Tips Olahraga Tanpa Merusak Tatanan Rambut Anda

Inilah beberapa tips olahraga tanpa harus merusak tantanan rambut Anda, penasaran?

oleh Annissa Wulan diperbarui 08 Agu 2018, 17:15 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2018, 17:15 WIB
Ilustrasi Olahraga Lari (iStockphoto)
Lambat Laun Dewi Mulai Menemukan Kenikmatan Melakukan Olahraga Lari (Ilustrasi/iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Mempertahankan tatanan rambut saat Anda melakukan olahraga mungkin menjadi tantangan tersendiri yang cukup sulit. Ketika melakukan olahraga, satu hal yang pasti, tubuh Anda akan berkeringat dan merusak penampilan secara keseluruhan.

Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari realsimple.com, Rabu (8/8/2018), berikut ini adalah beberapa tips olahraga tanpa merusak tantanan rambut. Penasaran?

1. Jangan mengikat rambut dengan karet

Anda memang harus menjauhkan rambut dari leher, namun pastikan untuk tidak mengikat rambut dengan karet. Anda bisa mengikat rambut dengan pita, karena tidak akan membuat rambut berbekas keriting setelahnya.

Untuk mencegah kerusakan rambut, ubah gaya Anda menatanya, sehingga tidak menekan bagian rambut yang sama setiap kali melakukan olahraga.

2. Sesuaikan gaya rambut berdasarkan jenis olahraga yang dilakukan

Ya, Anda juga menyesuaikan gaya rambut berdasarkan jenis olahraga yang dilakukan, seperti cepol tinggi ketika melakukan pilates atau ekor kuda tinggi ketika melakukan kardio. Sedangkan kepang biasanya digunakan saat Anda melakukan ski atau bersepeda untuk menghindari rambut terkena angin dan menjadi kusut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips olahraga tanpa harus merusak tatanan rambut

Ilustrasi Olahraga dan Angkat Beban (iStockphoto)
Apa Sebenarnya Manfaat Latihan Kardio dan Beban (iStockphoto)

3. Gunakan kondisioner sebelum olahraga

Sebelum olahraga, cobalah mengaplikasikan kondisioner. Setelah selesai, gunakan pengering rambut untuk mengaktifkan kembali kondisioner yang sebelumnya sudah Anda gunakan.

4. Buat tekstur rambut Anda sendiri

Untuk mengembalikan tekstur rambut setelah olahraga, Anda hanya perlu membalikkan kepala dan menggosok kulit kepala dengan jari-jari tangan, atau gunakan semprotan yang bisa mengembalikan tekstur rambut. Semprotan ini berfungsi layaknya dry shampoo yang dapat menyerap minyak dan mengembalikan volume rambut.

5. Menggulung rambut

Sebelum menggulung rambut, pastikan Anda menyemprot rambut dengan vitamin, sehingga setelah gulungan dilepas, volume rambut akan kembali seperti sedia kala.

6. Memilih bando yang ramah untuk olahraga

Jika Anda ingin membeli ikat rambut, pilihlah yang terbuat dari kain anti lembap. Ikat ini akan membuat penampilan rambut Anda tetap bagus, lentur, dapat bernapas dengan baik, dan dirancang agar kepala tetap dingin, serta kering.


Tips olahraga tanpa harus merusak tatanan rambut

Olahraga lari
Ilustrasi lari (iStockphoto)

7. Bobby pin

Bobby pin juga bisa digunakan untuk menjaga rambut di sekitar wajah tidak mengganggu olahraga Anda.

8. Hindari produk yang mengandung silikon

Produk rambut yang mengandung silikon justru dapat menarik kotoran dan keringat, membuat rambut terlihat kotor. Selain itu, penumpukan produk dapat membut rambut menjadi lepek.

9. Jangan menggunakan topi bisbol

Topi bisbol mungkin bisa menjaga wajah dari gangguan rambut selama olahraga, namun topi ini juga menjebak panas di kulit kepala, menghasilkan lebih banyak keringat dari yang seharusnya.

10. Jauhkan tangan dari kepala Anda

Menyentuh rambut dengan tangan selama olahraga dapat merangsang produksi minyak di kulit kepala, sehingga sebaiknya rambut dikuncir ke atas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya