Viral Marc Marquez Tebak Sirkuit MotoGP Cuma Lewat Suara Knalpot Ini Jadi Sorotan

Marc Marquez hapal sirkuit MotoGP hanya dari suara raungan mesin.

oleh Novita Ayuningtyas diperbarui 22 Mar 2023, 11:35 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2023, 11:35 WIB
Marc Marquez
Marc Marquez keluhkan motor Honda yang dipakainya saat tes pasca balapan di Valencia pada Selasa (8/11/2022) lalu (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta MotoGP tentu saja sudah tak asing dengan Marc Marquez. Pria asal Spanyol ini dikenal karena berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Tak hanya dikenal sebagai pembalap saja. Akan tetapi Marc Marquez juga dikenal sebagai model dari salah satu sepeda motor asal Jepang. Pria yang berhasil menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP ini juga selalu membuat para penggemar kagum dengan keahliannya saat di lintasan.

Bertahun-tahun mengikuti kejuaraan MotoGP tentu saja membuat pria kelahiran 17 Februari 1993 terbilang hapal dengan berbagai sirkuit yang ada. Bahkan, baru-baru ini Marc Marquez diketahui ditantang untuk menebak nama sirkuit hanya dengan mendengar suara knalpot mesin motor.

Tentu saja bagi banyak orang mendengar suara raungan mesin untuk menebak nama sirkuit MotoGP bukan hal mudah. Namun, kakak dari Alex Marquez ini rupanya berhasil melakukan hal tersebut. Bahkan, dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @dioxjep, Selasa (21/3/2023) dirinya terlihat sangat santai menebak nama sirkuit.


Tebak sirkuit dari suara raungan mesin knalpot

Memori Kuat, Video Marc Marquez Tebak Sirkuit MotoGP Lewat Suara Knalpot Ini Jadi Sorotan
Memori Kuat, Video Marc Marquez Tebak Sirkuit MotoGP Lewat Suara Knalpot Ini Jadi Sorotan (sumber: Twitter/dioxjep)

Dalam video ayng diunggah oleh akun @dioxjep, pada Selasa (21/3/2023), Marc Marquez ditantang untuk menbak nama lintasan. Namun, bukan dengan gambar akan tetapi pria 30 tahun tersebut harus bisa menebak melalui indra pendengaran.

Video berdurasi 1 menit 33 detik tersebut memperlihatkan Marc Marquez yang duduk santai sambil memakai headphone. Dirinya pun terlihat tengah mendengarkan suara knalpot di lintasan untuk menebak sirkuit mana yang digunakan. Dirinya pun berhasil menebak beberapa nama sirkuit dan hanya membutuhkan waktu masing-masing kurang dari 20 detik saja. Sirkuit yang berhasil ditebak ialah Phillip Island, Mugello, Sachsenring, dan Laguna Seca.


Respons netizen

Berhasil menebak nama sirkuit hanya dari suara raungan mesin knalpot, Marc Marquez menjadi sorotan banyak netizen. Bahkan, tak sedikit pula netizen yang memuji memori dari pembalap MotoGP satu ini yang dianggap cukup kuat. Meski begitu banyak pula yang memaklumi karena sirkuit-sirkuit tersebut sering digunakan dalam ajang MotoGP.

"gokil sih. emang udah hapalan pattern nya ya kalo sekelas mereka. di YT ada video Checo Perez (RedBull) dikasih pegang setir tapi sambil merem dan diminta untuk gerakin setirnya sesuai layout sirkuit tertentu." ujar akun @essmiradam

" Itu sih pasti gampang buat dia, apalagi dia nebak sirkuit dan motor di ajang dia sendiri bukan nebak sirkuit ajang lain misalnya sirkuit Motoamerica dari suara superbike. Justru aneh kalau sekaliber dia yang jam terbangnya tinggi di ajang itu sampai gak bisa nebak" tulis @Irfanitya

"butuh 10-30 detik untuk nebak,semua inderanya sudah merekam karakteristik sirkuit, 10 tahun berkarir atau mungkin lebih, sirkuit yang disebutin dalam setahun udah berapa kali dipake race dan practice. sirkuit mandalika mungkin belum bisa nebak" tulis akun @adyeeeee.

"Udah brtahun" ngejajal sirkuitnya, jdi udah hapal bukaan gas ama perpindhan gigi di tiap tikunganKsi trek Mandalika mungkin rada bingung, soalnya g pernah balap dia disono" ujar akun @moechaliem.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya