Pembalap Muda Indonesia Duduki Posisi 6 di Formula 3 Inggris

Pembalap Muda Indonesia, Sean Gelael memperlihatkan perjuangan pantang menyerah dalam kiprahnya di Formula 3 Inggris.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Agu 2013, 11:45 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2013, 11:45 WIB
130814aformula.jpg
Citizen6, Inggris: Pembalap Muda Indonesia, Sean Gelael memperlihatkan perjuangan pantang menyerah dalam kiprahnya di Formula 3 Inggris, yang berlangsung di Sirkuit Brands Hatch, 10-11 Agustus 2013.

Berkompetisi melawan pembalap-pembalap lainnya dalam 3 race, Sean berhasil menempati posisi ke 6 dalam race 2 dan race 3. Walaupun pernah bertanding di Brands Hatch Indy Circuit yang lebih pendek, ini adalah kali pertama bagi Sean yang tergabung dalam Double R Racing mencoba lintasan Grand Prix yang lebih panjang. Dengan karakter lintasan yang sangat cepat, sempit, dan bergelombang di beberapa tikungan.

Mengendarai Dallara Mercedes, Sean sempat mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas, pada Jumat 9 Agustus 2013. Tetapi pada akhirnya, Sean tetap fokus untuk mengakhiri sesi kualifikasi pada Sabtu pagi di posisi ke 8.

"Setelah kecelakaan di hari Jumat, dan setelah mobil diperbaiki, saya sebenarnya mampu untuk mengurangi jarak dengan pebalap di depan saya. Saya juga sudah mendapatkan kembali ritme balapan saya walaupun ini adalah pengalaman saya yang pertama di sirkuit ini. Tetapi dengan banyaknya insiden yang terjadi, dan juga kurangnya pengalaman saya, membuat segala sesuatunya menjadi cukup berat," ungkap Sean.

Mampu melakukan start dengan baik di race pertama, Sean mampu menyodok ke posisi ke 6, tetapi pada lap ke tiga, di bagian trek yang disebut Sheene Curve, Sean mengalami kecelakaan.

"Sebenarnya saya dapat melakukan start dengan baik dan segala sesuatunya berjalan lancar. Lalu saya melihat di depan saya ada Nicholas Latifi. Saya berusaha untuk menyusul dan memberi tekanan kepadanya," kata Sean.

"Tetapi akibat dari penundaan pada saat testing, saya jadi tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mencoba lintasan. Dari data yang diperoleh pada waktu sesi kualifikasi, terlihat bahwa saya bisa melalui trotoar di Sheene Curve. Saya mencobanya, sayangnya saya keluar terlalu jauh sehingga mobil terlempar melewati track dan menabrak pembatas. Walau tidak terjadi kerusakan yang cukup berarti, tetapi insiden ini tetap saja membuat saya tidak dapat melanjutkan pertandingan," tambah Sean.

Ini artinya, Sean Gelael harus melakukan start di race kedua dari posisi belakang. Tetapi Sean mampu melakukan performa yang luar biasa. Dalam waktu singkat, Sean sudah berhasil  masuk di posisi 10 besar. Di lap ke 13 dari 23 lap yang harus di jalani, di Paddock Hill Bend, Sean berhasil melewati rekan satu timnya di Double R Racing, Tatiana Calderon, untuk pada akhirnya finish di posisi ke 6.

"Pada akhirnya saya bisa menyelesaikan race kedua ini tanpa masalah berarti. Sangat baik bagi saya untuk bisa mendapatkan waktu untuk berada di lintasan cukup banyak. Di akhir balapan tadi, kecepatan kendaraan saya juga sudah semakin meningkat," jelasnya.

Setelah dua minggu berturut-turut bertanding di Formula 3 Inggris, minggu depan Sean Gelael akan kembali bertarung di FIA Formula 3 Eropa, pada 17-18 Agustus, di salah satu sirkuit terkenal di dunia, Nurbugring – Jerman. (Anky Tomasouw/Mar)

Anky Tomasouw adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat email anky@karyaku.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya