6 Hal yang Dapat Dilihat dari Makan dengan Tangan Tentang Kepribadian Anda

Berikut ini beberapa makna makan dengan tangan menurut ahli

oleh Sulung Lahitani diperbarui 29 Jan 2024, 09:05 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2024, 09:05 WIB
Contoh ilustrasi telat makan di malam hari
Telat makan menjadi kebiasaan yang sering dilakukan khususnya orang dewasa dikalangan mahasiswa dan pekerja. (Foto: Pexels.com/Eren Li)

Liputan6.com, Jakarta Di Amerika Serikat dan budaya barat lainnya, jarang sekali orang makan dengan tangan. Mereka biasanya sarapan, makan siang, dan makan malam dengan garpu dan sendok, semua demi menjaga tata krama makan kita yang sudah mapan — dan sebagai cara untuk menjaga jari kita tetap bersih.

Namun jika menyangkut makanan seperti pasta, semur, sayuran, dan hidangan lain yang biasanya membutuhkan peralatan makan, memilih untuk makan dengan tangan dapat menunjukkan banyak hal tentang Anda. Jika Anda suka menjilat jari Anda untuk mendapatkan setiap tetes saus salad, Anda mungkin memiliki semangat hidup tertentu. 

Dan jika Anda adalah seseorang yang dengan senang hati memasukkan mie ke dalam mulut Anda dari cakar yang dilumuri saus, itu mungkin menunjukkan bahwa Anda lebih suka bertualang daripada kebanyakan orang. Berikut adalah beberapa hal lain yang mungkin diungkapkan oleh makan dengan tangan tentang kepribadian Anda, menurut para ahli seperti dihimpun dari Bustle.

1. Anda Mungkin Lebih Berjiwa Petualang Dibandingkan Kebanyakan Orang

Jika Anda dibesarkan dalam budaya yang memandang peralatan makan sebagai kebutuhan makan malam, mengesampingkan tradisi demi makan dengan tangan mungkin berarti Anda adalah individu yang berpikiran terbuka, kata terapis Rebecca Capps, MA, MFT, kepada Bustle. 

Hal ini juga berlaku jika Anda selalu ingin mencoba masakan baru, karena "ini menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang suka bertualang". Menjadi petualang, dan menjadi pemakan petualang, sering kali berjalan beriringan. Pun intended.

2. Anda Mungkin Lebih Kreatif

Apakah Anda termasuk orang yang jarang berpikir dua kali sebelum mencelupkan jari ke dalam makanan? “Jika ini Anda, ini [mungkin berarti] Anda adalah seseorang yang inovatif,” kata Capps. Namun hal ini juga bisa berarti Anda adalah pelanggar aturan.

Faktanya, beberapa koki terkenal mulai mendorong pengunjung untuk menyantap makanan dengan tangan mereka, menurut The New York Times, dengan menyatakan bahwa hal itu meningkatkan hubungan sensual dengan makanan dan melunakkan formalitas santapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kemungkinan Besar Anda adalah Seseorang yang Menikmati Hidup

Contoh ilustrasi menu makanan per minggu
Membuat jadwal makanan mingguan akan membantumu untuk menyesuaikan kebutuhan energi anak serta mempermudah dalam mengatur anggalan belanja. (Foto: Unsplash.com/Kim Deachul)

Jika Anda tidak berani membiarkan ada persimpangan antara Anda dan pengalaman sensorik yaitu makan, Anda pasti tidak sendirian. Dalam sebuah artikel untuk Epicurious, penulis Emily Johnson mencatat bahwa dia sering diizinkan makan tanpa peralatan makan ketika dia tumbuh dewasa — karena alasan inilah.

“Makan itu bersifat sensorik,” kata Johnson. "Dan, dengan menggunakan tangan Anda, Anda membawa pengalaman sensorik ke tingkat yang lebih tinggi. Anda menambahkan keseluruhan indera lainnya - sentuhan. Karena sebagian besar rasa dan kenikmatan makanan adalah tentang tekstur, tangan Anda berfungsi sebagai cara lain untuk mengeksplorasi rasa, yaitu konsistensi, susunan makanan Anda [...] Saya yakin bahwa orang-orang cenderung menggesekkan gigitan dengan tangan mereka, mencicipi dengan tangan mereka, dan mencelupkan jari ke dalam saus dan saus, merasakannya lebih enak, lebih menikmatinya, memiliki pengalaman makan yang lebih baik secara keseluruhan."

Sentimen ini juga diamini oleh Capps yang mengatakan, "Jika Anda makan dengan tangan dan merupakan orang yang makan dengan lambat, ini berarti Anda meluangkan waktu untuk menikmati momen dan menikmati setiap suapan makanan Anda." Anda semua ingin menikmati apa yang ada di depan Anda.

 


4. Anda Ingin Sehat

Ilustrasi makan, mengonsumsi makanan sehat
Ilustrasi makan, mengonsumsi makanan sehat. (Photo by Farhad Ibrahimzade on Unsplash)

Tanpa terlalu memikirkannya, Anda mungkin makan dengan tangan secara alami hanya karena lebih sehat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, penderita diabetes tipe 2 lebih cenderung makan lebih cepat jika menggunakan peralatan makan, dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes tipe 2. Makan dengan garpu dan sendok terbukti berkorelasi dengan makan lebih cepat, yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh, dan perkembangan diabetes tipe 2.

Tentu saja, selalu memungkinkan untuk menggunakan peralatan makan dari perak, dan melakukan upaya bersama untuk makan lebih lambat. Namun jika Anda merasa lebih baik saat makan dengan tangan, lanjutkan saja, karena Anda mungkin akan menyukai sesuatu.

 


5. Anda Tidak Selalu Mengutamakan Diri Sendiri

Contoh ilustrasi makanan seimbang
Tips memulai pola hidup sehat pertama yang bisa kamu lakukan adalah makan dengan makanan yang memiliki nutrisi seimbang. (Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov)

Sekali lagi, makan dengan tangan mungkin tidak selalu merupakan pilihan yang dilakukan secara sadar, melainkan karena kebutuhan. Misalnya, jika Anda sangat sibuk dan selalu mengutamakan orang lain, Anda mungkin mendapati diri Anda makan dengan cara ini lebih sering daripada tidak.

“Jika Anda makan sambil berdiri tanpa peralatan makan dan selalu melakukan banyak tugas, ini menunjukkan bahwa Anda tidak meluangkan waktu untuk fokus pada kebutuhan Anda sendiri,” kata Capps. Jika Anda bisa memahaminya, mungkin ini saatnya untuk memperlambat, dan fokus pada kebutuhan Anda sendiri akan perubahan.

6. Anda Cenderung Mengungkapkan Pikiran Anda

Di sisi lain, Capps mengatakan makan dengan tangan mungkin juga berarti Anda bukan tipe orang yang fokus pada pendapat orang lain. Sebaliknya, Anda cenderung memusatkan perhatian pada apa yang Anda inginkan dan tidak takut mengutarakan pendapat Anda. Hal ini mungkin berasal dari pelanggaran aturan yang disebutkan di atas, serta individualitas yang muncul sebagai akibatnya.

Tentu saja sulit untuk mengatakannya dengan tepat apa yang mungkin dikatakan makan dengan tangan tentang Anda, terutama karena ada banyak alasan untuk melakukannya. Dengan menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dan memahami emosi yang Anda alami saat makan, Anda akan lebih mampu menyimpulkan mengapa Anda memiliki kebiasaan ini - dan apa pengaruhnya terhadap Anda.

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya