MicroStrategy Borong 12.333 Bitcoin Senilai Rp 5,2 triliun

Harga pembelian rata-rata Bitcoin yang dibeli MicroStrategy mencapai sekitar USD 29.668 per koin atau setara Rp 444,6 juta.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 29 Jun 2023, 14:39 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2023, 14:39 WIB
MicroStrategy Borong 12.333 Bitcoin Senilai Rp 5,2 triliun
Berdasarkan pengajuan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), MicroStrategy membeli 12.333 bitcoin. Harga rata-rata pembelian per koin setara Rp 444,6 juta. (Image by Benjamin Nelan from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan intelijen bisnis MicroStrategy melanjutkan pembelian Bitcoin. Menurut pengajuan pada Rabu dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menunjukkan perusahaan membeli 12.333 bitcoin dengan harga sekitar USD 347 juta atau setara Rp 5,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.988 per dolar AS) antara 29 April dan 27 Juni. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (29/6/2023), ini menandai pembelian Bitcoin terbesar sejauh ini untuk MicroStrategy dan sekarang perusahaan memiliki total 152.333 Bitcoin yang bernilai USD 4,5 miliar atau setara Rp 67,4 triliun. 

Harga pembelian rata-rata Bitcoin yang dipegangnya mencapai sekitar USD 29.668 per koin atau setara Rp 444,6 juta menurut data catatan pengarsipan. MicroStrategy, yang menyediakan intelijen bisnis, perangkat lunak seluler, dan layanan berbasis cloud, memiliki lebih banyak Bitcoin daripada perusahaan publik lainnya. 

Perusahaan mulai membeli cryptocurrency kembali pada Agustus 2020; salah satu pendirinya Michael Saylor mengatakan pada saat itu alasannya adalah sebagai lindung nilai terhadap inflasi. 

Sebelumnya, dia membagikan ulang berita tentang perusahaan yang menambah perbendaharaan Bitcoin di Twitter. Aset digital terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar naik secara signifikan dari harganya saat itu. Sejak 2020, Saylor telah berbicara tentang Bitcoin sebagai emas yang direkayasa, sintetis, dan bermutu.

Bulan lalu, Saylor mengatakan strategi perusahaannya adalah membeli dan menahan Bitcoin, dan kunci bagi perusahaan adalah konsisten, transparan, dan bertanggung jawab dalam mengejar strategi itu.

Meskipun Bitcoin telah menukik tajam dari level tertinggi sepanjang masa pada November 2021, rencana MicroStrategy tampaknya membuahkan hasil: saham perusahaan yang diperdagangkan sebagai MSTR di Nasdaq naik lebih dari 162 persen sejak pembelian Bitcoin pertamanya pada 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


CEO MicroStrategy, Michael Saylor Soroti Kekebalan Jangka Panjang Bitcoin

CEO MicroStrategy Michael Saylor
CEO MicroStrategy Michael Saylor

Sebelumnya, selama konferensi Bitcoin 2023 di Miami, CEO MicroStrategy Michael Saylor membahas daya tahan jangka panjang Bitcoin selama pasar beruang setelah serangkaian kegagalan baru-baru ini di industri kripto.

“Alasan mengapa Bitcoin benar-benar bagus adalah karena secara termodinamika bagus. Ini mahakarya rekayasa karena kami telah menciptakan aset moneter di mana kami telah menghilangkan semua risiko pihak lawan,” kata Michael Saylor, dikutip dari The Street Crypto, Selasa (23/5/2023).

Dia menambahkan, Bitcoin menjadi istimewa karena menawarkan kesederhanaan yang "kuat dan mendalam" yang memungkinkan orang lain terhubung ke sistem dengan risiko lebih sedikit. 

Secara khusus, dia mengatakan rata-rata pengguna dapat menciptakan ekuitas digital tanpa risiko ekuitas, komoditas digital tanpa risiko komoditas, dan jaringan komputer tanpa risiko komputer.

Skeptisme Kripto Meningkat

Berbeda dengan ini, Saylor mengatakan ekosistem kripto lainnya menghadapi "skeptisisme yang meningkat" setelah gelombang kegagalan, termasuk ledakan FTX, Alameda Research, BlockFi, Terra/Luna dan lainnya.

“Semua hal itu, yang dapat dilihat secara negatif, sebenarnya positif untuk Bitcoin karena semuanya mempercepat kesimpulan investor arus utama Bitcoin itu istimewa dan sehat secara etis, sehat secara teknis, dan sehat secara ekonomi,” jelas Saylor.

Optimisme Bitcoin

Saylor turutmenyebut, Bitcoin memperbaiki banyak hal dan dapat membantu semua orang. Saylor secara khusus menyoroti keberhasilan yang berkembang dari Lightning Network dan Ordinals sebagai indikasi ruang bergerak ke arah yang benar.

“Bitcoin adalah aset keuangan paling aman di dunia. Bitcoin akan tetap ada dan Bitcoin adalah masa depan,” pungkas Saylor.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Presiden AS Terang-terangan Menentang Aset Crypto, Tolak Tanda Tangani Perjanjian Untungkan Pedagang

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengatakan dia tidak mau menandatangani perjanjian plafon utang yang akan menguntungkan pedagang kripto.  Tindakan ini bisa dinilai jika Presiden AS menentang aset cryopto.

Selama hari terakhir pembicaraan G7 di Jepang, Biden membahas negosiasi anggaran, mengklaim persyaratan yang diusulkan oleh para pemimpin Republik "tidak dapat diterima".

“Saya tidak akan menyetujui kesepakatan yang melindungi penipu pajak kekayaan dan pedagang kripto sambil membahayakan bantuan makanan bagi hampir 1 juta orang Amerika,” kata Joe Biden dikutip dari CryptoNews, Selasa (23/3/2023).

Dugaan perlindungan untuk pedagang kripto mengacu pada pemanenan kerugian pajak, strategi perencanaan pajak yang melibatkan penjualan cryptocurrency yang telah mengalami penurunan nilai untuk mengimbangi pajak keuntungan modal atas investasi lain.

Kerugian modal yang dihasilkan dari penjualan mata uang kripto ini dapat digunakan untuk mengimbangi keuntungan modal atau bahkan mengurangi pajak penghasilan biasa hingga USD 3.000 per tahun atau setara Rp 44,5 juta (asumsi kurs Rp 14.846 per dolar AS).

Pada dasarnya, investor mengambil keuntungan dari tren penurunan di pasar kripto untuk menjual aset secara strategis dengan kerugian, mengurangi jumlah pajak yang harus mereka bayar.

Menurut laporan baru-baru ini oleh Washington Post, ada diskusi yang sedang berlangsung antara Gedung Putih dan para pemimpin Republik tentang pemblokiran mekanisme transaksi mata uang kripto.

"Proposal Gedung Putih untuk menutup celah pajak terkait mata uang kripto dan celah real estat keduanya sebelumnya diajukan oleh pemerintah," kata laporan itu.

Proposal cryptocurrency akan memastikan investor tidak dapat mengklaim kerugian atas aset yang kemudian mereka beli kembali dengan cepat aturan yang sudah ada untuk saham dan aset lainnya.

 

 


Microstrategy Raup Untung Rp 1,3 Triliun dari Bitcoin pada Kuartal Pertama 2023

Bitcoin - Image by Allan Lau from Pixabay
Bitcoin - Image by Allan Lau from Pixabay

Sebelumnya, Platform intelijen bisnis MicroStrategy menegaskan kembali komitmennya terhadap strategi investasi Bitcoin setelah menghasilkan laba kuartalan pertama sejak 2020.

Perusahaan yang didirikan oleh Michael Saylor kembali ke posisi hijau pada kuartal pertama 2023 dengan laba sebesar USD 94 juta atau setara Rp 1,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.670 per dolar AS).

Perusahaan memiliki 140.000 Bitcoin, yang dibeli secara kolektif dengan biaya rata-rata sekitar 29.803 atau setara Rp 437,5 juta. Keuntungan bitcoin perusahaan datang karena BTC berhasil naik 72 persen selama kuartal pertama menjadi sekitar USD 28.300 atau setara Rp 415,4 juta.

Kepala eksekutif perusahaan, Phong Lee menjelaskan dalam pernyataan 1 Mei soal keyakinan MicroStrategy dalam investasi Bitcoin-nya.

“Keyakinan dalam strategi bitcoin kami tetap kuat karena lingkungan aset digital terus berkembang. Selain manfaat pajak, perusahaan menguangkan pendapatan USD 121,9 juta atau setara Rp 1,7 triliun, naik 2,2 persen dari waktu yang sama tahun lalu,” kata Lee, dikutip Cointelegraph, Selasa (2/5/2023). 

Kepala keuangan perusahaan, Andrew Kang menjelaskan perusahaan juga berhasil mengurangi pengaruhnya dengan membayar kembali pinjaman yang didukung Bitcoin senilai USD 161 juta atau setara Rp 2,3 triliun dari Silverage Bank yang sekarang runtuh.

“Di kuartal pertama, kami memperkuat struktur permodalan kami dengan mengurangi leverage dengan melunasi sepenuhnya pinjaman kami yang didukung bitcoin,” jelas Kang.

Sesuai pengajuan SEC sebelumnya,Microstrategy membeli 7.500 BTC di kuartal pertama 2023 dalam dua pembelian pada 23 Maret dan 5 April dengan total USD 179 juta atau setara Rp 2,6 triliun.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya