Testimoni adalah Bagian dari Strategi Promosi, Ketahui Cara Memanfaatkannya

Testimoni menjadi salah satu strategi dalam promosi, berikut pengertian, manfaat, dan cara menggunakannya.

oleh Ayu Rosiana Angelia diperbarui 09 Mei 2023, 13:15 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2023, 13:15 WIB
Ilustrasi promosi digital
Ilustrasi promosi digital/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Ketatnya persaingan pasar saat ini membuat para pelaku usaha harus memikirkan strategi dengan baik agar bisnis yang dilakoninya dapat terus berkembang,  terutama bagi para pelaku usaha yang bergelut dalam bisnis online.

Saat hendak bertransaksi membeli suatu produk secara online, calon konsumen tidak dapat melihat secara langsung bentuk fisik dari produk yang ditawarkan. Di situlah testimoni berperan penting dalam mempengaruhi keputusan calon konsumen.

Testimoni adalah alat pemasaran yang sangat baik dan harus digunakan dalam strategi promosi. Sebab, salah satu cara agar dapat bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat adalah dengan meyakinkan konsumen, target pasar, dan pelanggan untuk semakin loyal dan tidak berpindah ke lain hati. 

Komentar produk dari orang-orang terdekat, membaca testimoni yang positif, atau bahkan kesan dari seorang public figure dapat sangat membantu menaikkan kepercayaan target pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, Liputan6.com telah merangkum informasi terkait testimoni dari berbagai sumber mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara mendapatkan dan memasang testimoni. Selasa (9/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Testimoni adalah Kesan Konsumen

Bisnis Bisa #NaikKeLaz
Ilustrasi seller online. (Shutterstock)

Testimoni adalah kesan konsumen yang disampaikan terkait sebuah produk atau jasa sehingga menjadi sebuah bukti atau kesaksian tentang kepuasan dan komentar pribadi mereka terhadap produk atau jasa tersebut.

Testimoni dapat berupa komentar, pendapat, opini, atau saran yang disampaikan oleh konsumen yang sudah menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, tidak sembarang orang dapat memberikan testimoni, apabila seseorang memberikan testimoni padahal belum menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, maka  demikian dapat disebut sebagai pembohongan publik yang pada akhirnya dapat merugikan berbagai pihak.

Diakui atau tidak, testimoni memiliki kekuatan yang besar untuk meyakinkan calon konsumen lain agar mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Alasannya, testimoni  menunjukkan rasa kepuasan konsumen sehingga dapat menjadi tolok ukur bahwa bisnis dapat dipercaya. Oleh karena itu, testimoni dari konsumen sebaiknya dikumpulkan dan dibuatkan halaman khusus agar mudah diakses oleh calon konsumen yang lain. 


Manfaat Testimoni

Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online
Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa testimoni adalah pendapat atau pernyataan dari konsumen berupa komentar, saran, masukan, ataupun opini terhadap produk maupun pelayanan yang diberikan. Dengan adanya testimoni, maka dapat digunakan sebagai cara untuk mengapresiasi konsumen, sarana promosi, dan jejak konsumen. Berikut manfaat testimoni adalah:

Menjadi bahan evaluasi

Mengetahui testimoni dari konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya. Melalui testimoni, maka pemilik usaha dapat mengetahui celah produk dari pendapat konsumen terkait kekurangan produk maupun pelayanan yang diterima. Evaluasi dapat dilakukan bersama tim dan menciptakan kualitas bisnis yang lebih baik lagi kedepannya.

Mengetahui sejauh mana kualitas produknya

Pada umumnya, konsumen akan komplain jika mendapatkan produk yang memiliki kualitas di luar ekspektasi yang diharapkan. Bisa jadi produk atau jasa yang diperoleh tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Maka dari itu, melalui testimoni dapat membantu mengecek kualitas produk ketika tengah diproduksi apakah sudah memenuhi standar operasional atau belum.

Meningkatkan kredibilitas dan memperoleh rasa kepercayaan dari konsumen maupun calon konsumen

Testimoni positif dari konsumen memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan calon konsumen terhadap pembelian produk atau jasa yang ditawarkan. Testimoni yang disertai dengan foto atau video akan memperoleh kepercayaan dari pelanggan, dengan begitu kredibilitas bisnis akan meningkat.

Media promosi gratis

Selain meningkatkan kredibilitas dan reputasi bisnis, testimoni menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif. Tanpa perlu mengeluarkan biaya, memasang testimoni akan mampu menggaet konsumen.


Strategi menggunakan testimoni dengan efektif

8 Tips Memulai dan Kembangkan Bisnis Tanpa Banyak Uang
Ilustrasi Mulai Kembangkan Bisnis (freepik/rawpixel)

Testimoni adalah strategi promosi terbaik apabila menggeluti bisnis usaha online. Agar testimoni dapat memberikan hasil signifikan terhadap penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan, maka simak tips berikut ini:

Berikan bukti yang nyata dan spesifik

Cantumkan informasi yang sebenar-benarnya dari konsumen dan rancang urutan testimoni agar semakin menarik minat dan perhatian target pasar. 

Beri bukti yang beragam dari semua social media yang digunakan 

Jangan hanya sekedar mencantumkan testimoni tulisan atau hasil screen capture percakapan dengan konsumen saja, akan lebih menarik dan meyakinkan calon konsumen apabila testimoni dipadukan dengan bentuk audio dan visual. 

Klasifikasi testimoni sesuai jenis produk

Jangan segan untuk memisahkan satu persatu testimoni sesuai dengan produk atau item yang sama. Sebab, dengan begitu akan terlihat mana produk yang menjadi best seller dan mana yang masih kurang peminatnya.

Testimoni dari ahli di bidangnya

Selain memanfaatkan testimoni dari pelanggan, coba tawarkan dan berikan produk atau jasa pada para ahli di bidangnya sehingga testimoni akan terlihat kredibel karena yang berbicara dan memberikan komentar adalah para ahli.

Testimoni dari public figure

Tak dapat dipungiri bahwa public figure memiliki pengaruh yang besar kepada para penggemarnya, sehingga keuntungan dari memanfaatkan public figure untuk memberikan testimoni adalah citra dari produk atau jasa menjadi lebih kuat dari pesaing yang sejenis.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya