Teknik Menghirup Udara pada Saat Bernapas pada Renang Gaya Bebas, Berikut Cara Latihannya

Menghirup udara pada saat bernapas pada renang gaya bebas adalah dengan cara memiringkan kepala ke samping.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 05 Jan 2023, 16:15 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 16:15 WIB
Gaya Renang Bebas
Ilustrasi Gaya Renang Bebas Credit: pexels.com/Jim

Liputan6.com, Jakarta Menghirup udara pada saat bernapas pada renang gaya bebas adalah dengan cara memiringkan kepala ke samping. Salah satu teknik yang terpenting untuk dikuasai dalam olahraga renang adalah teknik pernapasan. Sebab teknik pernapasan pada saat berenang berbeda dengan olahraga lain.

Apalagi ketika berenang, jalur masuk udara yaitu hidung dan mulut sering berada di dalam air, atau tertutup air. Jika tidak menerapkan teknik pernapasan yang tepat, pernapasan bisa gagal karena air bisa terbawa masuk.

Untuk menghindari risiko tersebut, banyak pemula akan mencoba untuk menahan napas. Masalahnya, jika menahan napas, maka kita tidak akan memiliki tenaga. Oleh karena itu, penting bagi kita khususnya para perenang untuk mengetahui bagaimana cara menghirup udara pada saat bernapas pada renang gaya bebas.

Berikut ulasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (5/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknik Pernapasan dalam Renang

Ada dua aspek dasar yang perlu dikuasai terkait teknik pernapasan ketika berenang, yang pertama adalah ketika wajah masuk ke dalam air, dan yang kedua adalah ritme pernafasan. Untuk bisa memahami dua aspek dalam teknik pernapasan renang, penting untuk mempelajarinya mulai dari dasar.

Setidaknya ada tiga langkah penting untuk dapat melakukan teknik pernapasan tersebut, yakni sebagai berikut:

1. Tenang

Tenang merupakan cara yang sedikit sulit bagi Anda yang memiliki sifat mudah panik. Sebelum Anda belajar teknik pernafasan maka tenangkan diri Anda terlebih dahulu. Perasaan panik akan membuat Anda menjadi sulit bernafas dan mengerti ritme pernafasan saat didalam air. Perasaan tenang akan membuat tubuh Anda menjadi rileks dan mudah memahami ritme bernafas Anda.

2. Kacamata Renang

Kacamata renang dapat membantu Anda dalam belajar teknik pernafasan renang. Perasaan kurang nyaman saat mencoba memasukan kepala kedalam air akan berkurang ketika Anda dapat melihat dasar kolam. Selain itu, kacamata renang juga dapat membantu mencegah iritasi pada mata setelah selesai berenang.

3. Jangan Menahan Napas

Menahan napas saat berada didalam air merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para pemula. Menahan napas hanya akan merusak ritme pernapasan. Lakukan tarikan nafas ketika wajah Anda berada di permukaan dan buang nafas ketika wajah atau kepala Anda di dalam air. Pengambilan nafas dilakukan dengan menggunakan mulut lalu pembuangan dilakukan dengan menggunakan mulut.


Cara Latihan Bernapas

Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur
Ilustrasi Kolam Renang / Sumber: Pixabay

Menghirup udara pada saat bernapas pada renang gaya bebas adalah dengan cara menghirup udara dengan mulut ketika wajah berada di permukaan air, lalu buang napas melalui mulut ketika wajah berada di bawah air. Untuk dapat melakukan teknik pernapasan yang benar, tentu penting untuk melakukan latihan agar dapat melakukannya dengan benar.

Setidaknya ada lima hal yang perlu dilatih untuk bisa menguasai teknik pernapasan renang. Berikut adalah lima langkah latihan bernapas dalam renang;

1. Latihan Tahan Napas

Latihan tahan napas penting untuk dilakukan. Namun jika baru ditahap awal latihan, pastikan lakukan latihan ini di kolam yang dangkal dulu.

Latihan ini dilakukan dengan cara menekuk lutut atau ambil posisi berjongkok, hingga kepala Anda tenggelam atau sepenuhnya berada didalam air. Lakukan penahanan nafas selama beberapa detik di posisi tersebut, lalu bangkitlah ke atas permukaan ketika Anda rasa cukup.

2. Latihan Buang Napas

Seperti yang dibahas sebelumnya, menghirup udara pada saat bernapas pada renang gaya bebas adalah ketika wajah berada di permukaan air.

Sedangkan ketika buang napas dilakukan ketika wajah berada di dalam air melalui mulut. Untuk bisa melakukan teknik ini perlu membiasakan diri membuang napas di dalam air. Buanglah nafas melalui hidung, seperti saat Anda menghembuskan nafas di darat. Ketika Anda membuang nafas gelembung udara akan tercipta di dalam air. Lakukan latihan membuang nafas dengan hidung maupun mulut Anda.


Cara Latihan Bernapas

Gaya Renang Dada
Ilustrasi Gaya Renang Dada Credit: unsplash.com/Alejandra

3. Latihan Menarik Napas

Setelah latihan membuang napas, langkah berikutnya adalah latihan menarik napas. Posisikan tubuh berjongkok dengan kepala berada di permukaan air antara hidung dan mulut. Sekarang berlatihlah menghirup air di atas melalui hidung dan buang air di dalam air melalui mulut Anda.

4. Latihan Bernapa dengan Posisi Tubuh Horizontal

Posisikan wajah berada di dalam air, cobalah untuk meniupkan gelembung melalui hidung atau mulut atau melaliu keduanya. Kemudian pegang tepi kolam dan cobalah masuk ke posisi horizontal dengan wajah Anda menghadap ke bawah. Setelah Anda diposisi tersebut, cobalah sambil terus meniup gelembung melalui mulut atau hidung Anda.

5. Kombinasikan Setiap Langkah

Setelah setiap latihan dikuasai, kombinasikan setiap langkahnya.Posisikan tubuh Anda di kolam yang dangkal terlebih dahulu bila Anda belum yakin. Lakukan gerakan naik turun untuk kepala di kolam tersebut. Tarik napas saat kepala Anda berada di atas air dan buang napas saat kepala Anda berada di bawah air.

Lakukan penarikan nafas menggunakan hidung atau mulut sesuai kenyamanan Anda. Lalu buang nafas saat berada di dalam air melalui hidung atau mulut sesuai kenyamanan Anda.

Demikian cara berlatih menghirup udara pada saat bernapas pada renang gaya bebas adalah dengan cara memiringkan kepala ke samping.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya