6 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi buah pepaya dapat memberikan kesehatan bagi tubuh Anda. Banyak khasiat yang dapat dirasakan seperti memperlancar pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan lainnya.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 05 Sep 2024, 10:04 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 10:04 WIB
ilustrasi pepaya
Ilustrasi/Copyright unsplash/Pranjall Kumar

Liputan6.com, Jakarta - Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan teksturnya yang lembut dapat dijadikan makanan penutup atau cemilan sehat bagi Anda.

Buah dengan warna kulit oren ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sehat untuk tubuh Anda. Jika Anda mengalami gejala sakit bagian perut Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi buah segar ini.

Pepaya juga mengandung antioksidan dan enzim papain yang baik untuk pencernaan dan mencegah penyakit kardiovakular masuk ke tubuh Anda.

Selain itu, ditemukan beberapa khasiat lainnya jika Anda rutin mengonsumsi buah pepaya seperti yang dilansir dari Health, (01/05/2024) berikut ini

1. Memperlancar Pencernaan

Buah pepaya dengan rasanya yang manis memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Dengan mengonsumsi buah pepaya Anda telah meminimalisir terjadinya gangguan pencernaan pada tubuh Anda. Kandungan enzim papain yang ada di dalam buah ini mampu meningkatkan pencernaan protein yang masuk ke tubuh Anda.

Protein yang masuk ke dalam tubuh dipecahkan oleh ezim papain sehingga protein dapat dicerna dengan lancar. Selain itu, pepaya juga dapat menurunkan risiko sembelit. Jika Anda mengalami gangguan buang air besar maka mengonsumsi pepaya adalah pilihan yang baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Melindungi Diri dari Sakit Kanker

[Fimela] Kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara | unsplash.com

Pepaya dapat mencegah penyakit kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Kandungan likopen yaitu antioksidan di dalamnya mampu memberikan khasiat antikanker. Buah ini juga mengandung vitamin C yang yang mampu mengatasi risiko terkena penyakit kanker payudara.

Penelitian mengatakan, perempuan yang mengonsumsi buah ini setiap hari sebanyak 205 miligram memiliki sedikit risiko terserang kanker payudara. Selain mengurangi risiko penyakit kanker, pepaya juga memiliki risiko penyakit lainnya. Likopen pepaya mampu mengurangi risiko sakit jantung dan stroke. Serat dalam buah ini mampu menurunkan kolestrol.


3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ilustrasi Tubuh yang Sehat Credit: unsplash.com/Ben

Kandungan vitamin C di dalamnya berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Satu buah pepaya mengandung 88,3 miligram vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh manusia untuk satu hari.

Vitamin C dalam pepaya mampu melawan penyakit, infeksi dan menyembuhkan luka. Khasiat lainnya dari pepaya mampu mengatasi penyakit flu berat. Selain itu, buah pepaya yang kaya akan vitamin C dapat mencegah penuaan dan membuat tubuh sehat.


4. Menyehatkan Mata

Faktor Imun Tubuh
Ilustrasi Alis Mata Credit: unsplash.com/June

Kebanyakan orang mengetahui penyembuhan mata hanya dengan mengonsumsi wortel saja. Wortel memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin A yang baik. Tidak hanya wortel, pepaya juga dapat memberikan kesehatan untuk mata.

Pepaya memiliki kandungan beta-karoten sebanyak tiga kali lipat dari wortel. Beta-karoten dapat memperlambat kehilangan penglihatan pada usia dewasa. Selain itu, kandungan zeaxanthin yang ada pada pepaya mampu menjaga kesehatan mata.


5. Mengurangi Peradangan

Membantu Mengatasi Peradangan
Ilustrasi Peradangan Pada Kaki Credit: unsplash.com/Imani

Peradangan terjadi karena radikal bebas yang tidak stabil. Hal ini menyebabkan kerusakan pada sel tubuh dan memicu stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi karena lebih banyak radikal bebas dibandingkan dengan antioksidan di dalam tubuh.

Stres oksidatif menyebabkan penyakit berbahaya di dalam tubuh seperti penyakit jantung, kanker, dan paru-paru. Untuk mencegah hal tersebut Anda dapat mengonsumsi pepaya. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu melindungi tubuh dari beberapa penyakit kronis, penuaan dini dan peradangan. 


6. Menghambat Penyakit Alzheimer

Menurunkan Risiko Alzheimer
Ilustrasi Penderita Alzheimer Credit: unsplash.com/EnginAkyurt

Stres oksidatif karena radikal bebas yang tidak stabil memicu terjadinya penyakit alzheimer. Penyakit Alzheimer ditandai dengan kelainan neurodegeneratif. Penyakit ini ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan cara bicara, perubahan perilaku serta sulit untuk berpikir.

Untuk membantu mengatasi penyakit ini Anda dapat mengonsumsi bubuk pepaya. Dibandingkan dengan pepaya utuh, bubuk pepaya lebih berpengaruh dalam proses penyembuhan. Bubuk pepaya mampu memperlambat dan melawan stres oksidasi. Jika Anda mengidap penyakit alzheimer cobalah rutin mengonsumsi pepaya untuk mengurangi efeknya. Namun, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker (Liputan6.com/Yoshiro)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya