Hati-Hati, 4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Kencan Pertama

Kencan pertama membuat hati gembira sekaligus gugup. Karena merupakan pengalaman pertama, mudah untuk membuat kesalahan. Empat kesalaan ini sering dilakukan saat kencan pertama.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Des 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 25 Des 2022, 19:00 WIB
ilustrasi bahasa tubuh
4 bahasa tubuh ini harus Anda perhatikan saat kencan pertama dengan si dia

Liputan6.com, Jakarta - Pergi kencan pertama bukanlah suatu hal yang mudah. Bertemu seseorang yang baru dan mengobrol berdua nampaknya cukup membuat gugup. Belum lagi Anda harus memikirkan pakaian dan sepatu yang akan dikenakan, bagaimana harus bersikap, serta apa saja yang perlu dikatakan. Ugh, mau meledak rasanya.

Tak hanya itu, setelah bertemu dengan pasangan kencan, bisa saja semua tidak berjalan sesuai kehendak Anda. Oleh karena itu, daripada pusing memikirkan cara membuat pasangan kencan terkesan, lebih baik camkan hal-hal apa saja yang perlu dihindari pada saat kencan pertama.

4 kesalahan yang biasa dilakukan saat kencan pertama menurut situs Brides yaitu:

1. Tidak Menyadari Niat Kencan

Terlepas dari apakah Anda berkencan dengan santai atau sedang mencari hubungan yang serius, memahami niat kencan dapat membantu mewujudkan kencan pertama yang produktif.

"Penting untuk mengetahui apa yang Anda cari sebelum berkencan sehingga Anda dapat mengawasi hal-hal yang tidak selaras," kata konselor kesehatan mental berlisensi Wale Okerayi LMHC LPC kepada Brides.

Jika pasangan kencan menginginkan sesuatu yang serius dan Anda tidak, itu mungkin pertanda bahwa Anda berdua tidak cocok, begitu juga sebaliknya.

Kencan membutuhkan upaya bersama dari kedua belah pihak yang terlibat, jadi penting untuk jujur pada diri sendiri dan teman kencan Anda tentang apa yang diinginkan dari kencan tersebut.

2. Bertemu Seseorang yang Membuat Tidak Nyaman

Okerayi menggarisbawahi bahwa jika teman kencan Anda pernah bersikap kelewat batas di masa lalu, bertemu dengannya lagi mungkin tidak akan terasa begitu menyenangkan.

Ketika kencan pertama, diri Anda secara alami merasa gugup, jadi pergi keluar dengan seseorang yang pernah membuat Anda merasa tidak nyaman dan gelisah bukanlah keputusan yang bijak. Percaya insting Anda, dan waspada skenario mana yang membuat Anda merasa nyaman atau tidak aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Mencari Hal-Hal Negatif

Lima Makanan yang Harus dihindari Saat Kencan Pertama
Kencan pertama akan memberikan kesan yang selalu dikenang selama hubungan tersebut berlangsung.

Maksud negatif disini tidak mengacu pada kewaspadaan terhadap potensi kecelakaan yang mungkin terjadi, melainkan terus-menerus mencari sesuatu yang salah dengan mereka.

Okerayi menyebutkan, ketika berhasil menemukannya, kencan Anda sudah hancur berantakan. Hindari keinginan untuk mencari-cari kesalahan soal semua yang ia katakan atau bahkan apa yang dikenakannya.

Berkencan mengharuskan Anda untuk bersikap terbuka dalam menemui orang baru. Selain itu, meskipun hal-hal tertentu mungkin terlihat salah di mata Anda, bukan berarti hal itu memang salah.

4. Mengeliminasinya

Menurut Okerayi, sebelum benar-benar memutuskan bahwa orang tersebut tidak tepat untuk Anda, pertimbangkan untuk berpikiran terbuka dan merencanakan kencan kedua ketimbang langsung membuat kesimpulan.

Okerayi menuturkan bahwa Anda tidak bisa mengenal seseorang hanya dalam sekali kencan—kecuali jika orang tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman atau membahayakan keselamatan Anda. "Saya akan berkencan setidaknya dua kali sebelum membuat keputusan," ucapnya.

Banyak orang yang melakukan kesalahan dalam kencan pertama dengan langsung mengeliminasi dan menganggap pasangan kencannya tidak cocok dengan Anda hanya berdasarkan percakapan singkat. Padahal, untuk benar-benar mengenal seseorang butuh komunikasi beberapa kali.

Jika kencan pertama Anda biasa saja, cobalah pergi ke kencan kedua untuk melihat apakah ada rasa yang muncul. Jikalau memang tidak ada, setidaknya Anda sudah mencoba.


Topik yang Bisa Dibicarakan

Ilustrasi kencan
Ilustrasi kencan. Sumber foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez.

Saat kencan, Anda mungkin bingung harus mengobrol soal apa. Anda mungkin khawatir dianggap membosankan atau tidak sadar menanyakan topik sensitif.

Oleh karena itu, Brides merekomendasikan untuk membahas beberapa topik di bawah ini:

1. Musik Favorit

Ini merupakan topik percakapan yang cocok untuk kencan pertama sebab Anda dapat belajar banyak tentang seseorang dengan berbicara tentang selera musiknya.

Meskipun mungkin saja Anda dan pasangan kencan menikmati jenis musik yang sama dan bahkan telah melihat konser atau festival yang sama secara langsung, Anda juga dapat memperluas repertoar musik dengan mempelajari tentang genre dan band yang disukai pasangan kencan.

Kencan pertama bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan rekomendasi band baru. Ditambah, berbagi tentang musik dan konser dapat membantu Anda berdua terikat. Anda dapat mengatakan tentang acara terbaik dan terburuk yang pernah didatangi atau memberitahu siapa artis yang ingin Anda lihat secara langsung.


2. Makanan

Ilustrasi
Berkencan ala si Leo (Pixabay)

Karena kencan pertama tidak selalu melibatkan makanan, berbicara tentang makanan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatur rencana kencan kedua.

Dengan membuka diri tentang restoran, makanan, dan toko roti favorit, Anda dan pasangan kencan dapat mendiskusikan tempat-tempat yang menyajikan makanan enak, serta membeberkan makanan terbaik yang pernah dikonsumsi.

Anda dapat mengatakan kalimat seperti, "Saya sedang mencari beberapa restoran baru untuk rekomendasi makan malam minggu depan. Ada saran?"

3. Hobi

Saat berada di kencan pertama, penting untuk membicarakan kegemaran, hobi serta apa saja yang dapat membuat Anda menjadi diri Anda sendiri.

Baik bermain alat musik, mendaki gunung, atau menonton pertandingan sepak bola, membuka diri tentang hal yang digemari dapat membantu menciptakan peluang baru bagi Anda dan pasangan kencan untuk lebih mengenal satu sama lain.

Dengan membicarakan hal-hal yang ingin dilakukan untuk bersenang-senang,dia belajar lebih banyak tentang diri Anda dan sebgai balasannya juga dapat mengetahui lebih banyak tentang kegemarannya.

Anda dapat belajar tentang preferensi pasangan kencan sambil juga mengukur berapa banyak waktu luang yang sebenarnya ia miliki dan bagaimana ia menghabiskannya.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya