5 Cara Mencegah Sunscreen Supaya Tidak Pilling, Jangan Sampai Malas Memakainya

Pakai sunscreen itu penting, tapi kadang suka pilling. Maka dari itu, coba ikuti tipsnya berikut ini.

oleh Bella Zoditama diperbarui 21 Sep 2024, 10:01 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 10:01 WIB
5 Cara Mencegah Sunscreen Supaya Tidak Pilling, Jangan Sampai Malas Memakainya
5 Cara Mencegah Sunscreen Supaya Tidak Pilling, Jangan Sampai Malas Memakainya (freepik/racool_studio)

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan sunscreen di siang hari memang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun sayangnya, tidak semua orang suka memakainya. Alasannya? Karena sunscreen mereka menggumpal.

Padahal, Anda sudah mencuci wajah terlebih dahulu, lalu mengoleskan serum dan pelembap, tapi ketika pakai sunscreen, permukaan wajah yang sudah bersih ini justru menjadi bertekstur dan kasar.

Ini terjadi karena sunscreen pilling, di mana sunscreen yang Anda miliki membentuk gumpalan kecil atau "pil" dan membuat Anda harus mengulang memakai skincare lagi.

Mengaplikasikan sunscreen adalah bagian terpenting dari rutinitas kecantikan apa pun. Dan penumpukan "pil" tidak hanya sangat membuat frustrasi, tetapi juga membuang-buang produk. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya?

Melansir dari Byrdie, Kamis (19/9/2024), dokter kulit Dr. Dendy Engelman dan Dr. Morgan Rabach akan memberitahukan lebih lanjut tentang penyebab klinis dan cara praktis dalam mengatasi sunscreen pilling dan menawarkan beberapa solusi untuk mengembalikan skincare routine ke jalur yang benar.

Mengapa Sunscreen Bisa Menggumpal?

Menurut para ahli, penggumpalan sunscreen dapat disebabkan oleh dua alasan utama: produk yang Anda gunakan dan cara Anda mengaplikasikannya.

Namun, sebelum Anda membuang semua yang ada di lemari Anda dan memesan terlalu banyak janji temu dengan dokter kulit, baca terus saran ahli kami tentang cara-cara untuk menghentikan sunscreen pilling dan melanjutkan rutinitas perawatan kulit yang sudah biasa dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Mengatasi Sunscreen Pilling

eksfoliasi
Ilustrasi eksfoliasi yang penting dilakukan untuk wajah | copyright freepik

Daripada langsung membuang sunscreen Anda, lebih baik coba lakukan beberapa cara berikut supaya sunscreen tidak pilling lagi. Ini dia cara-cara yang bisa dilakukan:

1. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Setiap rutinitas perawatan kulit yang baik dimulai dengan membersihkan kulit. Eksfoliasi mengangkat sel kulit mati dan kotoran, memastikan penyerapan produk perawatan kulit secara maksimal, sehingga meminimalkan risiko penggumpalan sunscreen. Namun, Engelman mengatakan bahwa menemukan keseimbangan untuk kulit Anda adalah kuncinya.

"Mengeksfoliasi terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan kulit kita menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak, yang juga berkontribusi terhadap penggumpalan," katanya.

"Saya sarankan untuk hanya melakukan eksfoliasi satu hingga dua kali seminggu dan menggunakan eksfoliator kimia daripada eksfoliator fisik," lanjutnya.

Rabach mencatat, "Kulit kering atau kulit mengelupas dapat mencegah sunscreen terserap," jadi eksfoliasi dan pelembap adalah kuncinya.


2. Evaluasi produk yang digunakan

Retin-A, retinol, dan retinyl palmitate
Ilustrasi Produk Skincare Credit: unsplash.com/Sisy

Orang-orang menggunakan banyak produk secara berlebihan dalam budaya kecantikan masa kini yang menganut paham "semakin banyak semakin baik." Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan beberapa produk saling bertentangan, tetapi juga dapat merusak kulit Anda.

"Menggunakan terlalu banyak produk dapat mengganggu mikrobioma kulit, menyebabkan iritasi, kekeringan, atau produksi minyak berlebih, yang secara langsung berhubungan dengan penggumpalan," jelas Engelman.

"Formulasi sunscreen itu sendiri dapat menggumpal, atau sunscreen dapat bercampur dengan produk atau riasan lain, sehingga menyebabkannya menggumpal," imbuh Rabach.

Mengaplikasikan terlalu banyak produk sekaligus, terutama heavy cream dan produk berbahan dasar minyak, juga dapat menghalangi penyerapan dan menyebabkan SPF Anda menggumpal.

3. Biarkan produk mengering lebih dulu

Waktu yang dibutuhkan suatu produk untuk mengering atau menyerap tergantung pada konsistensi produk dan jenis kulit Anda. Engelman menyarankan untuk menunggu setidaknya 30-60 detik setelah mengaplikasikan suatu produk.

Rabach menyarankan untuk menunggu sekitar lima hingga 10 menit, membiarkan cairan produk menghilang sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Engelman juga mencatat cara lain yang baik untuk menguji apakah Anda siap untuk langkah perawatan kulit berikutnya adalah dengan menyentuh wajah Anda.

"Jika Anda masih merasakan basah atau produk di jari Anda, berarti produk tersebut belum sepenuhnya terserap."


4. Gunakan produk dengan urutan yang tepat

Skincare Routine
Ilustrasi menggunakan cream pelembab sebagai salah satu step skincare routine. Credits: pexels.com by Sora Shimazaki

Urutan penggunaan skincare memegang peranan penting dalam reaksi produk tersebut. Engelman menjelaskan bahwa produk yang lebih ringan dan encer, seperti serum, mengandung bahan aktif dengan struktur molekul yang lebih kecil, sedangkan produk yang lebih kental, seperti krim, menggunakan molekul yang lebih besar.

Jika digunakan secara tidak tepat, molekul yang lebih besar akan menghalangi molekul yang lebih kecil untuk terserap dengan baik ke dalam kulit, sehingga produk Anda tidak akan berfungsi dengan baik dan membentuk lapisan lengket yang dapat menyebabkan sunscreen menggumpal.

“Saya sarankan untuk memulai dengan skincare yang paling ringan dan encer terlebih dahulu (seperti serum), kemudian secara bertahap beralih ke produk yang lebih kental atau lebih berat (seperti pelembap), dan menggunakan SPF sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit Anda,” kata Engelman.

Namun, penting untuk dicatat bahwa jika Anda menggunakan chemical sunscreen, sunscreen ini harus dioleskan sebelum pelembap, karena sunscreen harus meresap ke dalam kulit. Jika Anda menggunakan mineral sunscreen, sunscreen tersebut dapat dioleskan setelah pelembap sebagai langkah terakhir sebelum makeup.


5. Perhatikan bahan-bahannya

Physical Sunscreen
Ilustrasi Physical Sunscreen | copyright freepik

Beberapa bahan yang diketahui dapat bereaksi dengan produk lain hingga membentuk pil, termasuk:

  • Silicones

Engelman menjelaskan bahwa silikon, seperti dimethicone, amodimethicone, dan cyclomethicone, umumnya disertakan dalam SPF untuk meningkatkan kemanjuran sunscreen dengan menciptakan penghalang pada lapisan atas kulit untuk melindungi dari tekanan lingkungan seperti angin dan air.

Namun, ini juga berarti bahan-bahan tersebut dapat menggumpal dan membentuk pil.

  • Xanthan Gum

Rabach menyebutkan xanthan gum sebagai penyebab potensial lain pembentukan pil. Bahan multifungsi ini digunakan dalam banyak produk sebagai pengental, penstabil, dan pengikat untuk meningkatkan tekstur dan rasanya, tetapi dapat menyebabkan pembentukan pil dalam konsentrasi tinggi.

  • Mineral Blockers

Ironisnya, beberapa formula krim SPF dengan kandungan mineral tinggi dapat menyebabkan pembentukan pil bagi orang-orang tertentu. Cobalah memilih SPF mineral dengan mineral "mikronisasi" untuk mengatasi hal ini. Rabach mencatat bahwa silicone, talc, mica, iron oxide, dan carbomer dapat meningkatkan pilling.

Infografis Skincare Lokal
Infografis Skincare Lokal. (Liputan6.com/Triyasni)  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya