Kumpulan Doa untuk Anak Sholeh agar Berbakti, Paham Agama, dan Cerdas

Ada banyak sekali bacaan doa untuk anak sholeh yang bisa diamalkan agar anak bisa tumbuh menjadi amal sholeh dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 30 Apr 2023, 16:15 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2023, 16:15 WIB
Niat dan Sholat Malam
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang sholeh. Sebab doa anak sholeh dapat menyelamatkan orang tua di akhirat kelak. tentu saja, untuk bisa membentuk seorang anak menjadi anak sholeh diperlukan pola asuh yang baik dan benar.

Di samping itu, orang tua juga harus melibatkan Allah SWT dalam proses pengasuhan seorang anak hingga dewasa. Oleh karena itulah penting bagi orang tua untuk membaca doa untuk anak sholeh.

Ada banyak sekali bacaan doa untuk anak sholeh yang bisa diamalkan agar anak bisa tumbuh menjadi amal sholeh dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Orang tua juga boleh membaca doa untuk anak sholeh untuk mengharapkan keberkahan untuk anak.

Selain itu, orang tua juga diperkenankan membaca doa untuk anak sholeh agar sang anak memiliki pemahaman agama yang baik dan benar. Berikut adalah sejumlah doa untuk anak sholeh, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Anak Sholeh yang Dibaca Nabi Ibrahim

Seperti yang telah sedikit dibahas sebelumnya, setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Bahkan para nabi pun juga memiliki pengharapan yang sama tentang anak dan keturunannya.

Seperti yang telah diketahui, Nabi Ibrahim AS memiliki dua putra, yakni Nabi Ishak dan Nabi Ismail. Sebagai orang tua yang memiliki dua putra, Nabi Ibrahim tentu saja mengharapkan yang terbaik bagi kedua putranya. Adapun bacaan doa untuk anak sholeh yang dibaca oleh Nabi Ibrahim AS.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn

Arti doanya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.”

Setelah memanjatkan doa di atas, lafalkan juga bacaan doa Nabi Ibrahim memohon anak sholeh berikut ini.

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (Q.S. Ibrahim ayat 40)

Doa untuk Anak Sholeh yang Dibaca Nabi Zakaria

Tidak hanya Nabi Ibrahim saja yang mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Nabi Zakaria pun juga memanjatkan doa untuk anak sholeh ketika dia sedang memohon diberikan keturunan oleh Allah SWT.

Doa ini sangat disarankan untuk diamalkan, terutama bagi pasangan yang sudah lama belum dianugerahi keturunan. Adapun bacaan doa untuk anak sholeh yang dibaca Nabi Zakaria adalah sebagai berikut,

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Hunalika da’a zakariyya rabbah, qala rabbi hab li mil ladungka zurriyyatan tayyibah, innaka sami’ud-du’a

Artinya: Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (Q.S. Ali Imran ayat 38)


Doa untuk Anak Sholeh yang Dibaca Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi Islami, muslim, berdoa
Ilustrasi Islami, muslim, berdoa. (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Rasulullah SAW pun juga membaca doa untuk anak sholeh. Doa tersebut dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar cucunya, Hasan dan Husain diberi perlindungan.

Adapun berikut ini adalah lafal doa yang dibaca oleh Rasulullah untuk melindungi kedua cucunya sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari.  

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U‘īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya, “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.”

Doa untuk Anak Sholeh agar Berbakti kepada Orang Tua

Memiliki anak yang berbakti tentunya merupakan dambaan orang tua. Adapun bacaan doa untuk anak sholeh agar berbakti pada orang tua adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “ Ya Allah, berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”


Doa untuk Anak Sholeh agar Diberikan Perlindungan

Berdoa
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya selalu berada dalam kondisi yang aman. Selain mengupayakan keamanan anak, penting juga bagi orang tua untuk membaca doa untuk anak sholeh, agar Allah SWT berkenan memberikan perlindungan.

Agar kehidupan sang buah hati selalu berada dalam lindungan Allah SWT, maka doa anak sholeh inilah yang bisa dibaca oleh orang tua:

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya: “ Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah Swt. yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR Abu Daud)

Doa untuk Anak Sholeh agar Diberikan Keberkahan

Setiap orang tua tentunya selalu mendoakan yang terbaik kepada anak-anaknya. Salah satunya adalah agar sang anak dilancarkan rezekinya dan juga diberkahi Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa agar anak mendapatkan keberkahan:

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “ Ya Allah, perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jemaah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”


Doa untuk Anak Sholeh agar Diberi Pemahaman Agama

Ilustrasi membaca doa
Ilustrasi membaca doa. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Agar dapat membentuk anak sholeh, nilai-nilai agama perlu ditanamkan sejak dini. Akan tetapi, setiap anak mungkin memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami ilmu agama. Namun orang tua dapat memohon kepada Allah SWT anak diberi kemudahan dalam memahami ilmu agama. Adapun bacaan doa untuk anak sholeh agar dapat lebih mudah memahami ilmu agama adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Al-Qur’an).” (HR.Bukhari)

Doa untuk Anak Sholeh agar Menjadi Cerdas

Memiliki anak yang pintar tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi orang tua. Namun penting untuk diketahui bahwa setiap ilmu berasal dari Allah SWT, dan kita dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT agar anak diberikan kecerdasan. Di samping itu, dengan memohon kepada Allah SWT, diharapkan bahwa ilum yang berhasil dipelajari anak memiliki keberkahan sehingga bermanfaat bagi sekitarnya.

Adapun bacaan doa untuk anak sholeh agar menjadi pintar adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya