Rayakan 7 Tahun Anniversary, Kopi Kenangan Siap Ekspansi ke Filipina dan India

Sejak 2017 hingga sekarang Kopi Kenangan Indonesia berhasil merambah ke negara Malaysia dan Singapura. Kemudian, berencana untuk mengekspansi ke negara Filipina dan India.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 28 Agu 2024, 12:01 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 12:01 WIB
Peresmian Anniversary 7 Tahun Kopi Kenangan
Peresmian 7 Tahun Kopi Kenangan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sudah 7 tahun berdiri, Kopi Kenangan berhasil memikat para pecinta kopi susu untuk tetap setia menikmati Kopi Kenangan. Tepat pada Selasa (27/08/2024) Kopi Kenangan merayakan anniversary yang dihadiri oleh Edward Tirtana selaku CEO Kopi Kenangan Indonesia dan Jordan Lung selaku VP General Management of Kenangan Coffee Malaysia & Singapura.

Berbagai tantangan dihadapi seperti pada saat pandemi yang merugikan outlet Kopi Kenangan  hingga akhirnya bangkit dengan membuka 800 outlet dan bertahan sampai sekarang

Dimulai sejak 2017 lalu sampai sekarang, Kopi Kenangan bertransformasi untuk menciptakan menu-menu baru yang dapat ditawarkan kepada para penikmat kopi susu gula aren. Menu favorit yang sampai saat ini bertahan adalah Kopi Kenangan Mantan.

Pada 2021 Kopi Kenangan berhasil mengubah komoditas menjadi sebuah  brand dengan memperkenalkan produk baru Kenangan Chingo. Kemudian, pada 2022 Kopi Kenangan merambah ke negara di Asia Tenggara, Malaysia yang berhasil membuka 50 outlet. Kemudian, pada 2023 berhasil membuka outlet sebanyak 7 toko di Singapura.

Hingga saat ini, berhasil menaikan passive income yang ditandai dengan meningkatnya profit dan rating dari Kopi Kenangan.

Rencana ke depan Kopi Kenangan ingin mewujudkan visi yaitu membangun 2000 outlet, bukan hanya di wilayah Indonesia melainkan sampai ke ranah internasional.

“Sekarang sudah mencapai 1000 outlet. Rencana untuk kedepannya tiap tahun dibangun 200 sampai 300 toko," ujar Edward, Selasa (27/08/2024)

Cita-cita Kopi Kenangan untuk kedepannya adalah menjadi brand F&B di Indonesia, Asia Tenggara dan negara luar Asia serta menjadikan merek permanen premium.

“Upaya yang dilakukan oleh Kopi Kenangan adalah me-launching produk-produk terbarunya setiap dua bulan sekali," kata Edward

Kopi Kenangan memberikan penawaran kepada para pembeli berupa diskon sebanyak 20% melalui WhatsApp. Selain itu, kopi kenangan juga memberikan penawaran berupa buy one get one kepada penikmat kopinya.

Kopi kenangan juga merambah ke dunia digital dengan menciptakan aplikasi pemesanannya sendiri. Keuntungan yang akan di dapat oleh pembelinya adalah biaya yang lebih murah dan diskon-diskon lainnya.

Hasilnya mampu meningkatkan delivery jika dibandingkan dengan memesan melalui aplikasi pemesanan makanan dan minuman lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kopi Kenangan Malaysia dan Singapura

Peresmian Anniversary 7 Tahun Kopi Kenangan
Foto bersama CEO Kopi Kenangan Indonesia dan General Management Kenangan Kopi Malaysia & Singapura

Masuknya Kopi Kenangan ke negara Malaysia disambut baik oleh masyarakatnya. Sejak pertama kali launching warga Malaysia excited untuk membeli.

Selain itu, masyarakat juga memenuhi kolom komentar sosial media milik Kopi Kenangan Malaysia. Banyak komentar positif yang diberikan seperti ‘rasanya paling penting’, ‘the best part I want to share’, dan ‘yaallah enak banget’.

“Kopi Kenangan telah memberikan kenangan manis di kalangan masyarakat Malaysia,” ujar Jordan

Kurang dari dua tahun, Kopi Kenangan Malaysia telah mencapai passive income yang cemerlang. Sama seperti Malaysia, Singapura juga memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan passive income-nya.

Sebelum berhasil memikat masyarakat Malaysia dan Singapura, Kopi Kenangan sempat mengalami penurunan daya tarik karena menu yang ditawarkannya tidak sesuai.

“Pada saat launching di Singapura dan Malaysia kita pakai menu teh tarik dan sebagainya, tapi ujung-ujungnya nggak laku mereka balik lagi ke Kenangan Latte, ke Kopi Kenangan Mantan seperti kopi susu," jawab Edward

Rasa khas susu dan gula aren menjadi daya tarik penikmat kopi di sana yang membedakan dengan merek-merek lain.

Selain itu, bangunan dan lokasinya yang didesain menarik dan nyaman membuat orang-orang tertarik untuk membawa teman ke sana.


Ekspansi Brand Kopi Kenangan ke Filipina dan India

Peresmian Anniversary 7 Tahun Kopi Kenangan
Wawancara Edward Tirtana CEO Kopi Kenangan Indonesia

Setelah berhasil memperluas brand ke Malaysia dan Singapura, Kopi Kenangan berencana untuk mengekspansi produknya ke negara Filipina dan India.

Alasan yang mendasar memilih kedua negara tersebut karena populasinya yang besar, dipenuhi kalangan generasi z, kebiasaan warga negaranya yang suka meng-explore makanan dan minuman, serta kopinya yang fresh dan sweet sangat disukai masyarakat di sana.

Ekspansi ini akan dilaksanakan pada Oktober ini di Filipina dengan membuka 10 outlet. Kemudian, untuk India akan dimulai pada 2025 mendatang.

Agar tidak menghilangkan rasa aslinya, bahan dasar gula aren tetap berasal dari Indonesia. Nantinya akan di ekplore ke Filipina dan India.

Jika ekpansi ke Filipina dan India mencapai target, maka Kopi Kenangan akan merambah lagi ke negara-negara luas lainnya. Namun, itu tidak menjadi komitmen untuk saat ini.

“Masih dalam planning, masih mempelajari lagi untuk jauh lebih baik lagi ke depannya," ujar Edward

Kopi kenangan juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Namun, memerlukan pembelajaran secara mendalam mengenai sumber hingga memperoleh kecocokan satu sama lain. 

 

 

INFOGRAFIS JOURNAL: Kopi dan Konsep Slow Bar yang Kekinian
INFOGRAFIS JOURNAL: Kopi dan Konsep Slow Bar yang Kekinian (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya