Cara Mencegah Pembuluh Darah Pecah, Pelajari Juga Cara pengobatannya

cara mengobati dan cara mencegah pembuluh darah pecah.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 05 Jan 2023, 15:45 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 15:45 WIB
Apa yang Terjadi Jika Pembuluh Darah Mata Pecah?
Bukan hanya pembuluh darah pada otak atau jantung saja yang bisa pecah, melainkan pembuluh darah pada mata pun bisa mengalami kepecahan

Liputan6.com, Jakarta Pembuluh darah pecah merupakan salah satu kondisi kesehatan yang bisa diderita oleh siapa saja, pembuluh darah pecah terjadi saat pembuluh darah melebar atau membesar. Pembuluh darah pecah dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, namun umumnya kondisi ini terjadi di area wajah dan kaki.

Pembuluh darah pecah dapat disebabkan oleh banyak faktor baik internal seperti faktor keturunan atau genetika, hingga eksternal seperti gaya hidup dan juga benturan pada area luar tubuh. Meskipun umumnya tidak berbahaya, namun dalam kondisi tertentu pembuluh darah pecah dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. 

Dapat diderita oleh siapa saja, untungnya pembuluh darah pecah dapat diobati dengan maksimal dan juga dapat dicegah dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Hal pertama yang harus dipahami adalah mencari tahu penyebab yang mendasarinya.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (5/1/2023). Tentang cara mengobati dan cara mencegah pembuluh darah pecah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembuluh Darah Pecah

pembuluh darah (Sumber: Pixabay)
pembuluh darah (Sumber: Pixabay)

Pembuluh Darah Pecah

Pembuluh darah pecah merupakan kondisi gangguan kesehatan yang terjadi saat pembuluh darah melebar, atau membesar, tepat di bawah permukaan kulit anda. Ini menghasilkan garis merah kecil yang menyebar menjadi bentuk jaring. Mereka dapat berkembang di mana saja di tubuh, tetapi lebih sering terjadi di wajah dan kaki.

Meskipun tidak berbahaya, pembuluh darah yang pecah bisa menjadi gangguan jika membuat anda sadar diri. Kabar baiknya adalah bahwa pembuluh darah laba-laba biasanya dapat diobati. anda harus terlebih dahulu mencari tahu penyebab yang mendasarinya.

Beberapa orang cenderung mengembangkan potensi pembuluh darah pecah lebih dari orang lain. Faktanya, pembuluh darah pecah bisa terjadi pada siapa saja di usia berapa pun, termasuk anak-anak. Faktor risiko seseorang bergantung pada penyebab tertentu. Ada banyak penyebab pecahnya pembuluh darah. Diantaranya adalah :

- Keturunan dan genetika. Untuk alasan yang tidak diketahui, pembuluh darah laba-laba cenderung diturunkan dalam keluarga. Faktor risiko individu juga meningkat seiring bertambahnya usia.

- Kehamilan. Peningkatan hormon estrogen selama kehamilan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Vena laba-laba terkait kehamilan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Perubahan kulit sering terjadi pada kehamilan.

- Rosacea. Kondisi kulit yang umum ini menyebabkan kemerahan dan pembilasan yang berlebihan. Dengan rosacea erythematotelangiectatic, pembuluh darah yang rusak sering terjadi .

- Paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memperbesar pembuluh darah Anda. Jika Anda terkena sengatan matahari, lapisan atas kulit mungkin terkelupas dan untuk sementara membuat beberapa pembuluh darah di wajah Anda lebih terlihat.

- Perubahan cuaca. Cuaca panas meningkatkan pelebaran pembuluh darah.

Iritasi lingkungan atau bahan kimia.

- Konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang atau sesekali dapat menyebabkan kulit memerah karena pembesaran pembuluh darah. Pesta minuman keras dan penggunaan alkohol berat pada akhirnya dapat menyebabkan pembuluh darah laba-laba.

- Cedera. Cedera ringan hingga signifikan dapat menyebabkan memar. Dengan memar di wajah anda, pembuluh darah yang pecah mungkin juga terlihat.

- Muntah atau bersin. Tiba-tiba, tekanan ekstrem di wajah anda akibat bersin yang keras atau mantra muntah dapat merusak pembuluh darah di kulit.


Cara Mengobati Pembuluh Darah Pecah

Cara Mengobati Pembuluh Darah Pecah

Ingatlah bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, lihatlah apa yang dapat anda ubah dalam gaya hidup anda untuk mencegah pecahnya kapiler yang terjadi sejak awal, dan selalu pastikan bahwa anda setiap hari mengoleskan krim matahari SPF 30 spektrum luas yang memadai untuk melindungi dari sinar UV yang merusak. 

 

Namun jika sudah terjadi, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala dan menyembuhkannya secara tuntas, ketika anda menemui dokter anda untuk mendapatkan solusi medis untuk pembuluh darah pecah di kulit. Opsi yang diberikan diantaranya adalah :

1. Retinoid

Krim topikal, terutama yang mengandung retinoid, dapat membantu mengurangi munculnya spider veins. Komponen ini terutama digunakan untuk jerawat dan rosacea. Retinoid bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit terluar.

2. Terapi laser

Menggunakan sinar laser yang kuat, terapi ini bekerja dengan membuat pembuluh darah laba-laba memudar sepenuhnya dengan menghancurkan pembuluh darah yang tidak berfungsi dengan baik.

3. Cahaya berdenyut intens

Perawatan ini menggunakan konsep yang sama dengan terapi laser, namun dengan cahaya yang menembus hingga ke lapisan kedua kulit tanpa merusak lapisan atas.

4. Skleroterapi

Terapi berbasis injeksi ini membantu spider veins hilang dalam beberapa minggu, menurut Mayo Clinic. Selama prosedur, dokter anda menyuntikkan larutan ke dalam pembuluh darah yang rusak yang menyebabkannya menutup. Akibatnya, darah anda akan dialihkan ke pembuluh yang tidak terlihat.

Untuk anda yang sensitif, selain cara menyembuhkan pembuluh darah pecah melalui tindakan medis, anda juga dapat mencoba pengobatan rumahan berikut ini untuk pembuluh darah pecah di permukaan kulit anda:

 

1. Cuka sari apel

Bahan pokok dapur umum ini dapat mengurangi munculnya pembuluh darah laba-laba dengan mengurangi kemerahan dan fitur terkait lainnya. Gunakan cuka sebagai pengganti toner atau astringent harian anda dengan mengoleskannya menggunakan bola kapas.

2. Basuh wajah dengan air hangat saja

Karena panas dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah, pastikan anda menghindari air panas. Mandi air hangat dan pastikan anda juga mencuci muka dengan lembut menggunakan air hangat.


Cara Mencegah Pembuluh Darah Pecah

Cara Mencegah Pembuluh Darah Pecah

Meskipun mengobati pembuluh darah yang rusak di wajah anda mungkin menjadi prioritas, pertimbangkan tindakan pencegahan untuk pembuluh darah laba-laba di masa mendatang. Jika saat ini anda sedang menjalani perawatan untuk rosacea, patuhi rencana anda dan temui dokter anda jika kulit anda tidak membaik.

Secara keseluruhan, anda dapat membantu mencegah pembuluh darah di wajah anda dengan cara :

1. Membatasi paparan sinar matahari. Ini sangat penting selama jam sibuk, yang terjadi antara pagi dan sore hari. Kenakan tabir surya setiap hari untuk perlindungan ekstra.

2. Menghindari panas yang ekstrim. Panas ekstrim dari cuaca, spa, dan sauna dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah.

3. Hanya minum alkohol secukupnya. Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus minum alkohol, dan apakah Anda memerlukan bantuan untuk berhenti.

4. Mengenakan alat pelindung. Perlengkapan wajah dan helm untuk olahraga, bersepeda, dan aktivitas lainnya dapat membantu mengurangi cedera dan pembuluh darah laba-laba terkait.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya