Waspada, Urine Kemerahan Tanda Anda Kurang Zat Besi

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami kekurangan zat besi, ketahui tanda-tandanya

oleh Fitri Syarifah diperbarui 11 Feb 2014, 09:00 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2014, 09:00 WIB
tes-urine-130630-b.jpg
Menurut statistik terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) sekitar 9 persen wanita menderita kekurangan zat besi dan sedikit yang mengetahui gejalanya. Padahal kekurangan zat besi bisa menyebabkan seseorang anemia.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami kekurangan zat besi, ketahui tanda-tandanya seperti dilansir Womenshealthmag, Selasa (11/2/2014) berikut ini:

1. Kelelahan

Menurut Blaire Morriss dari Vanderbilt Center for Integrative Health, zat besi merupakan bahan dalam membuat hemoglobin (sel darah merah). Dan hemoglobin lah yang berperan membawa oksigen. Bila Anda tidak memiliki cukup sel darah, maka Anda mudah lelah.

2. Sulit Fokus

Morriss juga menyampaikan, kekurangan zat besi akan berpengaruh pada sintesis neurotransmitter yang membuat seseorang sulit fokus.

3. Apati

Efek samping lain dikatakan Morriss, bila Anda kekurangan zat besi adalah menjadi apatis (kurangnya emosi, motivasi atau entusiasme) terhadap apa saja dan segalanya termasuk teman, keluarga, pekerjaan, bahkan masa depan.

4. Sulit bernapas

"Tanpa cukup zat besi dalam darah, tubuh menjadi kekurangan oksigen, " kata Kimberly Mueller, RD dari Fuel Factor Nutrition Coaching.

5. Kulit pucat

"Kulit yang pucat dapat disebabkan oleh berkurangnya aliran darah dan penurunan jumlah sel darah merah, " jelas Mueller .

6. Kesulitan melakukan aktivitas normal

Berjuang untuk melakukan aktivitas yang sama dengan teman seusia, tapi Anda merasa lebih lelah. Menurut studi Cornell, kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh Anda menurun.

7. Otot sakit

Tidak memiliki cukup zat besi bisa menghalangi otot-otot Anda sakit .

8. Kuku rapuh

Bahkan kuku Anda tidak dapat tumbuh karena sering patah. Cara lain mengetahui Anda kekurangan zat besi adalah bentuk kuku yang berbentuk sendok atau cekung.

9. Sering sakit

"Jika Anda sering sakit-sakitan, mungkin zat besi pelakunya," kata Mueller .

10. Urine kemerahan

Hal ini memang sering terjadi ketika Anda makan bit dan mengeluarkan urin kemerahan. Tapi Morriss mengatakan jumlah ini jauh lebih tinggi pada orang dengan kekurangan zat besi.

(Fit/Igw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya