Ilmuwan: Jamur Ajaib yang Beracun Ini Bisa Atasi Kecanduan Minum Alkohol

Jamur bikin teler tapi sembuhkan kecanduan minum alkohol.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 21 Jan 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2023, 07:00 WIB
Jamur obat kecanduan alkohol
Jamur Ajaib yang Beracun Ini Bisa Atasi Kecanduan Minum Alkohol (Sumber: Pixabay, AP)

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia minuman beralkohol kerap menjadi pro dan kontra. Tak heran jika efek alkohol dan dampak buruk bagi kesehatan sering diperbincangkan. Lain lagi di negara barat, minuman beralkohol justru menjadi salah satu konsumsi harian. Namun para ahli tak pernah meragukan dampak buruk yang diakibatkan oleh alkohol.

Banyak peminum alkohol yang tak bisa lepas dari kecanduan minuman keras ini. Hingga sebuah penelitian oleh ilmuwan mengungkap, sebuah jamur beracun bisa mengatasi manusia akan kecanduan alkohol. Meski beracun, mereka menyebutnya sebagai jamur ajaib. Mengingat jamur beracun ini pertama kali ditemukan sebagai obat halusinogen.

Penelitian baru yang diterbitkan Rabu di JAMA Psychiatry, adalah "percobaan modern, ketat, terkontrol pertama" apakah itu (jamur)  juga dapat membantu orang yang berjuang dengan alkohol, kata Fred Barrett, seorang ahli saraf Universitas Johns Hopkins yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Psilocybin, yang ditemukan pada beberapa spesies jamur, dapat menyebabkan halusinasi selama berjam-jam. Masyarakat kuno bahkan telah menggunakannya dalam prosesi pengobatan. Manjurkah jamur beracun ini jadi obat kecanduan minum alkohol? Berikut Liputan6.com merangkum obat unik ini melansir dari US News dan Associated Press, Jumat (20/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bakal jadi obat baru kecanduan minum alkohol

Ilustrasi minuman alkohol Bir (AP/Tony Talbot)
Ilustrasi minuman alkohol Bir (AP/Tony Talbot)

Dalam studi tersebut, 93 pasien mengambil kapsul yang berisi psilocybin atau yang disebut sebagai obat dummy. Para pasien diharuskan berbaring di sofa, menutup mata, dan mendengarkan rekaman musik melalui headphone. Pasien juga menjalani terapi bicara.

Selama delapan bulan setelah sesi dosis pertama mereka, pasien yang memakai psilocybin lebih baik daripada kelompok lain. Rata-rata mereka minum banyak, sekitar 1 dalam 10 hari vs. sekitar 1 dalam 4 hari untuk kelompok pil dummy. Hampir setengah yang menggunakan psilocybin berhenti minum sama sekali dibandingkan dengan 24% dari kelompok kontrol.

Hanya tiga obat konvensional disulfiram, naltrexone, dan acamprosate yang disetujui untuk mengobati gangguan penggunaan alkohol dan tidak ada persetujuan obat baru dalam hampir 20 tahun.

Meskipun tidak diketahui persis bagaimana psilocybin bekerja di otak, para peneliti percaya itu meningkatkan koneksi dan, setidaknya untuk sementara, mengubah cara otak mengatur dirinya sendiri.

“Lebih banyak bagian otak yang berbicara dengan lebih banyak bagian otak,” kata Dr. Michael Bogenschutz, direktur NYU Langone Center for Psychedelic Medicine, yang memimpin penelitian tersebut.

Sedikit yang diketahui tentang bagaimana bertahannya koneksi baru itu. Secara teori, dikombinasikan dengan terapi bicara, orang mungkin dapat menghentikan kebiasaan buruk dan mengadopsi sikap baru dengan lebih mudah.


Bukti keberhasilan jamur beracun ajaib

Jamur obat kecanduan alkohol
Mary Beth Orr berpose untuk foto di rumahnya, Selasa, 23 Agustus 2022 di Burien, Washington, selatan Seattle- Foto AP/Ted S. Warren)

Mary Beth Orr, 69, dari Burien, Washington, mengatakan halusinasi yang diinduksi psilocybin membuatnya merasa terbang di atas pemandangan yang menakjubkan dan menyatu secara telepati dengan orang-orang kreatif sepanjang sejarah. Ia merasa bahwa dia tidak sendirian.

Sebelum mendaftar dalam penelitian pada 2018, Orr minum lima atau enam minuman minuman keras setiap malam dan lebih banyak lagi di akhir pekan.

“Jumlahnya tidak dapat diterima, namun saya tidak dapat berhenti,” katanya. “Tidak ada tombol mati yang dapat saya akses.”

Selama pengalaman psilocybin pertamanya, dia melihat penampakan mendiang ayahnya, yang memberinya sepasang mata elang dan berkata, "Pergilah." Dia memberi tahu terapis yang mengawasinya: "Mata elang ini tidak dapat melihat wajah Tuhan, tetapi mereka tahu di mana itu."

Dia berhenti minum sepenuhnya selama dua tahun, dan sekarang sesekali minum segelas anggur. Lebih dari terapi bicara, dia memuji psilocybin.

“Itu membuat alkohol tidak relevan dan tidak menarik bagi saya,” kata Orr. Sekarang, "Saya terikat dengan anak-anak saya dan orang yang saya cintai sedemikian rupa sehingga menghalangi keinginan untuk menyendiri dengan alkohol."

Pasien yang menerima psilocybin mengalami lebih banyak sakit kepala, mual, dan kecemasan daripada mereka yang mendapatkan obat dummy. Satu orang melaporkan pikiran untuk bunuh diri selama sesi psilocybin.

Dr Mark Willenbring, mantan direktur penelitian pengobatan di Institut Nasional untuk Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme, mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum psilocybin dapat dianggap sebagai tambahan yang efektif untuk terapi bicara.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya