut biasanya ditentukan oleh ukuran dari bagian materi yang kamu revisi.

Selain itu, informasi yang dikutip dari halaman e-student.org menyampaikan bahwa metode ini dapat membantu kamu mengidentifikasi bidang-bidang yang perlu kamu fokuskan dalam waktu belajar sehingga memastikan kesenjangan dalam pengetahuan kamu tertutupi. Metode revisi ini juga memberi kamu pemahaman yang lebih baik tentang materi karena kamu dipaksa untuk menggunakan informasi dengan kata-kata kamu sendiri. Ini juga merupakan metode fleksibel yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhanmu.


Bagaimana Menggunakan Metode Blurting?

perempuan sukses kerja
Ilustrasi perempuan karir yang sukses dan bahagia/copyright freepik.com/benzoix

1. Memilih

Pilihlah materi yang ingin kamu pelajari. Ini bisa berupa bab dalam buku, bagian dari kuliah, serangkaian catatan, atau video dalam kursus online. Agar kamu dapat membandingkan catatanmu dengan tulisan aslinya, sebaiknya bahannya memiliki panjang yang bisa di atur. Memiliki gambaran yang menyeluruh dan jelas tentang apa yang kamu pelajari memberi kamu setidaknya gambaran singkat dari semua yang telah kamu pelajari. 

2. Membaca

Tinjaulah bagian teks atau catatan yang kamu pilih. Pastikan untuk membaca semuanya. Periksa setiap bacaan yang kamu miliki tentang topik atau ide yang kamu teliti. Membaca sesuatu dengan hati-hati dan membacanya berulang kali akan membantu kamu memahami perihal subjeknya dan mengingat sebagian materinya.

3. Mengatakan

Ambilah selembar kertas dan mulailah menuliskan informasi sebanyak yang kamu ingat. Jangan khawatir untuk melakukan segalanya dengan benar. Cukup catat apa pun yang dapat kamu ingat, berikan perhatian khusus pada ide utama atau kata kunci. Ini adalah aktivitas utama yang akan kamu lakukan ketika menggunakan teknik ini. Teknik blurting pada dasarnya hanya mengatakan sesuatu dengan cepat tanpa berpikir.

4. Membandingkan dan Menambahkan

Setelah kamu selesai mengucapkannya, bandingkanlah catatan kamu dengan teks aslinya. Ini akan membantu kamu mengidentifikasi kesalahan yang kamu tulis atau informasi yang mungkin kamu lewatkan. Kamu seharusnya dapat mempelajari materi lebih cepat dibandingkan dengan langkah pertama.

Meninjau kesalahan kamu memungkinkan kamu untuk belajar dan mencegah terulangnya kesalahan. Untuk memudahkan kamu melihat apa yang perlu kamu ingat di lain waktu, tambahkan informasi yang kamu lewatkan pada kertasmu yang lain.

Infografis Uji Coba Belajar Tatap Muka Sekolah di Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Uji Coba Belajar Tatap Muka Sekolah di Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya