10 Tempat Wisata di Jerman yang Terkenal Penuh kisah Sejarah

Kebanyakan tempat wisata di Jerman adalah monumen sejarah dan kastil-kastil peninggalan aristokrat Jerman.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 11 Nov 2022, 12:50 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2022, 12:50 WIB
Beri Hormat ala Nazi, Turis Ini Ditangkap Saat Wisata di Jerman
Ilustrasi Bendera Jerman (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Jerman menjadi negara Eropa yang terkenal sebagai negara maju dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Kemajuan Jerman menarik minat warga asing belajar di negeri para pemikir ini. Salah satu tokoh terkenal Indonesia yang mengenyam pendidikan di Jerman Adalah BJ Habibie, presiden ke-3 Indonesia.

Tidak hanya bidang pendidikannya, tempat wisata di Jerman juga cukup menarik untuk dikunjungi. Berbagai kejadian di masa lalu yang dialami oleh Negara Jerman menyisakan peninggalan-peninggalan yang kini menjadi tempat wisata. Peninggalan-peninggalan ini menjadi saksi bagaimana Jerman menghadapi masa-masa sulit dan gemilang.

Kebanyakan tempat wisata di Jerman adalah monumen sejarah dan kastil-kastil peninggalan aristokrat Jerman. Namun ada pula tempat wisata di Jerman yang berupa wisata alam yang juga menyajikan pemandangan alam yang indah. Berikut daftar tempat wisata di Jerman penuh kisah sejarah yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (11/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tempat Wisata di Jerman

20-12-1963: Tembok Berlin Dibuka Pertama Kali
170 Ribu warga Jerman Barat pada 20 Desember 1963 masuk ke Jerman Timur. Tangis, tawa dan keharuan langsung pecah saat Tembok Berlin dibuka.

1. Tembok Berlin

Tembok Berlin menjadi tempat wisata di Jerman yang paling terkenal dan ikonik. ari pada tahun 1961 hingga 1989 jerman terbagi menjadi dua, yaitu Jerman barat dan Jerman Timur, tembok inilah yang menjadi pemisah antara keduanya. 

Tembok Berlin yang masih dapat dilihat saat ini hanyalah sebagian kecil tembok yang sesungguhnya. Struktur beton bangunan tembok sebagian besar sudah diruntuhkan, namun fragmennya masih tetap menjadi fitur kota. Ada jalur Tembok Berlin yang menyediakan 14 bagian rute yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda dan pejalan kaki.

2. Oktoberfest

Setiap tahun di Munich, Jerman diadakan festival terbesar di dunia bernama, Oktoberfest. Festival ini merupakan bagian penting dari budaya Bavaria, salah satu negara bagian Jerman, yang sudah ada sedari tahun 1810.

Meskipun bernama Oktoberfest, festival ini dimulai di akhir bulan September dan berlangsung sampai minggu pertama bulan Oktober. Setiap tahun Oktoberfest menarik  6 juta wisatawan untuk berkunjung ke Munich. Wisatawan dapat menikmati minuman bir tradisional khas Jerman, seperti Knodel, Wurstl, Schweinebraten dan Hendldi festival ini.

3. Brandenburg Gate

Selain Tembok Berlin, Brandenburg gate juga menjadi monumen peringatan bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur. Gerbang ini dibangu pada abad ke-18, sebelum Tembok Berlin diruntuhkan. Tujuan utama pembangunannya adalahsebagai jalur untuk masuk kota Brandenburg an der Havel.

Di kota Berlin, untuk dapat menemukan gerbang ini, Anda harus menuju ke ujung barat. Sesudah Tembok Berlin didirikan di tahun 1961, gerbang ini tidak dapat dilalui selama 28 tahun. Daya tarik Jerman satu ini tidak boleh diewatkan karena menjadi simbol akan reunifikasi Jerman sendiri

4. Lindau

Lindau menjadi kota bersejarah di Jerman yang sayang bila dilewatkan.lokasinya berada di perbatasan antara Swiss, Austria, dan Jerman. Tepatnya di sebelah timur Danau Constance. Kota yang memiliki populasi sekitar 3 ribu jiwa ini dipenuhi bangunan-bangunan bergaya klasik dari abad pertengahan. 

Gedung-gedung dengan arsitektur yang menarik,  misalnya gedung teater, kasino, serta gereja yang dapat dikunjungi sepuasnya. Ada pula boat trips di Danau Constance yang bisa dinikmati bersama pasangan atau keluarga.

5. Heidelberg Old City

Sebuah kota tua di Jerman bernama Heidelberg juga menjadi tempat wisata di Jerman yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang berada di Baden-Wurttemberg terkenal dengan universitas tua dan kastil tua. Keberadaan bangunan-banguan tu yang masih utuh ini dikarenakan Heidelberg ini tidaklah hancur ketika masa Perang Dunia II.

Kota ini  dilengkapi dengan area khusus pejalan kaki yang paling panjang di Eropa. Area ini dikelilingi oleh banyak gedung tua di sisi kiri dan kanannya yang masih berfungsi dan terawat.


Tempat Wisata di Jerman

Lost heritage (9)
Frauenkirche cathedral di Dresden. Sejumlah bangunan lambang peradaban manusia telah hancur karena kerakusan, kelalaian, ataupun kebencian. (Sumber Live Science)

6. Cologne Cathedral

Selain kastil, bangunan tua yang banyak ditemukan di Jerman adalah gereja, salah satunya Cologne Cathedral. Gereja ini adalah katedral Katolik Roma dengan gaya arsitektur gothic yang berada di pusat kota Koln. 

Cologne Cathedral yang didirikan di tahun 1248 ini memiliki kemiripan dengan Katedral Amiens. Terdapat altar yang berdiri megah dengan bahan yang digunakan marmer warna hitam. Ada juga 5 jendela yang terbuat dari kaca patri yang berada di dinding sebelah selatan dan dulunya diberikan oleh Raja Ludwig I dari Bavaria.

7. Holstentor

Holstentor merupakan salah satu gerbang kota Lubeck. Gerbang yang dibangun pada tahun 1464 ini sekarang beralih fungsi menjadi sebuah museum. Terdapat dua menara dengan desain unik berbentuk bulat dan melengkung masuk yang menjadi bagian dari Holstentor. 

Dua menara ini menjadi simbol kota Lubeck. Dalam bahasa Jerman, Holstentor berarti  gerbang Holsten, namun sebenarnya bangunan bergaya gothic ini bisa juga dianggap sebagai benteng.

8. Frauenkirche

Gereja tua lain yang menjadi tempat wisata di Jerman adalah Frauenkirche. Berlokasi di kota Dresden, gereja ini sebenarnya adalah gereja Lutheran yang sempat hancur pada masa Perang Dunia II. Pada tahun 1720-an gereja ini mendapatkan rekonstruksi dengan perencanaan asli.  Golden cross di bagian kubah gereja adalah sumbangan dari kota Coventry yang diciptakan oleh Luftwaffe. S.

Pada 2005 gereja ini dibuka kembali dan menjadi daya tarik paling kuat bagi para wisatawan yang datang ke Dresden. Bahkan di tahun 2009, Presiden Amerika Barack Obama mengunjungi gereja ini.

9. Neuschwanstein

Neuschwanstein yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan New Swanstone Castle adalah salah satu kastil tua di Jerman. Berdiri di atas lahan seluas 800 meter dan berada di kaki pegunungan alpen, pembangunan kastil dimulai pada awal abad ke-19. 

Berdiri yang berbatasan Jerman-Austria, arsitektur bangunan kastil bergaya Neo-Romanesque. Raja Ludwig II adalah pemilik dari kastil ini dan menurutnya, kastil ini betul-betul sempurna

10. Rugen Cliffs

Tempat wisata Jerman satu ini adalah objek wisata alam yang berada di Taman Nasional Jasmund, timur laut Pulau Rugen. Rugen Cliff menyajikan pemandangan tebing setinggi 118 meter yang indah. Objek wisata ini menjadi tempat yang cocok bagi para pecinta alam yang mengunjungi Jerman. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya