Atap Teater di London Runtuh, 720 Orang Terperangkap

Atap Teater Apollo di London tiba-tiba saja runtuh, saat sedang digelar pertunjukan di dalamnya.

oleh Tan diperbarui 20 Des 2013, 09:42 WIB
Diterbitkan 20 Des 2013, 09:42 WIB
atap-runtuh-131220a.jpg
Atap Teater Apollo di London tiba-tiba saja runtuh, saat sedang digelar pertunjukan di dalamnya pada Kamis 19 Desember malam. Akibatnya, 720 orang yang sedang menikmati acara di dalam gedung teater itu terperangkap di dalam sebuah bangunan Edwardian 4 lantai dengan 3 balkon interior yang dibuka pada tahun 1901.

Sebuah potongan besar langit-langit yang berhias dengan besar sekitar 10 meter persegi roboh sekitar pukul 08.15 waktu setempat, tepat sebelum istirahat pertama di Apollo Theatre yang terletak di Shaftesbury Avenue.

"Setidaknya 7 orang terluka parah, dan 81 lainnya luka ringan" ujar pemadam kebakaran dan petugas medis seperti dimuat New York Times, yang dilansir Liputan6.com, Jumat (20/12/2013).

Petugas layanan ambulans mengatakan mereka telah mengobati 81 orang dengan luka ringan, dan 7 orang dengan luka cukup serius.

"720 Orang berada di gedung, 4 orangnya terluka cukup serius tertimpa langit-langit yang jatuh dari balkon. 76 Lainnya melakukan rawat jalan menderita luka pada bagian kepala, lecet, tersayat dan shock," ujar Nick Harding dari Pemadam Kebakaran London.

"Mereka yang terluka ringan dirawat cepat di tenda-tenda yang didirikan di bangunan sebelahnya, Gielgud Theatre. Dan kemudian dibawa untuk pemeriksaan ke rumah sakit setempat dikomandoi bus tingkat," tambahnya.

Sekitar 25 kru ambulans dan ambulans udara telah bersiaga di tempat kejadian, bersama dengan 8 mobil pemadam kebakaran dan puluhan petugas polisi serta petugas pemadam kebakaran. Diduga hujan deras dan hembusan angin kencang menjadi pemicu runtuhnya atap tersebut, tetapi para pejabat pemadam kebakaran dan polisi mengatakan masih harus menyelidiki sebelum menyatakan penyebab pastinya.

The Apollo adalah salah satu teater pertama di London yang dibangun pada periode Edwardian, dan dibuka pada 21 Februari 1901. Kala itu pertunjukannya komedi musikal Amerika 'The Belle of Bohemia'. Salah satu struktur bangunan teaternya curam, dengan 3 balkon kantilever. Para penonton yang takut ketinggian pun diperingatkan untuk tidak duduk di balkon tertinggi di teater itu. (Tnt/Mut)

Baca juga:
Atap Mal Runtuh, 2 Tewas dan 40 Orang Terjebak
[VIDEO] Mal di Latvia Ambruk, 21 Orang Tewas
Bangunan Peninggalan Belanda Roboh di Semarang, 1 Tewas

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya