Bagi RS, Ini Keuntungan Penerapan Verifikasi Digital Klaim dari BPJS Kesehatan

Proses verifikasi digital klaim (Vedika) punya keunggulan tersendiri bagi rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 27 Apr 2018, 06:30 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2018, 06:30 WIB
BPJS Kesehatan  bakal memberlakukan verifikasi digital klaim (Vedika) bagi fasilitas kesehatan rujukan dan rumah sakit yang bekerjasama. (Foto: Liputan6/Fitri Haryanti)
BPJS Kesehatan bakal memberlakukan verifikasi digital klaim (Vedika) bagi fasilitas kesehatan rujukan dan rumah sakit yang bekerjasama. (Foto: Liputan6/Fitri Haryanti)

Liputan6.com, Jakarta Proses verifikasi digital klaim (Vedika) dari BPJS Kesehatan punya keunggulan tersendiri bagi rumah sakit yang bekerja sama. Menurut Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari respons klaim yang diajukan rumah sakit akan cepat direspons.

Bukan hanya itu saja, Vedika yang merupakan program dari BPJS Kesehatan yang berlaku serentak pada 1 Mei 2018 ini mengurangi penggunaan kertas.

"Iya, ini sekalian juga kami (BPJS Kesehatan) menerapkan paperless (pengurangan kertas). Selama ini kan verifikasi secara konvensional, pakai kertas," kata Andayani dalam konferensi pers "Optimalkan Kualitas Layanan di Rumah Sakit Lewat Implementasi Vedika" di Kantor BPJS Kesehatan Pusat, Jakarta pada Kamis (26/4/2018).

Dengan berkurangnya penggunaan kertas, meja-meja kerja tak lagi ada banyak tumpukan kertas verifikasi klaim. Seluruh proses menjadi serba digital.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cegah data rusak

Ilustrasi BPJS Kesehatan
Ilustrasi BPJS Kesehatan

Andayani menambahkan, adanya Vedika meminimalisasi data verifikasi klaim rusak.

"Selama ini data verifikasi klaim yang dimasukkan juga disimpan di flashdisk. Nah, kadang kan flashdisk-nya rusak atau data yang ditampilkan tidak sesuai (error)," tambahnya.

Lalu, Vedika yang berupa aplikasi program ini lebih efektif dan efisien. Penyimpanan data pusat (sentralisasi) dan akurasi data juga terjamin baik seperti disampaikan Andayani di kesempatan tersebut. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya