Keseringan Minum Soda Bikin Pria Cepat Keriput

Bukan hanya memengaruhi kulit wanita, terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis juga membuat sel pria cepat menua.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 11 Nov 2014, 13:30 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2014, 13:30 WIB
Minuman Soda
(Foto: Rahadiona)

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya memengaruhi kulit wanita, terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis juga membuat sel pria cepat menua.

Seperti yang diungkapkan dalam penelitian baru dari University of California di San Francisco. Ilmuwan menunjukkan, pria yang sering mengonsumsi soda, memiliki telomere yang lebih pendek yang berkaitan dengan peningkatan risiko masalah jantung, diabetes, dan kanker.

Seperti dikutip Menshealth, Senin (10/11/2014), para peneliti memperkirakan, mengonsumsi 20 ons soda setiap hari akan bisa membuat sel 4,6 tahun lebih tua. Efek penuaan ini mirip dengan yang ditimbulkan oleh merokok.

Lalu, mengapa soda bisa membuat sel menua? penulis studi Cindy Leung, Sc.D mengatakan, soda manis menyebabkan masuknya kalori dengan cepat ke dalam aliran darah Anda sehingga meningkatkan kadar insulin. Hal ini pula yang dapat meningkatkan stres oksidatif, resistensi insulin, dan peradangan.

Kendati demikian, Cindy mengatakan, penelitian ini merupakan penelitian observasional, yang berarti bahwa ia tidak dapat membuktikan sebab dan akibatnya. Plus, panjang telomer didasarkan hanya pada satu sampel tunggal, yang berarti hanya satu spesimen diambil dari masing-masing peserta pada satu waktu, sehingga tingkat pemendekan tidak dapat diukur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya