Tinggal di Kota Besar Wajib Hemat, Mulai Dulu Aja dari Kebiasaan Ini!

Tinggal di kota besar juga harus membuatmu pandai mengelola keuangan. Tujuannya apalagi kalau bukan biar bisa lebih hemat.

oleh stella maris pada 28 Mei 2024, 14:46 WIB
Diperbarui 28 Mei 2024, 15:03 WIB
Ilustrasi wanita karier
Ilustrasi wanita karier/Shutterstock-insta_photos.

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang tinggal di kota besar, tentu menjadi tantangan tersendiri. Kenapa? Soalnya, kota besar identik dengan gaya hidup yang serba cepat. Berbagai kebutuhan bisa didapatkan dengan instan.

Walaupun semua bisa didapatkan dengan mudah, namun bukan berarti kamu harus menghabiskan penghasilanmu hanya untuk bertahan hidup di tengah hiruk pikuk kota besar.  

Maka dari itu, tinggal di kota besar juga harus membuatmu pandai mengelola keuangan. Tujuannya apalagi kalau bukan biar bisa lebih hemat. Nah, kalau mau hidup hemat dan bebas cemas saat tinggal di kota besar, kamu bisa memulainya dari kebiasaan berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Gunakan Transportasi Umum

Tinggal di kota besar, umumnya moda transportasi lebih mudah dijangkau. Dibandingkan kamu harus membawa kendaraan pribadi, ada baiknya memilih menggunakan transportasi umum, seperti ojek online, MRT, TransJakarta, dan angkutan umum lain. 

Soalnya jika menggunakan transportasi pribadi, banyak hal yang mesti dipertimbangkan, seperti bahan bakar, parkir, perawatan kendaraaan yang tentunya bakal jadi 'beban' besar untuk keuanganmu. Belum lagi kemacetan di kota besar yang membuatmu sudah stres duluan, sebelum sampai kantor. Duh, mending pilih transportasi umum deh!

 


2. Pilih Tempat Makan yang Terjangkau

Memang, banyak tantangan untuk hidup di kota besar. Apalagi jika kamu bekerja di pusat kota atau kantor yang jadi satu dengan mal. Makan di restoran atau kafe memang menawarkan banyak pilihan makanan yang menggiurkan. Tapi harganya pasti sangat menguras dompet. 

Biar lebih hemat, ada baiknya kamu memilih tempat makan yang memang terjangkau. Bakal lebih hemat lagi kalau kamu bawa bekal dari rumah ke tempat kerja. Selain hemat, memasak di rumah juga memungkinkanmu untuk mengontrol kualitas dan gizi makanan yang bakal kamu konsumsi.

 


3. Manfaatkan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi yang pesat sekarang ini, memungkinkan kita melakukan banyak dengan mudah. Mulai dari bisa kirim pesan secara cepat alias real time, nonton live streaming, hingga dengerin musik favorit. Selain itu, kamu juga bisa lebih hemat loh!

Nggak percaya? Buat kamu yang tinggal di kota besar dan butuh transfer uang ke keluarga yang jauh di sana, kamu bisa kirim uang dengan cepat. Kalau mau hemat, kamu bisa kirim uang pakai DANA yang selalu gratis tanpa minimum transaksi. 

DANA
Kirim ke mana aja di DANA/Istimewa.

Kirim uang pakai DANA bisa dikirim ke mana saja, mulai dari kirim ke sesama akun DANA, kirim ke rekening bank, atau kirim antar rekening bank. Itu karena DANA bisa transfer pakai kartu bank yang sudah disimpan di DANA. 

Keuntungannya lagi kalau pakai DANA, selain praktis, kamu juga bisa kirim uang dengan hemat karena kamu nggak perlu lagi bayar biaya admin. Coba bayangin, dalam sehari misalnya kamu tiga kali kirim uang dengan biaya admin Rp6.500. Jika ditotal, uang kamu keluarkan buat bayar biaya admin, kan bisa buat beli kopi yang bisa nemenin hari-harimu biar lebih semangat lagi! 

Yuk, segera download aplikasi DANA sekarang. Nikmati fitur-fitur yang ada di DANA biar hidupmu jadi lebih mudah dan bebas cemas!

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya